Brilio.net - Transportasi laut memang jadi salah satu pilihan transportasi yang efektif, terutama untuk angkutan barang. Banyak barang yang bisa dimuat dengan transportasi laut atau kapal. Angkutan barang dalam negeri maupun luar negeri juga banyak diangkut menggunakan kapal.

Karena itu, pekerjaan sebagai nahkoda atau anak buah kapal (ABK) adalah salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan dan memberikan banyak peluang. Tapi, untuk menjadi seorang ABK tentunya harus memiliki keahlian khusus, sertifikasi dan keberanian yang tinggi.

Pasalnya, kamu bakalan bekerja di laut yang seringkali tidak bisa diprediksi tantangannya. Apalagi kamu harus menghadapi ombak laut yang kadang berbahaya bagi ekspedisi. Ombak yang terlalu tinggi kadang bisa masuk ke dalam kapal sehingga perlu ditangani agar tidak menambah beban kapal.

Dalam menyikapi hal seperti ini, seorang ABK harus tetap tenang dan tidak panik. Seperti yang terlihat dalam unggahan video TikTok @subureror093 berikut ini.

ketenangan ABK diterjang ombak © berbagai sumber

foto: TikTok/@subureror093

Dalam video yang diunggahnya, tampak sebuah kapal sedang berlayar menerjang ombak tinggi. Ombak tersebut sampai memasuki kapal dari bagian kanan, kiri hingga depan. Dalam kondisi ini, ABK tampak tidak panik dan tetap bisa tenang. Bahkan, bak sudah biasa dengan kejadian seperti ini, mereka justru tersenyum saja.

"dr depan kanak kiri msuk truss ini air#### 3 hari lg insyaallah nyampek Singapore," tulis akun @subureror093 sang pengunggah video.

Dari keterangan sang pengunggah video, tampaknya kapal yang tengah diterjang ombak tinggi tersebut berencana sandar di Singapura.

ketenangan ABK diterjang ombak © berbagai sumber

foto: TikTok/@subureror093

Meskipun para ABK tenang menghadapi situasi seperti itu, tapi warganet justru ngeri dibuatnya. Banyak yang mendoakan keselamatan bagi ABK yang tengah berjuang mencari nafkah demi keluarga.

"gimana itu klo airnya masuk trus,semoga sllu dlm pe jagaan allah swt," ungkap akun @mugini.

"santai bner tertawa malah,kalau aku udah nangis klau dapat situasi gitu,,salut sama abang pelaut," kata akun @Shaheera Seikha.

"semoga Allah SWT memberikan keselamatan," ujar akun @userr378.

"Masya Allah...salut buat abang² pelaut, semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan serta selalu dalam lindunganNya Aamiin," doa akun @Roni.