Bukan dengan kopi dan lemon, ini trik pudarkan flek hitam akibat hiperpigmentasi pakai 1 jenis rempah

Bukan dengan kopi dan lemon, ini trik pudarkan flek hitam akibat hiperpigmentasi pakai 1 jenis rempah

Brilio.net - Selain kulit kusam dan kendur, masalah umum pada wajah akibat paparan sinar matahari adalah munculnya flek hitam. Flek hitam adalah bintik-bintik gelap pada wajah yang disebabkan oleh hiperpigmentasi pada kulit. Kondisi ini terjadi ketika kulit memproduksi terlalu banyak melanin.

Pada dasarnya, produksi melanin adalah mekanisme pertahanan alami tubuh untuk melawan efek kerusakan kulit akibat paparan sinar UV yang berlebihan. Pembentukan ini terjadi karena paparan sinar matahari dalam jangka panjang.

Pigmentasi inilah yang menyebabkan kulit menggelap. Tetapi, terkena paparan radiasi sinar UV yang berbahaya secara terus menerus akan menyebabkan produksi melanin berlebih dan mengakibatkan penumpukan dan pembentukan flek hitam di kulit yang terlihat jelas.

Flek hitam di wajah memang sangat mengganggu karena mengurangi kesempurnaan wajah. Penyebab flek hitam ini sangat beragam, selain dari paparan sinar matahari, masalah kulit ini juga disebabkan oleh bekas jerawat, penuaan kulit, dan masih banyak lagi.

Flek hitam sebenarnya bukanlah kondisi yang berbahaya. Namun, keberadaan bintik-bintik gelap di wajah ini biasanya dapat menyebabkan seseorang kehilangan percaya diri.

Tak heran banyak orang melakukan berbagai cara untuk mencoba menghilangkan flek hitam akibat hiperpigmentasi wajah, agar kulit wajah kembali cerah merata, segar, dan mulus. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Bukan dengan lemon dan kopi, meskipun kedua bahan ini ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah termasuk flek hitam. Namun ada bahan lain yang juga tak kalah efektif lho.

Seperti video yang diunggah oleh akun TikTok @zedmasry pada 17 November 2020. Video tersebut berisi tentang trik pudarkan flek hitam akibat hiperpigmentasi pakai 1 jenis rempah. Rempah yang digunakan adalah bubuk kunyit. Selain itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu gula pasir dan madu.

"hyperpigmentation scrub (scrub hiperpigmentasi)," tulisnya dalam video yang diunggah, seperti briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @zedmasry, Sabtu (2/9).

Pudarkan flek hitam hiperpigmentasi pakai 1 rempah Berbagai sumber

foto: freepik.com

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES