Brilio.net - Setiap orang yang sudah melanjutkan Sekolah Menengah Atas (SMA) pasti ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Banyak orang yang menginginkan bisa masuk ke perguruan tinggi negeri maupun swasta terbaik.

Sayangnya, persaingan yang sangat tinggi membuat kesempatan untuk bisa masuk ke perguruan tinggi tidak cukup mudah. Karena semua siswa yang mengikuti tes tidak hanya dari satu kota aja, tapi dari berbagai kota yang tersebar di Indonesia.

Tak perlu khawatir, meskipun banyak saingan bukan berarti kamu tidak lolos loh. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kampus impian kamu, salah satunya melalui jalur beasiswa.

Medcom.id kembali menggelar Online Scholarship Competition (OSC) atau kompetisi beasiswa secara online kepada siswa-siswa tingkat SMA, SMK dan sederajat. Direktur Utama Medcom.id, Mirdal Akib mengatakan tahun ini ada 18 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) favorit di Jawa hingga Sulawesi yang siap diperebutkan.

OSC2 © 2017 brilio.net

Loading...

"Kami sadar bahwa seluruh anak muda pasti punya mimpi untuk masa depan yang lebih baik. Untuk itu kami ingin turut serta dalam mempermudah anak Indonesia mewujudkan mimpi-mimpinya," katanya saat ditemui dalam acara konfrensi pers Online Scholarship Competition (OSC) di Jakarta, Kamis (30/8).

Memasuki tahun keempat, minat calon mahasiswa meningkat drastis. Oleh sebab itu tahun ini pihaknya membuka kesempatan lebih banyak lagi untuk para calon mahasiswa yang ingin bergabung mengikuti beasiswa ini.

"Tahun ini ada 360 kuota beasiswa senilai Rp 30 Miliar. Jumlah PTS juga bertambah dari yang awalnya 14 nambah jadu 18 PTS. empat pts yang baru bergabung ini memberikan beasiswa dari Jawa hingga Sulawesi," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Didin Wahidin menilai beasiswa ini tidak hanya positif, namun juga diyakini mampu membantu pemerintah dalam mendongkrak Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi.

Didin mengatakan, kementeriannya mendapat amanah untuk meningkatkan APK pendidikan tinggi yang sekarang masih berada di angka 32 persen.  Salah satunya dengan menggunakan anggaran fungsi pendidikan yang ada di Kemenristekdikti, agar lulusan SMA dan SMK sederajat dapat mengakses pendidikan tinggi melalui jalur beasiswa.

"Kemenristekdikti memiliki beasiswa Bidikmisi, Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik), beasiswa Prestasi Ekstrakurikuler, dan lain sebagainya," ucap Didin.

Nah bagi para calon mahasiswa yang ingin ikut beasiswa, OSC sudah mulai dibuka terhitung hari ini. Pendaftaran bisa dilakukan melalui situs osc.medcom.id.