Brilio.net - Di era digital, jadi anak muda itu harus kreatif biar bisa bersaing. Banyak cara bisa dilakukan untuk mengembangkan kompetensi agar kemampuan kamu bisa sejalan dengan tuntutan dunia digital. Salah satunya kegiatan IndonesiaNEXT besutan Telkomsel.

Pada edisi kelima kali ini, IndonesiaNEXT 2020 hadir di 13 regional yang mencakup seluruh 34 provinsi di Indonesia. IndonesiaNEXT 2020 dibuka dengan seminar daring bertajuk Agile Talent in Crisis, Selasa (15 Desember 2020) melalui Zoom, MAXstream, dan YouTube Live dengan mengankat topik strategi adaptasi di masa kenormalan baru di lingkungan bisnis akibat pandemi COVID-19.

Peserta diajak mempersiapkan diri dalam menghadapi era Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity(VUCA) dengan menjadi pribadi yang agile dan cepat beradaptasi sehingga dapat bersaing di industri yang sangat dinamis. Webinar Agile Talent in Crisis akan digelar hingga 19 Januari 2021.

"IndonesiaNEXT 2020 menjadi menarik karena hadir dengan metode e-learning sebagai bentuk penyesuaian program dari Telkomsel di tengah masa penuh tantangan ini. Kami memastikan IndonesiaNEXT2020 akan memberikan  pengalaman belajar daring yang terstruktur, efektif, dan efisien dengan dukungan pemateri dan materi yang berkualitas, sehingga setiap peserta dapat menerima manfaat dari inisiatif ini secara maksimal,” ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin.

Pria yang akrab disapa Abe ini pun berharap para peserta memaksimalkan potensi diri di ajang yang merupakan salah satu program CSR unggulan Telkomsel. Lewat ajang ini diharapkan peserta menjadi talenta digital yang mampu berkontribusi besar dalam menggerakkan industri yang terus mengalami perubahan secara dinamis. 

Nah untuk mengetahui keseruan dan tahap penyelenggaraan IndonesiaNEXT2020, simak lima fakta ini.

1. Pemateri berkompeten

IndonesiaNEXT © 2020 brilio.net

Telkomsel juga menghadirkan pemateri dari para talenta Telkomsel di bidang teknologi digital dan big data, seperti UI/UX Research dan Data Science. Mereka berbagi pengetahuan dan keterampilan seiring dengan roadmap Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia.

Mereka juga membagikan pengalaman bekerja di Telkomsel sebagai leading digital telco company di Indonesia yang terus fokus mengembangkan layanan berbasis aplikasi dan pengolahan data.

Nggak cuma itu, khusus untuk penyelenggaraan webinar Agile Talent in Crisis perdana, IndonesiaNEXT 2020 juga mendatangkan Troy Reza Warokka (Chief Operating Officer PT Mahaka Media) yang memberikan perspektif industri telekomunikasi digital yang lebih luas.

2. Beragam program pengembangan kompetensi

IndonesiaNEXT © 2020 brilio.net Dok Telkomsel/IndonesiaNEXT 2019

Ada juga rangkaian program yang mampu mengembangkan kompetensi para peserta lebih jauh lagi. Pertama, seluruh peserta diberi kesempatan mengikuti kuis daring di laman IndonesiaNEXT. Nah 300 peserta dengan skor terbaik di tiap regional akan lanjut menjalani program pelatihan.

Di tahap pelatihan tersebut, peserta ditantang menunjukkan keterampilan dalam menggunakan empat platform produktivitas dan akan dipilih 100 peserta terbaik dari tiap regional untuk mengikuti proses sertifikasi.

3. Sertifikasi berskala internasional

IndonesiaNEXT © 2020 brilio.net

Pada program sertifikasi, IndonesiaNEXT akan memberikan sertifikasi skala internasional kepada seluruh peserta yang berhasil sampai di tahap pelatihan. Lalu akan dipilih 10 peserta per regional untuk mengikuti bootcamp tingkat area berdasarkan skor tertinggi dan waktu tercepat.

IndonesiaNEXT 2020 akan memberikan setidaknya 5 sertifikat bagi para peserta sesuai dengan ketentuan, di antaranya E-Certificate Seminar  of Attendance, E-Certificate Hard Skill  Training  of Complation, Microsoft Office Specialist or Adobe Certified Associate E-Certificate, Communication Skills Training e-certificate serta Program Achievement e-certificate.

4. Seleksi di tahap bootcamp

IndonesiaNEXT © 2020 brilio.net Dok Telkomsel/IndonesiaNEXT 2019

Di tahap bootcamp area yang diselenggarakan secara daring selama 5–7 hari, peserta akan mengikuti pelatihan komunikasi dan presentasi serta pembekalan tentang industri untuk menghadapi babak kualifikasi. Ditahap ini akan menyaring tiga peserta terbaik di tiap regional untuk berpartisipasi di bootcamp tingkat nasional. Peserta yang berhasil lolos ke tahap bootcamp tingkat nasional akan kembali mengikuti berbagai pelatihan dan pembekalan materi secara daring selama 5–7 hari.

5. Presentasi untuk menentukan pemenang

IndonesiaNEXT © 2020 brilio.net Dok Telkomsel/IndonesiaNEXT 2019

Di tahap berikutnya para peserta terpilih akan melakukan presentasi ide di depan panelis yang meliputi pimpinan Telkomsel, pemimpin industri, praktisi, dan tenaga profesional. Pengumuman pemenang IndonesiaNEXT 2020 akan dilakukan di program terpisah pada 2021 mendatang. Telkomsel juga memberikan reward khusus bagi para pemenang.