Brilio.net - Pada hari ini Rabu (13/1), Presiden Jokowi menjadi orang pertama di Indonesia yang menerima vaksin Covid-19 Sinovac. Proses vaksinasi ini sendiri disiarkan secara langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Sebelum disuntik vaksin, Jokowi terlebih dahulu mengisi formulir pendaftaran. Setelah melalui proses pendataan, Jokowi melakukan pengecekan kesehatan. Pada tahap ini tenaga medis harus memastikan bahwa orang nomor satu di Indonesia tersebut dalam keadaan sehat.

proses vaksinasi presiden RI YouTube

foto: YouTube/Sekretariat Presiden

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Presiden Jokowi dipastikan dalam kondisi benar-benar fit, dan memiliki tekanan darah yang normal. Hal ini dilakukan sudah sesuai dengan standar yang diharuskan, untuk meminimalisir kemungkinan buruk yang terjadi usai pemberian vaksin.

proses vaksinasi presiden RI YouTube

foto: YouTube/Sekretariat Presiden

Sebelum penyuntikan vaksin kepada Jokowi, tenaga medis menunjukkan vaksin Sinovac, dan memastikan bahwa vaksin masih dalam kondisi utuh.

Jokowi kemudian disuntik vaksin oleh Wakil ketua dokter kepresidenan Prof Abdul Muthalib. Dia terlihat gemetar saat memvaksin Jokowi. "Tadi pertama menunjukkan vaksin Sinovac dan setelah disuntik tidak ada merasa sakit sedikit pun Alhamdulilah berhasil menyuntik bapak Presiden tanpa rasa sakit," kata Abdul Muthalib dilansir brilio.net dari merdeka.com.

proses vaksinasi presiden RI YouTube

foto: YouTube/Sekretariat Presiden

Setelah menerima vaksin, Presiden Jokowi akhirnya diarahkan ke meja penerimaan sertifikat bahwa telah melakukan vaksin. Setelah menerima vaksin, Jokowi diminta untuk menunggu 30 menit untuk melihat apakah ada efek samping atau tidak.

(brl/guf)