×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
17 Ruas tol ini di resmikan Jokowi pada 4 tahun eranya

View Image

0

BRILIO » Serius

17 Ruas tol ini di resmikan Jokowi pada 4 tahun eranya

Jokowi mengebut sejumlah pembangunan infrastruktur demi kemakmuran rakyat.

(brl/fen)

29 / 11 / 2018 22:31

Brilio.net - Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu program yang terus digenjot pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Hingga penghujung tahun 2018 ini, sudah tercatat 8 ruas jalan tol yang telah diresmikan Jokowi pada 4 tahun masa pemerintahannya. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong penyelesaian ruas-ruas tol baru di berbagai wilayah.

Pembangunan jalan tol yang masif dilakukan bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah guna menurunkan biaya logistik disesuaikan dengan Nawa Cita sebagai visi dan misi Joko Widodo dalam meningkatkan daya saing bangsa Indonesia.

Dilansir dari bpjt.pu.go.id, dalam empat tahun terakhir sejak 2015 hingga 2017, panjang ruas-ruas tol baru di Indonesia bertambah 332 Km. Sementara dari Januari hingga September 2018, panjang jalan tol yang telah beroperasi adalah 136,1 km. Selanjutnya dari Oktober hingga Desember 2018 ditargetkan sebanyak 13 ruas jalan tol dengan total panjang 468,1 Km siap untuk dioperasikan.

Selama empat tahun Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, tercatat sudah 17 ruas jalan tol yang diresmikan. Apa saja itu? Ini 17 ruas jalan tol yang diresmikan Joko Widodo dari awal kepemimpinannya sampai November 2018 ini, Kamis (29/11).

1. Jalan Tol Kertosono-Mojokerto

Loading...

ruas tol jokowi istimewa

foto: bpjt.pu.go.id

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto meresmikan jalan tol Kertosono – Mojokerto Seksi I pada 13 Oktober 2014 yang bertempat di gerbang tol Jombang, Desa Pesantren, Kecamatan Tembelang, Jombang. Jalan Tol Kertosono-Mojokerto ini memiliki panjang 40,50 km dan terbagi dalam 4 (empat) seksi, yaitu Seksi I (Bandar-Jombang) sepanjang 14,41 km, Seksi II (Jombang-Mojokerto Barat) sepanjang 20,15 km, Seksi III (Mojokerto Barat-Mojokerto Utara) sepanjang 5,02 km, Seksi IV (Bandar-Batas Barat) sepanjang 0,92 km.

2. Jalan Tol Gempol-Pandaan

ruas tol jokowi istimewa

foto: bappeda.jatimprov.go.id

Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Jalan Tol Gempol-Pandaan pada 12 Juni 2015 lalu. Jalan Tol Gempol-Pandaan mempunyai panjang 13,61 km. Selain terhubung dengan Jalan Tol Pandaan-Malang, Jalan Tol Gempol-Pandaan juga terkoneksi dengan Jalan Tol Gempol-Pasuruan untuk ke arah timur dan Jalan Tol Porong-Gempol untuk ke arah utara. Jalan Tol Porong-Gempol merupakan bagian dari Jalan Tol Surabaya-Gempol.

3. Jalan Tol Cikopo-Palimanan

ruas tol jokowi istimewa

foto: bpjt.pu.go.id

Presiden Joko Widodo meresmikan beroperasinya Jalan Tol Cikopo-Palimanan pada 13 Juni 2015 lalu. Jalan tol sepanjang 116,75 kilometer ini merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia dan merupakan bagian dari sistem jalan tol Trans Jawa. Jalan Tol Cikopo-Palimanan melintasi 5 kabupaten di Jawa Barat yaitu Kabupaten Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka dan Cirebon.

4. Jalan Tol Surabaya-Mojokerto

ruas tol jokowi istimewa

foto: bpjt.pu.go.id

Joko Widodo meresmikan jalan tol Surabaya-Mojokerto Seksi IV, (Krian - Mojokerto) pada 19 Maret 2016 di Mojokerto, Jawa Timur. Tol Surabaya-Mojokerto atau biasa disebut dengan 'Tol Sumo' merupakan bagian dari Tol Trans Jawa. Tol Sumo membentang sepanjang 36,27 km dan menghubungkan Kota Surabaya dengan Kabupaten Mojokerto.

5. Tol Pejagan-Pemalang

ruas tol jokowi istimewa

foto: bpjt.pu.go.id

Joko Widodo meresmikan pemanfaatan jalan Tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II (Pejagan-Brebes Timur) pada 16 Juni 2016 di Brebes, Jawa Tengah. Pada kesempatan yang sama, Presiden juga meresmikan integrasi sistem transaksi jalan tol cluster 1 yaitu Jakarta – Cikampek – Purwakarta – Padaralarang – Cileunyi dan Cikopo – Palimanan dan cluster 2 yaitu Palimanan – Kanci –Pejagan – Pemalang.

6. Jalan Tol Jombang-Mojokerto

ruas tol jokowi istimewa

foto: merdeka.com

Joko Widodo pada hari Minggu, 10 September 2017 meresmikan jalan tol Jombang - Mojokerto di Jombang, Jawa Timur. Dalam peresmian tersebut, Presiden RI didampingi oleh Menteri PUPR M. Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Pengoperasian jalan tol Jombang - Mojokerto dilakukan secara bertahap. Seksi I (Bandar – Jombang) sepanjang 14,41 KM beroperasi pada 2014, menyusul seksi III (Mojokerto Barat - Mojokerto Utara sepanjang 5,02 KM yang beroperasi pada November 2016. Seksi II (Jombang – Mojokerto Barat) sepanjang 19,9 KM yang baru saja diresmikan.

7. Jalan Tol Semarang-Solo

ruas tol jokowi istimewa

foto: Liputan6.com

Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Semarang-Solo di ruas Bawen-Salatiga di Jawa Tengah pada 25 September 2017. Sebelum diresmikan, ruas tol sepanjang 17,6 KM tersebut telah melakukan uji coba pengoperasian tanpa tarif tol sejak 15 September 2017. Ruas Bawen-Salatiga melengkapi pengoperasian seksi I: Ruas Semarang-Ungaran sepanjang 10,85 KM pada bulan November 2011 dan seksi II: Ungaran-Bawen sepanjang 11,99 KM pada bulan April 2014.

8. Jalan Tol Palembang-Simpang Indralaya

ruas tol jokowi istimewa

foto: merdeka.com

Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Palembang-Simpang Indralaya Seksi I: Palembang-Pemulutan pada Kamis 12 Oktober 2017 yang berlokasi di gerbang Tol Palembang. Jalan Tol Palembang-Pemulutan merupakan bagian dari Jalan Tol Palembang-Simpang Indralaya yang memiliki panjang 7,75 KM. Jalan Tol Palembang-Simpang Indralaya memiliki total keseluruhan panjang sebesar 21,93 KM.

Jalan tol ini merupakan bagian dari ruas Jalan Tol Trans Sumatera (Lampung-Aceh) yang termasuk dalam target pembangunan jalan tol sepanjang 2.700 KM hingga tahun 2019. Jalan Tol Palembang-Simpang Indralaya terdiri dari 3 seksi yaitu: Seksi 1 (Palembang-Pemulutan) yang memiliki panjang 7,75 KM, Seksi II (Pemulutan-Kota Terpadu Mandiri) sepanjang 4,91 KM dan yang terakhir Seksi III (Kota Terpadu Mandiri-Simpang Indralaya) dengan panjang 9,8 KM.

9. Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi

ruas tol jokowi istimewa

foto: kemenkeu.go.id

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan dua jalan tol yaitu Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi di Ruas Kualanamu-Sei Rampah dan Medan-Binjai di seksi Helvetia-Semayang-Binjai pada 13 Oktober 2017 di Gerbang Tol Kualanamu.

Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi pada Seksi 2: Parbarakan-Kualanamu memiliki panjang 7,05 km, Seksi 3: Parbarakan-Lubuk Pakam sepanjang 4,4 km, Seksi 4: Lubuk-Pakam-Perbangun mempunyai panjang 12,8 km, Seksi 5: Perbangung-Teluk Mengkudu 9,6 km, Seksi 6: Teluk Mengkudu-Tebing Tinggi sepanjang 7,8 km. Total keseluruhan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi adalah 61,70 km. Sementara itu untuk seksi 1 Simpang Tanjung Morawa-Simpang Pabarakan 10,75 km dan Seksi 7 Sei Rampah-Tebing Tinggi 9,30 km masih dalam progres konstruksi. Total ruas tol ini mencapai 61,70 km yang menjadi tol terpanjang di Sumatera.

10. Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar

ruas tol jokowi istimewa

foto: merdeka.com

Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar pada Segmen Pelabuhan Bakauheni-SS Bakauheni dan Segmen SS Lematang-SS Kotabaru pada 21 Januari 2018 lalu. Tempat peresmiannya sendiri ada di Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Lampung.

Panjang ruas tol yang diresmikan Jokowi tersebut 8,9 KM dan Segmen SS Lematang-SS Kotabaru sepanjang 5 KM. Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar mempunyai panjang keseluruhan 140,9 Km dan terbagi menjadi 4 seksi, yaitu: Seksi 1 Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun Sidomulyo sepanjang 39,4 KM, Seksi 2 Simpang Susun Sidomulyo-Simpang Susun Kotabaru dengan panjang 40,6 KM, Seksi 3 Simpang Susun Kotabaru-Simpang Susun Metro panjang 29 KM dan Seksi 4 Simpang Susun Metro-Terbanggi Besar sepanjang 31,9 KM.

11. Jalan Tol Ngawi-Kertosono

ruas tol jokowi istimewa

foto: Liputan6.com

Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Ngawi-Kertosono pada Seksi I, II dan III: Ngawi-Wilangan pada 29 Maret 2018, bertempat di Madiun, Jawa Timur. Jalan Tol Ngawi-Wilangan pada Seksi I, II dan III ini memiliki panjang 49,51 KM dan merupakan bagian dari Jalan Tol Ngawi-Kertosono. Jalan Tol Ngawi-Kertosono mempunyai total keseluruhan panjang 87,02 KM dan terbagi menjadi 4 seksi, yaitu: Seksi 1 Ngawi-Madiun sepanjang 20 KM, Seksi 2 Madiun-Caruban memiliki panjang 8,45 KM, Seksi 3 Caruban-Wilangan dengan panjang 21,06 KM dan Seksi 4 Wilangan-Kertosono sepanjang 37,51 KM. Saat ini seksi 4 masih dalam tahap konstruksi.

12. Jalan Tol Kedung Badak-Simpang Yasmin

ruas tol jokowi istimewa

foto: Liputan6.com

Jalan Tol Kedung Badak-Simpang Yasmin ini telah dibuka dan diresmikan pada 7 Juni 2018. Sayangnya, dalam peresmian ini, tidak dihadiri Joko Widodo. Jalan tol yang baru diresmikan ini memiliki panjang 2,05 KM. Jalan tol ini adalah bagian dari jalan tol Bogor Ring Road yang mempunyai total keseluruhan 11,95 KM dan terbagi menjadi 3 seksi, yaitu: Seksi I Sentul Selatan-Kedung Halang sepanjang 3,85 KM yang telah dioperasikan pada tahun 2009, Seksi IIA Kedung Halang-Kedung Badak dengan panjang 1,09 KM yang diresmikan 28 Mei 2014, Seksi IIB Kedung Badak-Simpang Yasmin yang memiliki panjang 2,05 KM yang akan diresmikan pada 29 November 2018 dan Seksi III Simpang Yasmin – Darmaga dengan panjang 3,15 Km masih dalam tahap konstruksi.

13. Jalan Tol Gempol-Pasuruan

ruas tol jokowi istimewa

foto: ksp.go.id

Jalan Tol Gempol-Pasuruan diresmikan oleh Joko Widodo pada 22 Juni 2018 lalu. Jalan Tol Gempol-Pasuruan ini terbentang sepanjang 20,5 KM. Jalan Tol Gempol-Pasuruan terdiri dari 3 seksi yaitu, Seksi I Gempol-Rembang sepanjang 13,9 KM, Seksi II Rembang-Pasuruan dengan panjang 6,6 KM, Seksi III Pasuruan-Grati dengan panjang 13,65 KM yang masih dalam tahap konstruksi. Jalan Tol ini merupakan bagian dari ruas Jalan Tol Trans Jawa (Merak-Banyuwangi) yang menghubungkan Jalan Tol Surabaya-Gempol dengan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo.

14. Jalan Tol Solo-Ngawi

ruas tol jokowi istimewa

foto: bpjt.pu.go.id

Jalan Tol Solo-Ngawi pada segmen Kertasura-Sragen sudah diresmikan oleh Joko Widodo pada 15 Juli 2018 lalu. Peresmian ini bertempat di Gerbang Tol Ngemplak, Boyolali. Jalan Tol Solo-Ngawi mempunyai total keseluruhan panjang 90,43 KM terdiri dari tiga Segmen, yaitu Segmen Junction Kartasura-Karanganyar sepanjang 20,9 KM, Segmen Karanganyar-Simpang Susun Sragen sepanjang 14,3 KM dan Segmen Simpang Susun Sragen-Simpang Susun Ngawi sepanjang 54,9 KM yang beroperasi pada September 2018 ini.

15. Jalan Tol Depok-Antasari

ruas tol jokowi istimewa

foto: bpjt.pu.go.id

Joko Widodo meresmikan pengoperasian Tol Depok Antasari pada seksi I ruas Antasari-Brigif sepanjang 5,8 KM di Gerbang Tol Cilandak Utama, Jakarta Selatan pada 27 September 2018. Bisa dibilang, Jalan Tol Depok-Antasari merupakan jawaban kebutuhan masyarakat terhadap sistem transportasi yang cepat dan nyaman. Diharapkan dengan beroperasinya jalan tol yang menjadi penghubung Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) dengan JORR II dapat memecahkan masalah kemacetan yang sering terjadi di jalan arteri. Khusus untuk Seksi I Antasari-Brigif melintasi lima kelurahan di kawasan Jakarta Selatan dan dua kelurahan di Kota Depok.

16. Jalan Tol Brebes Timur-Simpang Susun Pemalang

ruas tol jokowi istimewa

foto: bpjt.pu.go.id

Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4 dari Brebes Timur hingga Sewaka sepanjang 37,3 KM dan Jalan Tol Pemalang-Batang pada Segmen Sewaka-Simpang Susun (SS) Pemalang sepanjang 5,4 KM pada 9 November 2018.

17. Jalan Tol Sragen-Ngawi

ruas tol jokowi istimewa

foto: merdeka.com

Joko Widodo secara resmi membuka pengoperasian jalan Tol Ngawi-Sragen di kilometer 538 pada Rabu 28 November 2018 lalu. Jalan tol ini bagian dari jaringan jalan Tol Trans Jawa, yang tergabung dalam proyek strategis nasional. Secara keseluruhan, tol ini memiliki panjang 90,43 KM. Jalan Tol Solo-Ngawi terdiri dari tiga tahapan pengoperasian. Tahap I segmen SS Ngawi-Klitik (Ngawi) sepanjang 4 KM telah beroperasi sejak 30 Maret 2018. Tahap II Kartasura-Sragen diresmikan pada 15 Juli 2018. Terakhir, Tahap III Sragen-Ngawi yang telah mendapat sertifikat layak operasi.

Reporter: mgg/renno hadi ananta





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more