Bantu atasi perih akibat iritasi, ini cara menenangkan wajah kemerahan pakai 1 jenis bahan minuman

Bantu atasi perih akibat iritasi, ini cara menenangkan wajah kemerahan pakai 1 jenis bahan minuman

Brilio.net - Kemerahan pada wajah merupakan salah satu permasalahan kulit yang cukup membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Adanya kemerahan di wajah membuat sebagian orang jadi kurang merasa percaya diri dengan penampilannya. Biasanya, adanya kemerahan pada kulit wajah bisa disebabkan oleh alergi, iritasi, stres, kandungan dalam skincare, hormon, sering lupa membersihkan makeup, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, sebelum mengatasinya, sebaiknya ditelusuri dulu apa pemicunya agar tidak asal dalam menanganinya. Tak sedikit pula yang merasa panik lalu mencoba bermacam-macam produk skincare tanpa memperhatikan terlebih dahulu kandungan apa saja di dalamnya. Justru hal tersebut malah menyebabkan kemerahannya tak kunjung sembuh karena kurang hati-hati dalam merawatnya.

Terkadang kebanyakan orang tidak menyadari bahwa penggunaan produk skincare yang tidak tepat akan membuat wajah menjadi terkena iritasi. Dilansir dari jurnal Anais Brasileiros de Dermatologia, Universities and research institutions di Brazil menjelaskan bahwa iritasi kulit wajah lebih sering dialami oleh seseorang yang memiliki kulit lebih sensitif daripada yang lain.

Maka dari itu, perlu dilakukan cara mengatasi wajah merah dan iritasi dengan cepat. Beberapa cara sebenarnya aman untuk dilakukan, asalkan digunakan sesuai dengan ketentuan dan cara yang tepat agar tak berdampak buruk pada kulit. Salah satunya seperti video yang diunggah oleh akun TikTok @curology pada 7 April 2021.

Dalam video tersebut pemilik akun membagikan tentang cara menenangkan wajah kemerahan pakai 1 jenis bahan minuman. Bahan minuman yang dimaksud adalah bubuk matcha. Selain itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu aloe vera gel atau gel lidah buaya.

"If your skin gets irritated in the spring, we recommend this easy DIY aloe matcha mask to help moisturize and soothe inflammation (Jika kulit kamu teriritasi di musim semi, kami merekomendasikan masker aloe matcha DIY yang mudah ini untuk membantu melembapkan dan menenangkan peradangan)," katanya dalam keterangan video, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @curology, Kamis (27/7).

Menenangkan wajah kemerahan pakai 1 jenis bahan minuman Berbagai sumber

foto: freepik.com

Matcha banyak diolah sebagai minuman teh ataupun makanan, seperti dessert. Namun, siapa sangka kalau matcha juga sangat memberikan manfaat bagi kecantikan kulit. Matcha berasal dari tanaman camellia sinensis yang juga merupakan bahan teh hijau. Karena itu lah matcha memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Sifat antiinflamasi dan kandungan polifenol yang tinggi pada matcha juga membantu untuk mengurangi iritasi kulit, kemerahan, dan pembengkakan. Bahkan, matcha juga akan menenangkan luka kecil dan luka bakar akibat paparan sinar matahari.

Sementara aloe vera gel, juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi kemerahan pada wajah karena iritasi. Manfaat lidah buaya ini tidak bisa dipisahkan dari kandungan zat antiinflamasi yang tinggi di dalamnya.

Seperti yang diketahui bahwa lidah buaya mengandung mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, C, dan E yang baik untuk menguatkan lapisan pelindung kulit, sehingga mampu membuat kulit menjadi lebih lembap. Sifat dingin dari gel lidah buaya juga dapat menenangkan kulit kemerahan akibat iritasi. Kamu bisa menggunakan gel lidah buaya ini sebagai masker atau sebagai pelembap.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES