Brilio.net - Sampai dengan memasuki hari ketiga, proses pencarian anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau akrab dipanggil Eril yang hilang di Sungai Aare, Swiss masih terus dilakukan. Di sisi lain, Ridwan Kamil beserta sang istri, Atalia Praratya, juga turut bergerak memperbaharui informasi seputar pencarian putranya kepada pejabat kepolisian.

Dilansir brilio.net dari informasi yang dibagikan oleh KBRI Bern, Ridwan Kamil sempat bertemu dengan Kepala Polisi Maritim Swiss, Urs Käller dan Kepala Polisi Regional Bern, Thomas Müller. Pertemuan tersebut untuk membahas terkait pencarian Eril.

"Orang tua Saudara Eril, Bapak Ridwan Kamil dan Ibu Atalia, hari ini bertemu dengan Kepala Polisi Maritim, Urs Käller, dan Kepala Polisi Regional, Thomas Müller, untuk mendengarkan informasi terbaru terkait proses pencarian sejauh ini," demikian keterangan KBRI Bern.

Ridwan Kamil bertemu dengan kepolisian Swiss © berbagai sumber

foto: kemlu.go.id

Pada pencarian hari ketiga, tim SAR menerjunkan tim penyelam pada titik-titik yang dapat diakses di sepanjang sungai Aare. Tim SAR juga kembali menerbangkan drone surveillance yang terbang rendah di sepanjang tepian sungai.

Sementara pada hari keempat, Minggu (29/5), rencananya pencarian akan difokuskan pada area di antara dua pintu air terdekat lokasi terakhir terlihatnya Eril, yaitu Schwellenmaetelli dan Engehalde. Metode pencarian akan menggunakan perahu dan sensor yang mampu mendeteksi hingga kedalaman 3 meter. Upaya pencarian Eril oleh tim SAR melibatkan unsur polisi, polisi maritim, dan pemadam kebakaran sebagai pilot drone.

Ridwan Kamil bertemu dengan kepolisian Swiss © berbagai sumber

foto: kemlu.go.id

Muliaman Hadad, Duta Besar Indonesia untuk Swiss, menyebutkan arus deras dan keruhnya sungai Aaree oleh es yang mencair, menjadi kendala pencarian. Meski begitu ia memastikan pencarian terhadap putra Ridwan Kamil akan terus dilakukan.

"Tidak ada spesifik waktu kapan pencarian akan dihentikan. Jawaban dari polisi sungai, mereka bilang tugas kami memantau dan menjaga keamanan sungai ini. Pencarian akan terus dilakukan setiap hari, setiap titik, setiap pojok," ujar Muliaman dalam konferensi pers secara daring pada Sabtu (28/5).

Ridwan Kamil akan lebih lama di Swiss untuk memantau upaya pencarian anaknya. Gubernur Jawa Barat tersebut mengajukan perpanjangan cuti selama sepekan.

"Pak Gubernur nambah cuti sepekan ke depan untuk berada di Swiss, sehingga beliau kalau ada di daerah kejadian menunggunya pun agak tenang, berbeda kalau Beliau pulang," kata Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dilansir brilio.net dari Antara.

Uu berharap warga Jawa Barat memaklumi dan tidak mempermasalahkan perpanjangan cuti yang diajukan oleh Gubernur.

"Saya minta pengertian masyarakat, seandainya Pak Gubernur masih berada di luar negeri tidak dijadikan permasalahan seputar kinerja, karena di provinsi ada pejabat yang ada. Ada saya sebagai Plh. Toh saya komunikasi dengan Gubernur tidak ada kendala," katanya.

Uu mengatakan bahwa Ridwan Kamil mengharapkan doa dari warga serta para pemuka agama untuk keselamatan anak pertamanya.

"Saya WhatsApp Beliau kemarin. Beliau minta doa dari masyarakat Jabar, terutama para kiai dan santri," tuturnya.