Brilio.net - Warga Surabaya dihebohkan peristiwa amblesnya Jalan Raya Gubeng pada Selasa (18/12) malam. Peristiwa itu terjadi sekita pukul 21.30 WIB. Jalan di sekitar Rumah Sakit Siloam atau dekat BNI Gubeng arah Jalan Sumatera mendadak ambles. Jalan itu ambles sedalam sekitar 20 meter, lebar 30 meter, dan panjang mencapai 100 meter.

Foto dan video sesaat setelah Jalan Raya Gubeng ambles ini banyak beredar di media sosial. Foto yang ditangkap kamera beberapa warganet ini menunjukkan jalan tersebut ambles cukup dalam. Kondisi itu tidak memungkinkan untuk kendaraan apapun bisa lewat.

Kepolisian Daerah Jawa Timur memastikan tidak adanya korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Timnya langsung menyelidiki kejadian tersebut dan mengalihkan arus lalu lintas.

Berikut ini beberapa fakta terbaru mengenai amblesnya Jalan Gubeng yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/12).

1. Pembangunan basement RS Siloam.

Loading...

fakta amblesnya twitter

foto: Twitter/@Sutopo_PN

Amblesnya jalan Gubeng, Surabaya, diduga karena proyek pengerjaan basement Rumah Sakit Siloam. Sebab lokasi jalan yang ambles tidak jauh dari rumah sakit tersebut. Kepolisian Daerah Jawa Timur mengungkapkan ada beberapa masalah mengenai pembangunan dari basement Rumah Sakit Siloam.

"Ada beberapa temuan. Pada bulan Februari 2018 lalu air mengalir saat penggalian. Harusnya air tidak mengalir," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan di lokasi, Rabu (19/12).

2. Sudah pernah diingatkan Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana.

fakta amblesnya twitter

foto: Twitter/@Sutopo_PN

Dua hari sebelum kejadian amblesnya Jalan Gubeng, Wakil Wali Kota Surabaya, Wisnu Sakti Buana sudah pernah mengingatkan Rumah Sakit Siloam mengenai pembangunan tersebut. Wisnu menjelaskan agar Rumah Sakit Siloam membuat pondasi terlebih dahulu.

3. Polisi periksa tiga pekerja.

fakta amblesnya twitter

foto: Twitter/@merapi_news

Terkait adanya amblesnya Jalan Gubeng diakibatkan proyek pembangunan Rumah Sakit Siloam, polisi segera menyelidi tiga pekerja proyek. Selain menginterogasi ketiganya, polisi juga terus mengumpulkan bukti terkait. "Sementara ada tiga pekerja proyek yang kami amankan dan dimintai keterangan," ujar Kepala Polda Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Luki Hermawan, seperti dilansir brilio.net dari liputan6.com.

4. Arus lalu lintas dialihkan.

fakta amblesnya twitter

foto: Twitter/@infosurabaya

Sementara waktu karena adanya jalan ambles, maka arus lalu lintas harus dialihkan terlebih dahulu. Pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan hingga beberapa hari ke depan.

5. Awalnya dikira gempa.

fakta amblesnya twitter

foto: Twitter/@PuttraPratama

Beberapa saksi mata langsung menuju tempat kejadian setelah mendengar suara gemuruh. Mereka sempat mengira bahwa itu merupakan bencana gempa. Di lokasi, banyak warga yang berlarian panik. Di tempat amblesnya jalan, juga terjadi matinya aliran listrik.

6. Warga diminta mengosongkan rumah di sekitar lokasi kejadian.

fakta amblesnya twitter

foto: Twitter/@Commandsurabaya

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, polisi meminta warga segera mengosongkan rumah-rumah di sekitar Jalan Raya Gubeng. Sebab tanah di sekitar lokasi kejadian masih rawan dan masih bisa bergerak. Polisi juga mengimbau agar masyarakat tidak mendekati lokasi kejadian terlebih dahulu.