Brilio.net - Melalui siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan kabar baik perihal tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Tanah Air. Ia mengatakan Bed Occupancy Rate (BOR) atau keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 menurun sebesar 76 persen. Ini menandakan jumlah pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan di rumah sakit menurun.

"Bed occupancy rate (BOR) kita sudah turun dalam seminggu ini sebesar 76 persen," jelasnya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin (6/9).

Di samping penurunan BOR rumah sakit, tingkat kesembuhan di Indonesia mengalami peningkatan menjadi 92,8 persen. Persentase kesembuhan Indonesia tercatat lebih tinggi dari dunia yang hanya mencapai 89,4 persen.

tingkat kesembuhan covid meningkat © 2021 berbagai sumber

foto: YouTube/Sekretariat Presiden

"Saat ini kita lihat juga bahwa tingkat kesembuhan kita sudah 92,8 persen sejak diberlakukannya PPKM. Dan dibandingkan global sekitar 89,4 persen," katanya.

Lewat siaran langsung itu, Airlangga juga menambahkan agar kepala daerah untuk mempercepat vaksinasi Covid-19. Vaksinasi bisa menekan risiko sakit berat dan atau kematian bagi masyarakat yang terinfeksi Covid-19.

Hingga 5 September 2021, tercatat sebanyak 66,78 orang sudah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama. Sementara untuk dosis kedua sebanyak 38,2 juta orang, dan dosis ketiga sebanyak 713.068 orang.

tingkat kesembuhan covid meningkat © 2021 berbagai sumber

foto: YouTube/Sekretariat Presiden

"dan (vaksinasi) Indonesia berada di peringkat ke-6 dunia. Namun kita tetap harus waspada dan harus berupaya keras untuk percepatan vaksinasi," paparnya.

Airlangga juga menambahkan semua vaksin yang diberikan kepada masyarakat sudah dipastikan keamanannya oleh pemerintah. Sehingga semua jenis vaksin memiliki khasiat yang sama dan masyarakat tidak perlu khawatir memilih vaksin mana yang bagus.