Brilio.net - Dunia maya diramaikan oleh video berisi dugaan penggunaan beras plastik oleh warung Padang di daerah Jakarta. Dalam video ditampilkan demonstrasi membuat bola dari nasi dengan cara mengepal-ngepal dan memutar-mutar di telapak tangan sebagai cara meyakinkan netizen. Bola dari nasi yang telah terbentuk kemudian dipantulkan ke meja dan memang tampak memantul. Suara dalam video menyebut bahwa nasi tidak menyebabkan lengket di tangan.

"Dan ternyata membel," kata salah seorang wanita di balik kamera. "Ternyata ini adalah nasi (dari) karet," tambahnya.

"Dia tu biasanya lengket, kalau nasi yang asli," timpal sosok yang tampak di video.

Di video lain yang menampilkan seorang pria juga diperagakan hal serupa. "Ini, bisa dibikin bola. Bulat seperti bumi," tutur pria tersebut sambil menunjukkan bola nasi dari dekat.

Pria itu membandingkan dengan nasi lain yang ternyata tidak terbentuk bulat padat seperti nasi yang diduga terkandung plastik itu.

"Hati-hati kalau beli nasi Padang ya. Atau semua makanan di Jakarta," pesannya sesaat sebelum video berakhir.

Berikut video tentang dugaan beras plastik tersebut.

Tak berapa lama muncul video balasan mengenai demonstrasi meresahkan ini. Video balasan datang dari seorang wanita ynag mengaku berasal dari Padang, Sumatera Barat.

"Sepengetahuan saya Kalau di daerah Jawa, orang lebih suka menggunakan beras pulen. Lebih lembek, bergetah. Berbeda dengan beras dari Sumatera Barat, seperti beras sokat dari Kota Solok. Tidak bergetah, agak sedikit keras, tapi lunak atau kerasnya tergantung dari cara kita memasak," terangnya.

"Jadi ada baiknya kalau kita memviralkan sesuatu sebaiknya kita harus memastikan kebenarannya," lanjutnya.

Berikut video lengkapnya.