Brilio.net - Seluruh masyarakat di dunia telah menghadapi pandemi selama satu tahun lebih. Saat ini di Indonesia sendiri belum ada tanda-tandanya kasus akan mereda. Justru lonjakan kasus setiap harinya terjadi.

Untuk menghadapi pandemi ini tentu harus dilakukan berbagai usaha untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 ini. Mulai dengan menjalankan berbagai protokol kesehatan hingga program vaksinasi.

Pemerintah Indonesia tengah menjalankan program vaksinasi kepada seluruh masyarakat Indonesia secara gratis. Tentu saja, itu semua demi memutus penyebaran virus Covid-19 dan membuat pandemi ini segera berakhir sehingga kehidupan dan mobilitas warga bisa segera normal seperti biasanya.

Beberapa jenis vaksin tengah diberikan, termasuk salah satunya AstraZeneca yang berhasil diproduksi oleh Universitas Oxford, Inggris. Seperti vaksin pada umumnya, AstraZeneca ini juga memiliki beberapa efek samping yang biasa dirasakan oleh beberapa orang yang sudah disuntikan jenis vaksin yang satu ini.

Namun ada beberapa gejala serius yang diperlukan pemeriksaan dokter setelah menerima vaksin AstraZeneca. Berikut adalah gejala serius setelah terima vaksin AstraZeneca khususnya pada hari ke-4 sampai dengan hari ke-20 yang telah brilio.net rangkum dari Gooddoctor, Kamis (1/7).

1. Sakit kepala yang dirasakan hebat.

2. Pandangan mata yang mulai kabur.

3. Merasakan sesak napas di dalam dada.

4. Mengalami kaki bengkak tepatnya di satu sisi.

Jika terjadi gejala-gejala seperti di atas, maka segera pergi ke fasilitas kesehatan terdekat guna mendapatkan pemeriksaan dengan dokter serta penanganan awal yang tepat.

(brl/red)

(brl/red)