Brilio.net - Banyak hal yang dapat dilakukan guna menangkal virus corona yang menyebar ke seluruh dunia. Dengan tidak lupa untuk selalu menjaga kebersihan, cuci tangan, memperhatikan jarak fisik dengan orang lain, dan meningkatkan imun tubuh.

Meningkatkan imun tubuh dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tertawa adalah salah satunya.

Ketika tertawa, banyak yang terjadi pada tubuh. Secara otomatis, terjadi gerakan yang ada pada wajah dan tubuh. Otot-otot wajah dan tubuh meregang, aliran darah menjadi lancar, sistem pernapasan meningkat, dan suplai oksigen ke seluruh tubuh melalui darah juga menjadi lancar.

Tertawa melancarkan aliran darah

Dikutip dari Webmd, seorang peneliti William Fry mengungkapkan bahwa jantung memompa darah dengan sangat hingga 10 menit setelah satu menit tertawa lepas.

Sementara itu, Maciej Buchowski, peneliti dari Vanderbilt University juga mengklaim dalam penelitiannya bahwa tertawa dapat membakar kalori. Dalam kurun waktu 10 hingga 15 menit dapat membakar hingga 50 kalori.

Loading...

Tertawa bisa tingkatkan imun demi cegah corona, ini penjelasannya © 2020 pixabay.com

foto: pixabay.com

Tertawa membuat tubuh rileks

Dilansir pada Help Guide, tertawa dengan lepas dan sepenuh hati memiliki efek yang baik bagi tubuh. Sebab, tertawa lepas akan membuat tubuh menjadi rileks dan menurunkan stress yang ada di pikiran.

Tidak hanya itu, tertawa lepas dipercaya juga dapat melemaskan otot-otot yang kaku dan menjadi lebih rileks hingga 45 menit.

Pada umumnya, seiring bertambahnya usia maka frekuensi tertawa pada seseorang akan semakin turun. Namun, tidak banyak diketahui apabila tertawa dapat meningkatan sistem imun untuk menangkal virus corona yang menjadi pandemi pada saat ini.

Tertawa meningkatkan sistem imun 

Tertawa dipercaya dapat meningkatkan sistem imun dengan memproduksi sel-sel yang dapat melawan patogen serta memicu berbagai hal yang positif pada tubuh dan pikiran. Pada saat tertawa, tubuh akan merasa lebih berenergi dan lebih positif. Sebab, terdapat beberapa senyawa kimia baik diproduksi di dalam tubuh.

Senyawa itu dikenal dengan baik sebagai hormon endorfin. Hormon ini berfungsi sebagai pemicu rasa senang pada pikiran dan mengurangi stress hingga sakit.

Tertawa dapat meningkatkan aliran darah sehingga memperlancar suplai oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh. Sehingga, risiko serangan jantung dan penyakit jantung yang lain dapat berkurang.

Penyakit jantung dikenal sebagai pembunuh nomor satu di Indonesia. Maka dari itu, selain menjaga pola hidup yang sehat, mempraktikkan untuk tertawa merupakan hal yang patut dicoba untuk mencegah gangguan kesehatan pada organ jantung.

Tertawa bisa tingkatkan imun demi cegah corona, ini penjelasannya © 2020 pixabay.com

foto: pixabay.com

Tertawa membakar kalori

Sebuah studi mengungkapkan bahwa tertawa merupakan hal yang memiliki banyak manfaat seperti membakar cukup banyak kalori yang tertimbun pada tubuh.

Tertawa selama 10 hingga 15 menit per hari disinyalir mampu membakar hingga 40 kalori. Hal tersebut apabila berkelanjutan, maka kamu dapat menurunkan berat badan hingga 4 kilogram selama satu tahun.

Penelitian di Norwegia menunjukkan bahwa orang dengan selera humor yang tinggi memiliki usia yang lebih panjang daripada orang yang tidak memiliki selera humor dan tertawa.

Perbedaan tersebut lebih spesifik diteliti pada pasien yang berjuang melawan kanker.

Tertawa bisa tingkatkan imun demi cegah corona, ini penjelasannya © 2020 pixabay.com

foto: pixabay.com

Tertawa meredakan kecemasan

Tidak hanya manfaat fisik saja yang diperoleh apabila kamu tertawa, kamu juga mendapat manfaat psikis. Di tengah pandemi virus corona, kamu juga dapat merasakan kembali semangat hidup dengan tertawa.

Selain menambah kegembiraan di pikiran, tertawa juga dapat meredakan kecemasan dan ketegangan yang selama ini mungkin kamu alami dalam menghadapi dan melawan virus corona.

Secara tidak langsung, tertawa juga dapat meningkatkan mood dan memperkuat ketahanan kamu.

Tertawa memperkuat hubungan sosial

Di samping mendapatkan manfaatnya secara fisik dan psikis, kamu juga dapat memperoleh manfaat sosial dari tertawa. Di antaranya adalah memperkuat hubungan kamu dengan orang lain, memperkuat kerja sama, mengontrol dan meredam konflik, serta memperkuat ikatan pertemanan.

Tertawa bisa tingkatkan imun demi cegah corona, ini penjelasannya © 2020 pixabay.com

foto: pixabay.com

Dengan tertawa, kamu juga akan terlihat lebih menarik. Sebab, kamu akan terlihat ramah untuk diajak berkenalan, berbicara, dan bahkan berdiskusi.

Kamu akan mendapatkan manfaat dari tertawa untuk menangkal virus corona dengan melakukannya pada momen-momen yang tepat. kamu dapat tertawa pada saat menonton film, program Tv, atau video lucu.

Atau kamu dapat mendatangi klub-klub komedi di kota kamu, membaca buku dengan tema lucu, berbicara dengan orang yang lucu, bermain dengan hewan peliharaan, maupun melakukan kegiatan yang kamu rasa lucu.