Brilio.net - Kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Afghanistan sukses menjadi sorotan. Banyak masyarakat yang menilai Jokowi cukup nekat lantaran situasi di Afghanistan belakangan sedang memanas.

Jokowi mengatakan kunjungannya ini adalah sejarah. Pasalnya, dia adalah Presiden kedua Indonesia yang datang ke Afghanistan setelah Sukarno pada tahun 1961.

Rupanya, ada sekelumit cerita lucu sekaligus menegangkan yang tersisa dari kunjungan tersebut. Cerita itu disampaikan oleh Jokowi lewat akun media sosialnya.

Dia mengatakan, paspampres yang terus menerus tegang selama rombongan presiden berada di Afghanistan langsung sujud syukur begitu pesawat kepresidenan lepas landas dari Kota Kabul, Afghanistan. Berikut cerita lengkapnya, seperti dikutip dari akun Facebook Jokowi.

"Begitu pesawat Kepresidenan Republik Indonesia-1 lepas landas dari Bandar Udara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, Senin sore kemarin, menuju Tanah Air, Komandan Paspampres dan Menteri Luar Negeri sontak bersujud syukur di lantai kabin pesawat.

Saya memahami kelegaan dan kesyukuran mereka, bahwa enam jam di Kabul dapat kami lewati dengan lancar. Saya datang ke kota ini tiga hari setelah bom meledak dan menewaskan lebih 100 orang dan beberapa jam sebelum tiba, ledakan juga terdengar dari kompleks Akademi Militer.

cerita jokowi paspampres sujud syukur © 2018 facebook

Afghanistan adalah negara terakhir dari lima negara yang saya kunjungi selama enam hari. Sebelumnya, saya menyinggahi Sri Lanka, India, Pakistan, dan Bangladesh.

Di setiap negara itu, saya bertemu dengan para pemimpin pemerintahan dan kepala negara membawa misi ekonomi, perdagangan, politik dan perdamaian. Saya antara lain menyepakati pengiriman gerbong kereta produksi PT INKA ke Sri Lanka, menghadiri KTT ASEAN-India di New Delhi, berpidato di Parlemen Pakistan, mengunjungi dan membawa bantuan untuk pengungsi Rohingya di Bangladesh, lalu terakhir, ke Afghanistan.

Syukur Alhamdulillah, saya tiba di Tanah Air pagi ini dengan selamat," tulis Jokowi di akun resmi Facebook-nya, Selasa (30/1).

Cerita Jokowi soal ketegangan paspampres ini pun langsung viral hanya dalam beberapa menit. Sejak berita ini diturunkan, status Facebook Jokowi tersebut sudah panen ribuan komentar dari para netizen.

Cerita lucu juga diunggah oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung lewat akun Twitternya. Koordinator Staff Khusus Teten Masduki yang ikut dalam rombongan sempat dikira ulama dari Indonesia lantaran memakai selimut pesawat sebagai syal untuk menahan udara dingin.

cerita jokowi paspampres sujud syukur © 2018 facebook

"Cerita lucu & berkesan kunjungan ke Afganistan, Pak Teten krn tegang, lupa membawa baju utk udara dingin, dan memakai selimut pesawat utk menahan rasa dingin dan dipikir ulama dr Indonesia, Bu Menlu & DanPaspampres sujud syukur stlh memasuki pesawat #AlhamdulillahSdhPulang," tulis Pramono Anung.