Bebas plak dan auto putih, ini trik mengatasi gigi kuning hanya pakai 1 bahan memasak

Bebas plak dan auto putih, ini trik mengatasi gigi kuning hanya pakai 1 bahan memasak

Brilio.net - Gigi yang kuning cukup mengganggu, karena membuat penampilan kurang menarik. Gigi yang kuning tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan minum kopi, tetapi juga karena kesehatan gigi yang kurang terawat dan pertambahan usia. Dilansir dari Cleveland Clinic, perubahan warna gigi bisa disebabkan oleh hal-hal yang di luar kendali, seperti pertambahan usia atau mengalami kecelakaan yang akan mengganggu perkembangan enamel yang merupakan lapisan terluar gigi.

Warna asli gigi bukanlah putih cemerlang layaknya susu atau porselen, melainkan cenderung putih kekuningan dan agak tembus pandang. Nah, warna tersebut berasal dari lapisan enamel, yakni lapisan gigi terluar yang keras dan kuat. Sayangnya, lapisan enamel dapat terkikis karena berbagai faktor. Saat enamel terkikis, lapisan gigi dalam bernama dentin yang berwarna kuning akan terekspos sehingga gigi tampak kekuningan.

Secara umum, gigi kuning sangat mudah diamati. Perubahan warna tidak hanya terjadi pada satu gigi saja, tapi beberapa gigi sekaligus, ataupun keseluruhan deret gigi atas dan bawah. Gigi mungkin berwarna putih kekuningan, kuning pekat, atau cokelat kehitaman. Kondisi ini bisa membuat kamu enggan untuk tersenyum lebar dan bahkan berbincang dengan orang sekitar.

Kondisi gigi yang menguning biasanya disertai dengan gangguan lain, seperti bau mulut, karies, dan penyakit gusi. Bila tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan gigi yang parah. Oleh karenanya, banyak orang mencari cara untuk mengatasi gigi kuning agar kembali putih.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES