Brilio.net - Aktivitas Gunung Merapi masih terus meningkat. Gunung yang terletak di perbatasan DIY dan Jawa Tengah itu kini berada di level III atau Siaga. Kenaikan statusnya dimulai sejak Kamis (5/11) kemarin sekitar pukul 12.00 WIB.

Pemberitahuan ini resmi juga sudah dikeluarkan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), lewat siaran resmi. Naiknya status Gunung Merapi ini berkaitan dengan peningkatan aktivitas vulkanik yang terjadi beberapa waktu belakangan ini.

Dilansir dari liputan6.com, pihak BPPTKG melaporkan adanya potensi erupsi yang dapat timbulkan akibat aktivitas vulkanik dari Gunung Merapi, seperti guguran lava, lontaran material hingga awan panas.

Berikut ini brilio.net rangkum dari Twitter resmi @BPPTKG, potret terbaru gunung Merapi yang diambil dari sejumlah PGM dari berbagai daerah sekitar Gunung Merapi, Sabtu (7/11).

1. BPPTKG melaporkan kondisi puncak Merapi dari sejumlah pos pengamatan Gunung Merapi (PGM). Gambar ini diambil dari PGM Selo pada 06.16 WIB.

Loading...

Merapi 7 November © Twitter

foto: Twitter/@BPPTKG

2. PGM dari Jrakah, Jawa Tengah. Diketahui suhu udara di waktu yang sama yakni 17 derajat Celcius.

Merapi 7 November © Twitter

foto: Twitter/@BPPTKG

3. "Via PGM.Babadan visual #Merapi tampak, suhu udara 16.8 °C, kelembaban 65 %rh, tekanan udara 873.7 hpa, angin perlahan ke barat," tulis keterangan dari BPPTKG.

Merapi 7 November © Twitter

foto: Twitter/@BPPTKG

4. Terakhir yakni laporan PGM Kaliurang. Terlihat cuaca sedikit berkabut. Suhu udara mencapai 22,2 derajat Celcius.

Merapi 7 November © Twitter

foto: Twitter/@BPPTKG