Brilio.net - Ani Yudhoyono direncanakan akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata pada Minggu (2/6) sore hari. Dari pagi, masyarakat sudah tampak menghadiri lokasi tersebut. Tak hanya itu, petugas kepolisian juga terlihat berjaga untuk mengamankan prosesi pemakaman Ani Yudhoyono.

Dilansir brilio.net dari Merdeka, Paspampres juga terlihat berjaga di sekitar liang lahat. Belum terlihat adanya keluarga di lokasi tersebut. Jenazah Ani Yudhoyono sendiri sampai saat ini masih disemayamkan di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Rencananya, baru setelah salat Zuhur jenazah akan diantar ke TMP Kalibata.

Sosok yang dikenal baik hati dan kuat melawan kanker ini sendiri wafat pada Sabtu (1/6) pada 11.50 waktu Singapura. Jenazah kemudian disemayamkan di KBRI Singapura untuk dimandikan dan disalatkan. Malam itu juga, jenazah diterbangkan dengan pesawat angkut Hercules menuju Landasan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta.

Dari Bandara Halim, Jenazah langsung dibawa ke Puri Cikeas, Bogor. Para pelayat juga berkesempatan untuk memberikan penghormatan terakhir mulai pukul 08.00 di lokasi tersebut. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, berikut 5 situasi terbaru di TMP Kalibata, Minggu (2/6).

1. Makam dinaungi tenda dan diberi karpet merah.

Loading...

5 Situasi terbaru TMP Kalibata © 2019 brilio.net

foto: Merdeka

Tenda beserta kursi-kursinya tampak sudah disiapkan di liang lahat bagi almarhumah Ani Yudhoyono. Warga juga tampak mulai berdatangan satu per satu untuk melihat prosesi pemakaman ini.

2. Lokasinya berdekatan dengan makam Ainun Habibie.

5 Situasi terbaru TMP Kalibata © 2019 brilio.net

foto: ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Makam Almarhumah Ani Yudhoyono terletak di Blok M nomor 129. Lokasi ini berhadapan langsung dengan makam Istri presiden ke-3 Indonesia, Ainun Habibie.

3. Polisi terapkan rekayasa lalu lintas di kawasan TMP Kalibata.

5 Situasi terbaru TMP Kalibata © 2019 brilio.net

foto: Merdeka.com

Dilansir brilio.net dari Merdeka, polisi akan merekayasa lalu lintas di kawasan TMP Kalibata. "Ada rencana rekayasa arus lalu lintas di lokasi TMP Kalibata pada saat pemakaman jenazah," kata Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Jamal Alam di Jakarta, Sabtu (1/6).

Penutupan dan pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan mulai dari Jalan Raya Pasar Minggu (dari arah Pancoran) yang berbelok ke kiri ke Jalan Raya Kalibata (TMP Kalibata) akan diluruskan ke arah selatan, sepanjang Jalan Raya Pasar Minggu.

Kemudian, penutupan dan pengalihan arus lalu lintas dari arah selatan Jalan Raya Pasar Minggu yang berbelok ke kanan ke arah Jalan Raya Kalibata (TMP Kalibata), akan diluruskan ke arah Utara menuju Pancoran.

4. Jokowi jadi inspektur upacara.

5 Situasi terbaru TMP Kalibata © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@jokowi

Pemakaman Almarhumah Ani Yudhoyono akan dilaksanakan secara militer pada Minggu Sore. Dilansir brilio.net dari Merdeka, Presiden Joko Widodo sendiri direncanakan akan menjadi Inspektur Upacara pada prosesi tersebut.

5. Digali oleh 8 Penjaga makam.

5 Situasi terbaru TMP Kalibata © 2019 brilio.net

foto: Liputan6.com/Faizal Fanani

Makam Almarhumah Ani Yudhoyono dipersiapkan dengan serius oleh Pengelola TMPNU Kalibata. "Ada delapan orang yang menggali makam Bu Ani. Kami gali dari kemarin Sabtu, jam 13.30 WIB. Perlu waktu tiga jam untuk menggalinya," ujar Pengelola TMPNU Kalibata, Dedi Prasetyo Utomo seperti dilansir brilio.net dari Antara.

Dedi juga menambahkan bahwa tenda merupakan bantuan dari pihak Sekretaris Negara. Penggalian juga dibantu oleh Kementerian Sosial dan keamanan dibantu oleh pihak polisi dan TNI.