Brilio.net - Setelah kasus kerusuhan yang terjadi pada 22 Mei lalu, pihak kepolisian telah menetapkan delapan orang tersangka, salah satunya Kivlan Zen. Beberapa orang tersebut menjadi tersangka atas kasus dugaan kepemilikan senjata api ilegal dan perencanaan pembunuhan terhadap 4 tokoh nasional.

Purnawirawan TNI ini diduga sebagai orang yang memerintahkan tersangka lain untuk membeli senjata api dan membunuh 4 tokoh. Dari penyelidikan polisi terhadap para tersangka, beberapa fakta baru terungkap alasan Kivlan Zen menargetkan pembunuhan kepada 4 tokoh.

Adapun ke-4 tokoh yang menjadi sasaran pembunuhan di antaranya, Wiranto, Luhut Pandjaitan, Budi Gunawan, dan Gores Mere. Fakta baru pun terungkap, berikut brilio.net lansir dari merdeka.com pada Kamis (13/6).

1. Wiranto dan Luhut dianggap berkhianat.

a © 2019 brilio.net

foto: merdeka.com

Pasca kerusuhan pada 22 Mei 2019 lalu berbuntut panjang. Dalam kerusuhan terungkap ada rencana pembunuhan terhadap 4 tokoh nasional, yaitu Wiranto, Luhut Binsar Pandjaitan, Budi Gunawan dan Gores Mere. Kivlan Zen merencanakan pembunuhan kepada beberapa tokoh.

Berdasarkan keterangan salah satu tersangka Kurniawan alias Iwan atau HK alasan Kivlan membunuh Wiranto dan Luhut Binsar karena dua tokoh itu dinilai mengkhianati institusi TNI.

"Jawab beliau karena patut dihabisi karena telah mengkhianati institusi," ujar Iwan saat menirukan alasan Kivlan Zen kenapa harus menghabisi nyawa Wiranto dan Luhut.

2. Pengakuan eksekutor soal rencana pembunuhan 4 tokoh.

Rencana pembunuhan terhadap 4 tokoh nasional cukup membuat masyarakat terkejut. Apalagi inisiator memiliki latar belakang sebagai abdi negara. Salah satu tersangka mengungkapkan penyebab Kivlan Zen ingin menghabisi para tokoh karena patut dihabisi.

"Saya dapat perintah bapak Mayjen Purnawiran Kivlan Zen melalui Haji Kurniawan alias Iwan untuk menjadi eksekutor penembakan target atas nama, 1. Wiranto, 2. Luhut Binsar Pandjaitan, 3. Budi Gunawan, 4. Gores Mere," kata Tajudin atau TJ.

3. Kesaksian para eksekutor dibantah pengacara Kivlan Zen.

a © 2019 brilio.net

foto: merdeka.com


Kesaksian Iwan dibantah dengan tegas oleh pengacara Kivlan Zen, Muhammad Yountri. Menurut Yountri justru Iwan yang mendatangi Kivlan dan mengatakan akan dibunuh oleh 4 tokoh.

Kivlan memang meminta Iwan untuk mencarikan senjata. Namun menurut dia, senjata itu untuk berburu babi hutan karena di lingkungan rumah Kivlan di Gunung Picung masih ada hutan. Senjata yang diberikan Iwan, tak cocok sehingga Kivlan menolaknya.

"Sampai saat ini kita mau ketemu Iwan enggak bisa, dikhawatirkan cerita Iwan dengan yang kami terima dari Pak Kivlan itu berbeda. Iwan justru datang ke Pak Kivlan mengatakan bahwa Pak Kivlan mau dibunuh oleh 4 orang itu," kata Yountri.