×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini 4 dampak gempa susulan 6,2 SR di Lombok, jumlah korban bertambah

View Image

0

BRILIO » Serius

Ini 4 dampak gempa susulan 6,2 SR di Lombok, jumlah korban bertambah

Bantuan terus berdatangan ke Lombok.

(brl/fen)

09 / 08 / 2018

Brilio.net - Gempa bumi susulan mengguncang Lombok. Kali ini kekuatannya mencapai 6,2 SR sekitar pukul 13.25 WITA, Kamis (9/8). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun twitter @InfoHumasBMKG menyatakan pusat 362 gempa susulan yang terjadi pada koordinat 8.36 lintang selatan, 116.22 bujur timur. Tepatnya 6 kilometer barat laut Kabupaten Lombok Utara - NTB, dengan kedalaman 12 kilometer.

Akibat bencana ini, kerusakan yang dialami makin berat. Seperti diketahui sebelumnya Lombok telah diguncang gempa berkekuatan 7 SR pada Minggu (5/8) lalu.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, dampak gempa susulan di Lombok.

1. Jumlah korban bertambah

gempa susulan lombok istimewa

Loading...

foto: twitter/@Sutopo_PN

Kepala Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyatakan akibat gempa susulan 2 orang tewas dan 24 orang luka-luka. Alhasil kini jumlah korban bertambah menjadi 259 orang meninggal dunia, 1.033 orang rawat inap, dan 270.168 orang mengungsi. Jumlah korban diperkirakan masih bertambah karena semua belum terverifikasi.

2. Evakuasi terhambat

gempa susulan lombok istimewa

foto: twitter/@STcom

Proses evakuasi belum selesai dilakukan oleh tim. Banyak puing-puing bangunan membahayakan petugas, sehingga proses evakuasi menjadi terhambat.

3. Masyarakat makin trauma

gempa susulan lombok istimewa

foto: liputan6.com

Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyatakan bahwa gempa susulan membuat masyarakat panik berhamburan keluar rumah dan menambah trauma. Seperti yang dialami seorang ibu yang tinggal di tenda pengungsian di Desa Kekait, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat. Rasa takut yang amat sangat membuatnya menangis dan jatuh pingsan saat mencari anaknya ketika gempa susulan mengguncang.

4. Bangunan rusak bertambah

Akibat yang disebabkan oleh gempa 7 SR di Lombok sangat parah. Bangunan rumah hingga fasilitas umum masyarakat rusak. Seperti video yang diunggah oleh pemilik akun twitter @f_kholid merekam detik-detik saat sebuah tempat perbelanjaan roboh.

(mgg/Tina)





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more