Brilio.net - Pergerakan Prabowo Subianto yang merapat dan disebut menerima tawaran kursi menteri Jokowi memang tidak diprediksi sebelumnya. Meski demikian, Ketua Umum Partai Gerindra ini menyatakan bersedia diminta membantu Presiden Joko Widodo di kabinet 5 tahun mendatang. Dia mengaku diminta Jokowi membantu di bidang pertahanan.

Ini mengingatkan kembali dengan fenomena yang sempat viral pada tiga tahun lalu. Saat itu, Jokowi yang sedang blusukan ke berbagai daerah berdialog dengan seorang santri. Di sana, Presiden Indonesia ini memberi pertanyaan untuk menyebutkan tiga nama menteri yang saat itu menjabat.

Dilansir brilio.net dari liputan6.com, Selasa (22/10), momen itu terekam dalam video yang pernah viral pada Mei 2016. Dalam rekaman itu, seorang santri pondok pesantren di Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, menjawab pertanyaan yang dilontarkan Presiden. Dalam acara Isra Miraj tersebut, seorang santri bernama Muhammad Aska Fikri langsung menjawab dengan suara lantang.

"Satu, Bu Megawati, Dua, Ahok, Tiga, Prabowo," ucap santri tersebut.

Mendengar jawaban santri polos tersebut, Jokowi dan tamu yang hadir tertawa lepas. Santri ini pun langsung mendapatkan hadiah sepeda pemberian Presiden. Sontak saja video rekaman itu jadi viral ketika diunggah di media sosial.

Loading...

santri jadi kenyataan © liputan6.com

foto: liputan6.com/Angga Yuniar

Seiring berjalannya waktu, jawaban santri ini ternyata jadi kenyataan. Pasalnya Senin sore (21/10) Prabowo dipanggil ke Istana oleh Presiden Joko Widodo dan digadang-gadang jadi calon menteri kabinet kerja jilid II Jokowi-Maruf. Pos menteri apa yang akan diberikan kepada Prabowo, kita tunggu saja pengumuman kabinet yang akan disampaikan Presiden Jokowi pada tanggal 23 Oktober 2019.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut bahwa pernyataan salah seorang santri Pondok Tegalrejo Magelang yang menyebutkan bahwa Prabowo Subianto menjabat menteri telah menjadi kenyataan. Hal itu disampaikannya di hadapan ribuan santri yang tengah mengikuti acara Jateng Bershalawat di Lapangan Gandirejo Sedan, Kabupaten Rembang, Senin (21/10) malam

"La kok sesuai, tadi Pak Prabowo datang ke Istana mengatakan siap membantu Pak Jokowi sebagai salah satu menterinya," kata Ganjar seperti dikutip dari Antara.

Hingga kini, beberapa nama masih dipanggil dan satu per satu merapat ke Kompleks Istana Kepresidenan. Pada hari ini, Selasa (22/10), terlihat ada Sri Mulyani, Syahrul Yasin Limpo dan Agus Gumiwang yang sudah datang merapat sejak pagi hari. Ketiganya memakai atasan putih dan celana hitam.