Brilio.net - Kabar meninggalnya Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho pada Minggu (7/7) di Guangzhou, China menjadi duka bagi seluruh masyarakat Indonesia. Ungkapan duka cita pun terus mengalir bagi pria berusia 49 tahun itu.

Kabar meninggalnya Sutopo disampaikan oleh Direktorat Pengurangan Resiko Bencana BNPB melalui akun resmi Twitternya, Minggu pagi. "Telah meninggal dunia Bapak @Sutopo_PN, Minggu, 07 Juli 2019, sekitar pukul 02.00 waktu Guangzhou/pukul 01.00 WIB. Mohon doanya untuk beliau," demikian pernyataan Direktorat PRB BNPB.

Semasa hidupnya, Sutopo dikenal sebagai sosok yang berdedikasi tinggi terhadap pekerjaannya dalam menyampaikan informasi kebencanaan di Indonesia. Bahkan di tengah penyakit kanker paru-paru yang dideritanya, ia tetap melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi.

Tak heran apabila banyak pihak yang memberikan apresiasi terhadap kegigihan Sutopo menjalankan profesinya itu, mulai dari masyarakat, para figur publik, hingga institusi luar negeri. Pria asal Boyolali, Jawa Tengah itu pun diketahui telah mendapatkan sejumlah penghargaan atas dedikasinya.

Apa saja? Berikut 5 penghargaan yang diterima Sutopo Purwo Nugroho atas dedikasi terhadap pekerjaannya yang dihimpun brilio.net dari akun Instagram @sutopopurwo, Minggu (7/7)

Loading...

1. The First Reponders 2018.

penghargaan sutopo © 2019 brilio.net

Dedikasi Sutopo Purwo Nugroho atas pekerjaannya tak hanya diapresiasi oleh institusi dalam negeri. Pada November 2018, Sutopo Purwo Nugroho mendapatkan penghargaan dari harian terkemuka Singapura, Strait Times.

Nama Sutopo berada di urutan ketiga bersama tokoh-tokoh dunia lainnya yang tak kalah menginspirasi dalam menjalankan tugas meski harus mempertaruhkan nyawanya. Penghargaan itu kemudian ia dedikasikan untuk seluruh pimpinan dan staf BNPB yang telah bekerja keras dalam menjalankan tugas kebencanaan.

"Alhamdulillah mendapat penghargaan The First Responders dari The Straits Times media terkemuka di Singapura. Menghargaan ini untuk seluruh pimpinan dan staf BNPB yang telah bekerja keras dan mencurahkan jiwa raga menangani bencana. Saya hanya penyambung lidah yang mengkhabarkan kepada media dan masyarakat luas," ujar Sutopo lewat akun Instagramnya.

2.Outstanding spokeperson.

penghargaan sutopo © 2019 brilio.net

Dedikasi tinggi Sutopo Purwo Nugroho sebagai juru bicara BNPB mendapat apresiasi berupa penghargaan dari Jakarta Foreign Correspondent Club sebagai outstanding spokeperson atau juru bicara istimewa atas kerja keras dan dedikasinya dalam menyampaikan informasi bencana di Indonesia. Penghargaan tersebut diterima oleh Sutopo pada Desember 2017 lalu.

3. Tokoh Komunikasi Kemanusiaan.

penghargaan sutopo © 2019 brilio.net

Anugerah Komunikasi Indonesia 2018 memberikan penghargaan kepada Sutopo Purwo Nugroho sebagai Tokoh Komunikasi Kemanusiaan pada Oktober 2018 lalu. Tak hanya itu, penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) juga memberikan apresiasi kepada Sutopo sebagai Communicator of The Year.

4. Tokoh Teladan Anti Hoax Indonesia.

penghargaan sutopo © 2019 brilio.net

Dikenal sebagai sosok yang rajin menyampaikan informasi akurat tentang bencana alam di Indonesia, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia MAFINDO) memberikan penghargaan kepada Sutopo Purwo Nugroho sebagai Tokoh Teladan Anti Hoax Indonesia pada Oktober 2018 lalu.

5. IAGI Award 2018.

penghargaan sutopo © 2019 brilio.net

Sutopo Purwo Nugroho mendapatkan penghargaan IAGI Awards 2018 bidang Komunikasi Bencana Alam pada Oktober 2018 lalu. Penghargaan itu diberikan oleh Ikatan Ahli Geologi Indonesia dalam pertemuan ilmiah tahunan. Penghargaan itu diberikan kepada empat tokoh yang dianggap memberikan kontribusi luar biasa di bidang geologi kepada masyarakat luas.