Brilio.net - Seorang muslim yang membaca sholawat kepada Nabi Muhammad sama seperti memohon atau berdoa kepada Allah untuk Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam agar selalu dilimpahkan keberkahan dan keselamatan.

Sholawat merupakan salah satu dzikir yang sangat dianjurkan untuk dibaca secara istiqamah oleh siapa pun. Sholawat adalah bentuk cinta seorang muslim kepada Rasulullah. Membaca sholawat dengan sesering mungkin akan membantu setiap hamba untuk lebih dekat dan senantiasa mengingat akan kebesaran Allah.

Pada dasarnya tujuan membaca sholawat adalah agar di akhirat nanti seorang muslim mendapatkan syafaat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (27/8), hukum bersholawat dijelaskan di dalam Alquran. Bahkan tak hanya manusia, Allah SWT dan para malaikat pun bersholawat. Dalam Alquran surat Al Ahzab ayat 56, Allah berfirman:

Innallaaha wa malaa'ikatahu yusalluna 'alan-nabiyy, yaa ayyuhallaziina aamanu sallu 'alaihi wa sallimu tasliimaa

Artinya:
"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."

Ada beberapa jenis sholawat yang diriwayatkan para ulama, salah satunya adalah sholawat Ibrahimiyah. Sholawat Ibrahimiyah merupakan bacaan sholawat yang paling penting karena sholawat tersebut adalah satu-satunya sholawat yang dibaca selesai tahiyat akhir dalam sholat.

Sementara itu sebagian ulama mengatakan bahwa membaca sholawat Ibrahimiyah sebanyak seribu kali dapat menjadikan pembacanya melihat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.

Bacaan sholawat Ibrahimiyah.

"Allohumma solli 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad, kamaa sollaita 'alaa aali ibroohim, wa baarik 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad, kamaa baarokta 'alaa aali ibroohim, fil 'aalamiina innaka hamiidummajiid."

Artinya:
"Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim.

Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung."

Loading...
2 dari 3 halaman

Keutamaan sholawat Ibrahimiyah.

foto: freepik.com



Seseorang yang membaca dan mengamalkan sholawat Ibrahimiyah secara ikhlas setiap hari maka akan mendapatkan keutamaan. Adapun keutamaan-keutamaan dari membaca sholawat Ibrahimiyah yaitu sebagai berikut:

1. Rasulullah mengutamakannya di hari Kiamat.

Barangsiapa yang senantiasa bersholawat kepada Rasulullah, maka seseorang itu akan diutamakan saat hari kiamat nanti. Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda:

"Sesungguhnya lebih utama bagiku manusia besok pada hari kiamat, adalah mereka yang lebih banyak membaca Salawat kepadaku." (HR. Turmudzi dari Ibn’ Mas’ud Ra)

2. Mendapatkan syafaat oleh Rasulullah.

Seorang muslim yang konsisten membaca sholawat Ibrahimiyah maka dirinya akan mendapat syafaat dari Rasulullah pada hari kiamat. Imam Ahmad As-Shawi menyebutkan dalam suatu hadits, Rasulullah bersabda:

"Barangsiapa yang membaca shalawat ini (ibrahimiyah) maka aku bersaksi baginya di hari kiamat dengan kesaksian dan aku memberi syafaat baginya." (HR. Imam Bukhari)

3. Diangkat derajatnya oleh Allah.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda:
"Barang siapa yang bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali dan dihapus darinya sepuluh kesalahan, diangkat baginya sepuluh derajat." (HR. An-Nasa’I no. 1296)

Dari hadits tersebut dijelaskan bahwa jika seorang muslim membaca sholawat Ibrahimiyah maka diangkat baginya sepuluh derajat dan akan dihapus sepuluh keburukannya oleh Allah.

3 dari 3 halaman

Manfaat membaca sholawat Ibrahimiyah.


Adapun manfaat dari membaca sholawat Ibrahimiyah setiap hari yaitu sebagai berikut:

1. Bertambah giat dalam menjalankan ibadah kepada Allah.
2. Semakin merasakan nikmatnya berdzikir, sehingga tumbuh kepekaan dan rasa cinta kepada Allah dan Rasulullah.
3. Selalu nyaman dan tentram dalam menjalani kehidupan dan Allah akan memberinya keselamatan di akhirat kelak nanti.
4. Selalu mendapatkan rahmat dan ridha Allah.
5. Hati merasa tenang, gembira dan lapang.
6. Memperkuat hati (keyakinan) dan badan.
7. Menumbuhkan cahaya di hati dan wajah.
8. Bertambah Muroqobah kepada Allah, seolah-olah melihat-Nya saat beribadah.
9. Selamat dari godaan setan, bahaya sihir, guna-guna dari jin dan manusia jahat.
10. Selamat ketika menghadapi pertempuran dengan musuh Allah.
11. Sebagai penyembuhan segala penyakit dengan izin Allah.
12. Jika ada bahaya yang datangnya tidak diketahui, maka akan selamat dengan perlindungan Allah.
13. Untuk mendatangkan segala macam hajat dan mempercepat tercapainya semua cita-cita.

Karena bacaan sholawat Ibrahimiyah terdapat dalam bacaan sholat, yaitu dibaca selesai tahiyat akhir, maka Insya Allah orang yang rajin dan tekun menjalankan ibadah sholat dengan niat karena Allah, akan mendapatkan keutamaan dan manfaat dari sholawat Ibrahimiyah karena selalu dibaca setiap hari.