Brilio.net - Artis wanita ini terkenal lewat perannya sebagai Mak Nyak di film Si Doel Anak Sekolah, meski sebenarnya kariernya di dunia hiburan sudah berlangsung jauh sebelum film yang juga dibintangi Rano Karno itu. Artis bernama asli Aminah Cendrakasih itu mengawali karier dari pentas sandiwara sebagai pemain dan penyanyi pada 1955.

Sejak pentas itu, karier wanita kelahiran Magelang 29 Januari 1938 itu melesat. Antara tahun 1955 hingga 1989, Aminah telah membintangi sekitar 101 judul film, baik sebagai pemeran pembantu maupun utama. Di kalangan artis, Aminah dikenal sebagai artis yang cepat menghafal dialog dalam skenario.

Berkat pengabdiannya yang begitu panjang di dunia hiburan Tanah Air, pada 1992 Aminah Cendrakasih mendapat Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional. Dia juga dianugerahi Lifetime Achievement Award dalam Indonesia Movie Awards pada 2013. Puncaknya pada 2016 lalu Aminah dianugerahi Gelar Tanda Kehormatan Presiden Kelas Satyalancana Kebudayaan 2016.

Kini, Aminah terbaring lemah karena sakit yang dideritanya sejak beberapa tahun terakhir. Bahkan, Aminah hanya bisa berbaring di atas tempat tidur di rumah anaknya di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. Meski demikian, Aminah tetap tabah.

"Saya pasrah dengan keadaan saya. Mungkin saya disuruh untuk beristirahat. Dari dulu saya kerja saja, dan sekaranglah saatnya saya bisa beristirahat," ujarnya seperti dikutip brilio.net dari kemdikbud.go.id, Jumat (21/7).

Loading...

Para penggemar film Tanah Air pasti kangen dengan sosok Mak Nyak ini. Nah, foto-foto bersejarah Aminah dari masa muda hingga sekarang yang dihimpun dari berbagai sumber ini bisa sedikit mengobati kerinduan kita semua kepada Mak Nyak. Lekas sembuh dan ceria kembali ya, Nyak!

1. Masa muda Aminah, tahun 1955.

aminah mak nyak Istimewa

foto: commons.wikimedia.org

2. Masih di tahun-tahun awal keartisannya, tahun 1959.

aminah mak nyak Istimewa

foto: wikipedia.org

3. Sejak tahun 1960-an dirinya sudah mulai membintangi banyak film. Kayak gadis Bali nih, dandanannya.

aminah mak nyak Istimewa

foto: instagram/@fotojadoel

4. Sudah makin menua, tapi masih bugar.

aminah mak nyak Istimewa

foto: istimewa

5. Senyumnya meneduhkan.

aminah mak nyak Istimewa

foto: istimewa

6. Kondisi kesehatannya mulai menurun, sehingga harus menggunakan alat bantu untuk berjalan.

aminah mak nyak Istimewa

foto: kapanlagi

7. Menerima penghargaan Inspiring Islamic Women.

aminah mak nyak Istimewa

foto: istimewa

8. Dibesuk Mandra.

aminah mak nyak Istimewa

foto: istimewa

9. Aminah kini hanya bisa berbaring di tempat tidur karena penyakit yang dideritanya. Semoga lekas membaik dan sehat kembali ya, Nyak! Kami semua mendoakanmu.

aminah mak nyak Istimewa

foto: istimewa