Beri efek mencerahkan, ini trik samarkan bintik hitam pakai 2 bahan dapur

Beri efek mencerahkan, ini trik samarkan bintik hitam pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Bintik hitam pada kulit wajah umumnya merujuk pada kondisi yang dikenal sebagai hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah kondisi dimana terjadi produksi melanin yang berlebihan dalam kulit, yang menyebabkan area kulit tertentu menjadi lebih gelap atau berwarna lebih tua dibandingkan dengan kulit di sekitarnya.

Ada beberapa jenis hiperpigmentasi yang dapat menyebabkan bintik hitam pada kulit wajah. Seperti melasma yang paling umum terjadi pada wanita hamil (melasma kehamilan) atau pada wanita yang mengalami perubahan hormonal, akibat penggunaan pil kontrasepsi atau terapi penggantian hormon. Melasma biasanya terjadi pada area wajah, terutama pipi, dahi, dan daerah sekitar bibir.

Selanjutnya ada post-inflamatory hyperpigmentation atau PIH adalah kondisi di mana terjadi peningkatan produksi melanin sebagai respons terhadap peradangan pada kulit, seperti jerawat, luka, atau peradangan kulit lainnya. PIH bisa menghasilkan bintik-bintik berwarna gelap atau cokelat pada kulit wajah.

Lalu ada bintik penuaan, juga dikenal sebagai lentigo atau flek usia, adalah bintik-bintik kecil yang muncul pada kulit wajah akibat paparan sinar matahari berlebihan selama bertahun-tahun. Bintik penuaan biasanya lebih umum pada orang yang lebih tua.

Bintik hitam atau hiperpigmentasi pada kulit sebenarnya tidak berbahaya secara medis. Namun, bagi sebagian orang tentunya hal ini cukup mengganggu dan dapat menurunkan rasa percaya diri. Oleh sebab itu, banyak orang rela melakukan perawatan apapun untuk mendapatkan kulit yang mulus.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES