Brilio.net - Ratu Elizabeth II, pemimpin kerajaan Inggris yang berkuasa selama tujuh dekade, dikabarkan meninggal dunia dalam usia 96 tahun, demikian laporan dari Istana Buckingham, Kamis malam.

 "Sang Ratu meninggal dunia dalam damai di Balmora siang ini," demikian pernyataan dari Istana Buckingham, dilansir dari Antara, Jumat (9/9). 
 
Menurut keterangan, Ratu tetap berada di Balmora pada Kamis malam dan akan kembali ke London pada Jumat.
 
Charles Philip Arthur George, putra sulung Ratu Elizabeth II, akan menjadi Raja Inggris Raya dan menjadi kepala negara dari 14 negara, di antaranya Selandia Baru, Kanada, dan Australia.
 
Sebelumnya sang Ratu sempat dirawat karena kondisi kesehatan yang menurun. Sehingga sejumlah keluarga Ratu segera bergegas menyambanginya usai beberapa dokter menyatakan kekhawatiran atas kesehatan Ratu. Istana Buckingham menyatakan Ratu mengalami 'masalah dalam menggerakkan anggota tubuh' sejak akhir 2021. Kondisi itu yang memaksanya tidak beraktivitas dari seluruh kegiatannya.
 
Ratu Elizabeth II diangkat sebagai Ratu Inggris Raya pada Juni 1953. Elizabeth diangkat sebagai ratu usai ayahnya, Raja George VI, wafat pada 6 Februari 1952 ketika usianya masih 25 tahun. Menjadikannya kepala negara yang menjabat paling lama dan tertua di dunia.