Bantu hempas komedo, cara wanita bersihkan pori-pori di hidung ini cuma pakai 4 bahan dapur

Bantu hempas komedo, cara wanita bersihkan pori-pori di hidung ini cuma pakai 4 bahan dapur

Brilio.net - Bukan hanya jerawat, komedo juga menjadi salah satu permasalahan kulit wajah yang dapat mengganggu penampilan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik hitam atau putih yang tampak di beberapa area wajah. Selain bikin wajah kusam dan warnanya tidak merata, komedo juga bisa menjadi pemicu munculnya jerawat meradang lho.

Komedo terbentuk ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sebum (minyak alami kulit), sel kulit mati, dan kotoran. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi munculnya komedo, mulai dari produksi minyak kulit yang berlebihan, perubahan hormon tubuh, penggunaan produk perawatan kulit yang menyumbat pori-pori, hingga ketidakseimbangan nutrisi dalam tubuh akibat terlalu sering makan menu berlemak. Akibatnya, nggak jarang komedo pun menumpuk di sekitar permukaan kulit wajah.

Di area wajah, komedo paling sering muncul di bagian hidung. Pasalnya, hidung adalah area T-zone wajah yang memiliki produksi keringat lebih banyak, sehingga lebih mudah mengalami sumbatan pori-pori. Jika tak segera dibersihkan, sumbatan pori-pori akan berubah menjadi komedo.

Dalam rangka mengatasi masalah komedo, menjaga kebersihan kulit dengan mencuci wajah secara teratur, menghindari produk yang dapat menyumbat pori-pori, dan menjaga pola makan yang seimbang menjadi langkah-langkah efektif. Selain itu, kamu pun bisa menggunakan bahan-bahan alami sebagai alternatifnya lho.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES