Brilio.net - Sejak diumumkannya virus Corona yang mewabah di Indonesia pada Maret lalu, kini jumlah kasus yang terinfeksi virus Corona atau COVID-19 ini pun semakin meningkat. Dilansir brilio.net dari merdeka.com pada Kamis (19/3), Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto mengatakan ada penambahan kasus positif secara signifikan. Sebelumnya diberitakan ada 227 kasus positif, kini tercatat sebanyak 309 orang dinyatakan positif Corona.

Tentu kondisi ini membuat seluruh masyarakat Indonesia meningkatkan kewaspadaan. Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun menghimbau warganya untuk social distancing dan memberlakukan Working From Home (WHF) sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Imbauan dari pemerintah pun diikuti oleh banyak pihak, termasuk kalangan selebriti Tanah Air. Zaskia Adya Mecca ambil tindakan terkait wabah Corona. Ia memboyong anak-anaknya untuk meninggalkan Jakarta. Tentu hal ini mengundang pertanyaan dari warganet yang mempermasalahkan keputusannya untuk bepergian keluar rumah.

Namun demikian, istri dari Hanung Bramantyo ini mengaku telah memikirkan dengan matang-matang mengenai keputusannya meninggalkan Jakarta dan memilih tinggal di Yogyakarta. Keputusan itu juga telah dirundingkan dengan sang suami sebelumnya. Bukan hanya mengisolasi ke Yogyakarta, mereka pun menghentikan segala kegiatan yang harus dilakukan di luar rumah.

alasan Zaskia tinggalkan Jakarta Instagram

Loading...

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

"Kebetulan pas pengumuman isolasi saya dan mas hanung lagi kepisah kota, lalu kita mencoba memutuskan siapa yang nyusul kemana untuk #dirumahaja sampai situasi kondusif. Perusahaan ku ada di Jakarta, kebetulan pas banget harus pindah kantor minggu depan, sedangkan mas hanung baru menstop produksi shooting 2 film di Jogja. Setelah kita masing2 selesaikan urusan kerjaan, lalu jalanin isolasi di rumah masing2 (Jakarta dan Jogja) akhirnya kita memutuskan Jogja mungkin lebih baik buat kami," tulis Zaskia.

Ia mengaku jika Yogyakarta akan lebih kondusif untuk keluarganya dengan rumah dan halaman yang lebih luas. Zaskia juga menjelaskan jika di Jakarta selalu ada tamu yang datang dan banyak yang mengajak ketiga anaknya bermain di luar. Hal ini yang membuat Zaskia semakin khawatir dengan kondisi kesehatan keluarganya.

"Tapi di jogja akan lebih kondusif untuk kami dengan anak banyak, halaman jauh lebih luas, rumah jogja selalu kosong dan jarang sekali di tempati jadi ketika ada kesempatan menempati agak lama lebih baik kami manfaatkan, di jakarta ada saja setiap hari tamu ke rumah walau cuma sekedar lapor kerjaan, anter sesuatu dan anak minta main ke rumah sepupu,temen atau sebaliknya," tulisnya lebih lanjut.

Mengenai imbauan untuk menjaga jarak saat interaksi sosial dan menganjurkan untuk berkegiatan di rumah, Zaskia telah mengantisipasi dengan melakukan perjalanan Jakarta menuju Yogyakarta sendirian tanpa ditemani supir. Bahkan, ia pun tidak berhenti di rest area karena telah menyiapkan makanan untuk ketiga buah hatinya. Sesampainya di rumah, Zaskia dan ketiga buah hatinya langsung masuk tanpa mampir dulu ke tetangga. Zaskia sadar bahwa dirinya dan keluarganya harus menjaga jarak interaksi.

"Persoalan social distancing & kekhawatiran apabila keluar wilayah wabah akan menularkan orang lain. Membuat saya memutuskan Nyetir sendiri 8jam perjalanan jakarta-jogja, bawa bekal sehingga ga perlu berenti jajan, hanya 3x mampir rest area cari toilet paling sepi dan emang kosong semua toilet dan rest area, alhamdulillah dan sampai di jogja lgsg masuk rumah, ga ke tetangga bahkan ga berani mampir ke rumah mertua," tulisnya di akhir caption.