Brilio.net - Situasi pandemi virus corona yang tak kunjung mereda memberikan banyak dampak bagi masyarakat. Tak hanya dari permasalahan kesehatan, namun juga dari segi ekonomi yang juga ikut menurun sejak Covid-19 mewabah di Tanah Air pada 2020.

Sejumlah kebijakan untuk menurunkan penyebaran virus corona dinilai mematikan usaha masyarakat menengah ke bawah, terutama yang mengandalkan pemasukan harian. Hal ini tak hanya menuai protes dalam media sosial, namun juga membuat sejumlah pihak ikut angkat bicara.

Musisi sekaligus aktor Didi Riyadi pun ikut menyoroti kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang diselenggarakan pada tanggal 3-20 Juli 2021. Didi mengirimkan surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo.

Melalui akun Instagram pribadinya, Didi menyampaikan apresiasi sekaligus usulan terhadap pemerintah. Dalam unggahan tersebut, Didi menyampaikan penolakannya terhadap perpanjangan PPKM Darurat Jawa dan Bali.

"Kenyataannya kita benar-benar dalam wadah yang mendunia mengakibatkan semua orang harus beradaptasi dengan kenormalan baru termasuk mematuhi prokes dan aturan-aturan baru yang ditetapkan. Dampaknya luar biasa dirasakan oleh masyarakat serta memukul berbagai bidang terutama perekonomian, kesehatan, pendidikan, dunia seni dan hiburan serta bidang lainnya," begitu salah satu ungkapan Didi Riyadi.

Surat terbuka Didi Riyadi untuk Presiden © Instagram

foto: Instagram/@didiriyadi_official

Dalam curahan hati itu, Didi menyampaikan ungkapan terima kasih kepada pihak pemerintah yang sudah berusaha menangani pandemi Covid-19. Di samping itu, ia juga menyampaikan penolakannya terhadap perpanjangan PPKM Darurat di Jawa dan juga Bali.

Menurutnya, hingga saat ini usaha pembatasan aktivitas masyarakat masih belum efektif menekan perkembangan virus corona di Indonesia.

"Faktanya:
a. Sejak awal pandemi sampai dengan sekarang banyak usaha yang gulung tikar, karyawan di PHK-kan, seniman dan musisi tidak lagi bisa manggung.
b. Ternyata PSBB, PPKM atau apapun hal sejenis tidak mampu meredam penyebaran Covid-19," jelas Didi.

Tak hanya menyampaikan keberatannya, drummer band Element itu ikut memberikan usulan agar dilahirkan kebijakan yang lebih memperhatikan masyarakat menengah ke bawah. Ditambahkan pula, ia berharap pihak pemerintah dapat mempertimbangkan terobosan baru yang lebih solutif bagi masyarakat.

Surat terbuka Didi Riyadi untuk Presiden © Instagram

foto: Instagram/@didiriyadi_official

"Menggali ide dan terobosan baru dalam membuat kebijakan yang tidak melulu dan tidak banyak bersifat aturan, tetapi bersifat solutif bagi masyarakat yang terkena imbas ditetapkannya aturan itu. Mendorong pemerintah bukan hanya mengidentifikasi mereka yang terpapar Covid-19, tetapi juga mengidentifikasi mereka yang terdampak pandemi Covid-19 secara ekonomi dengan alat ukur yang tepat," ungkapnya.

Surat terbuka yang disampaikan Didi Riyadi tersebut rupanya mendapatkan banyak respons positif dari sejumlah rekan seleb dan juga masyarakat. Banyak yang memberikan apresiasi dengan penyampaian ide Didi yang dinilai bijak.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Didi Riyadi (@didiriyadi_official)

 

"Tulisan yg sangat Bijaksana & Saya pun sangat setuju, Bravo My Brother," komentar Femmy Permatasari.

"Im with you brader," respons Westny Dj.

"Terima kasih om didi telah mewakili suara dari rakyat kecil seperti kami," begitu ujar akun @hendrasulaeman7609