Brilio.net - Beberapa bulan terakhir, beberapa wilayah Indonesia sedang mengalami curah hujan yang cukup tinggi. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. Menurut prakiraan BMKG, sepekan ke depan mulai dari 5 April – 9 April sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi terkena cuaca ekstrem. Hal tersebut dapat mendorong peningkatan kecepatan angin yang berdampak pada peningkatan ketinggian gelombang di sebagian wilayah perairan Indonesia.

Berikut brilio.net rangkum sejumlah wilayah di Indonesia yang terdampak akibat curah hujan tinggi beberapa bulan terakhir seperti dilansir dari berbagai sumber pada Senin (5/4).

1. Yogyakarta.

wilayah Indonesia terdampak curah hujan tinggi © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@kabarjogja

Loading...

Wilayah Yogyakarta diguyur hujan deras serta angin kencang pada Minggu (4/4) sore kemarin. Akibat kondisi ini, tercatat sejumlah baliho di beberapa ruas jalan tampak rusak parah.

2. Flores, Nusa Tenggara Timur.

wilayah Indonesia terdampak curah hujan tinggi © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@kitabisa.com

Dampak akibat curah hujan yang tinggi, juga di alami masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT). Banjir bandang disertai angin kencang menerjang Kabupaten Flores Timur, NTT pada Minggu (4/4) dini hari.

3. Bandung, Jawa Barat.

Selain itu, pada Senin (29/3) wilayah Dago, Bandung juga dilanda hujan deras, hujan es disertai angin kencang. Dilansir dari akun instagram @infobandungkota, hujan turun pada sore hari.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by INFO BANDUNG KOTA (@infobandungkota)

4. Nganjuk, Jawa Timur.

wilayah Indonesia terdampak curah hujan tinggi © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@Infonganjuk

Beberapa wilayah di Nganjuk pada Sabtu (27/3) terpantau banjir setelah sempat diguyur hujan deras disertai angin. Akibatnya, jalur utama Nganjuk-Madiun mengalami kemacetan.

5. Kepulauan Seribu, Jakarta.

wilayah Indonesia terdampak curah hujan tinggi © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@Infojakarta_

Sabtu (3/4) hujan disertai angin kencang melanda wilayah Kepulauan Seribu. Hal ini mengakibatkan sebuah pohon tumbang di Jl. Pantai Selatan Rt 02 Rw 02, Kel.Pulau Tidung, Kec. Seribu Selatan.

Reporter: Desinta Ramadani