Brilio.net - Presiden Jokowi telah mengumumkan pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia ke Kalimantan Timur pada konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8). Lokasi ibu kota yakni berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Menurut Jokowi, kawasan dua kabupaten tersebut merupakan daerah yang paling ideal sebagai ibu kota. Tentunya, pemilihan ibu kota sendiri telah melalui kajian dan pertimbangan yang panjang dan matang.

Pemindahan ibu kota baru tentunya disambut antusias oleh sejumlah masyarakat di Indonesia, tak terkecuali para selebriti Tanah Air. Bahkan tak sedikit pula yang menyambut keputusan pemerintah ini dengan positif.

Berikut ini brilio.net rangkum dari berbagai sumber, reaksi para artis tanggapi pemindahan ibu kota baru di Kalimantan Timur, Selasa (27/8).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Yuki Kato.

reaksi seleb ibu kota © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@yukikt

Semasa kecilnya, Yuki Kato ternyata pernah tinggal di Kalimantan Timur. Dikutip dari liputan6.com, ia mengaku pernah mengeyam pendidikan dari playgroup hingga kelas 1 SD di Kalimantan Timur. Yuki menjadi artis yang menyambut baik pemindahan ibu kota.

Menurutnya, Jakarta akan tetap maju meski tak lagi jadi pusat pemerintahan. Apalagi banyak negara-negara lain yang serupa memisahkan pusat pemerintahan dengan pusat perniagaan.

"Kan cuma (pusat) pemerintahannya yang dipindah. Amerika sudah memindahkan pusat pemerintahan ke Washington DC. Seharusnya enggk jadi isu, ya. Selama pemerintah (tetap) melakukan tugasnya dengan baik," ujarnya seperti dikutip dari liputan6.com.

2. Iwan Fals.

reaksi seleb ibu kota © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@iwanfals

Penyanyi Iwan Fals tampaknya menanggapi santai soal pemindahan ibu kota. Melalui akun Twitter pribadinya, usai keputusan Jokowi, Iwan menuliskan beberapa tanggapannya. Ia berharap setelah keputusan ibu kota, susunan kabinet juga bisa disegerakan.

"Ibu kota sudah, tinggal susunan kabinet nih...lebih cepat lebih baik," tulis @iwanfals.

3. Tantri Kotak.

reaksi seleb ibu kota © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@tantrisyalindri

Perasaan bahagia juga dirasakan oleh vokalis band Kotak, Tantri. Baginya, dengan pindahnya ibu kota ke Kalimantan Timur bisa jadi awal pemerataan pembangunan bisa terwujud. Meski sebelumnya banyak pro dan kontra mengenai nasib hutan Kalimantan, Tantri menilai pemerintah pasti sudah memikirkan secara matang.

4. Ardit Erwandha.

Ardit Erwandha salah satu selebriti yang lahir dari Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Belum ini, lewat Twitternya @ArditErwandha, Ardit mengunggah video lucu yang menggabungkan bahasa Indonesia dan bahasa Kalimantan layaknya anak gaul.

5. Kemal Palevi.

reaksi seleb ibu kota © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@kemalpalevi

Sama halnya dengan Ardit, Kemal Palevi adalah komika yang berasal dari Kota Samarinda. Melalui Instagram pribadinya, Kemal mengucapkan selamat tinggal untuk 'gue lo' dan mengajak belajar bahasa Kalimantan.

"Kalau bubuhan ikam ni handak dipadahi anak gaul, coba pang belajar ulun ikam. Biar kada bungul bungul banar jadi anak ibukota wal," tulisnya.

(brl/vin)