Brilio.net - Opera van Java (OVJ) merupakan acara komedi yang ditayangkan salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia. Program acara yang dipandu pelawak ternama seperti Sule, Andre Taulany, Nunung, Parto, dan beberapa lainnya berhasil menjadi salah satu program acara unggulan pada 2008 hingga tahun 2014. Berkat program acara itu, beberapa pelawak Tanah Air berhasil mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Lawakan khas OVJ membuat para pemainnya mencapai puncak karier dan popularitas. Melihat popularitas para pelawak saat ini tentu saja membuat banyak orang penasaran mengenai kehidupan mereka. Tak hanya itu saja, paras lawas mereka pun tak luput dari rasa penasaran publik.

Setelah berjuang keras, kini komedian atau pelawak Tanah Air telah memiliki kehidupan yang mewah dengan memperoleh bayaran yang cukup mahal dari setiap penampilannya. Bagaimana paras lawas mereka?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (24/5), berikut potret lawas 9 pelawak OVJ yang parasnya bikin pangling.


1. Sule.

Potret lawas pelawak OVJ Instagram

foto: istimewa

 

Sule merupakan pelawak Tanah Air yang sudah cukup populer, popularitasnya di dunia hiburan sudah tak diragukan lagi. Bahkan kehidupan pribadi Sule pun tak pernah luput dari sorotan media. Sule sendiri adalah nama julukan pemberian sang ayah yang disingkat dari 'Sunda Bule'.

Sule memiliki penampilan unik, termasuk gaya rambutnya. Sejak masih muda pun penampilan Sule memang sedikit berbeda dari yang lainnya. Siapa sangka, julukan tersebut membawa keberuntungan untuk perjalanan kariernya. Mulai dari muncul di berbagai acara televisi Tanah Air sampai bermain di beberapa film nasional.


2. Parto Patrio.

Potret lawas pelawak OVJ Instagram

foto: YouTube.com/MNCTV

 

Di era 90-an nama Parto Patrio sangat terkenal di tengah-tengah beberapa pelawak lainnya. Patrio sendiri merupakan singkatan nama dari ketiga anggotanya, bersama Eko, Akri dan Parto. Grup lawak yang berdiri sejak November 1994 ini terkenal lewat acara televisi Ngelaba.

Kini Parto sudah begitu sukses, dia kerap hadir di beberapa program acara lawak lainnya bersama beberapa pelawak lainnya termasuk di OVJ. Penampilan Parto dulu hingga kini tidak banyak berubah.


3. Andre Taulany.

Potret lawas pelawak OVJ Instagram

foto: Instagram/@andreastaulany

 

Andre Taulany memang dikenal sebagai komedian yang mengawali kariernya sebagai vokalis band Stinky pada era 90-an. Tak hanya itu saja, bahkan dia berhasil merambah ke dunia akting sebagai aktor lewat film lewat film Cerita Cinta dan Kiamat Sudah Dekat.

Sejak 2009, Andre telah aktif di dunia lawak, OVJ bersama Sule, Parto dan Aziz Gagap. Kini Andre termasuk salah satu seleb yang rajin membuat konten video hiburan untuk channel YouTube-nya.


4. Nunung.

Potret lawas pelawak OVJ Instagram

foto: Twitter/@arbainrambey

 

Pemilik nama asli Tri Retno Prayudati merupakan salah satu pelawak perempuan yang begitu sukses. Perempuan asal Solo ini terkenal pertama kali lewat sinetron Si Doel Anak Sekolahan sebagai Nunung adik Karyo (Basuki) dan grup lawak legendaris Srimulat.

Nunung pernah mendapat penghargaan Pemeran Komedi Wanita Terfavorit pada Panasonic Awards 1999. Kehidupan asmaranya terbilang tak semulus kariernya. Nunung juga tergabung di OVJ bersama yang lainnya.

Hingga kini namanya masih bersinar. Potret lawas Nunung memang berhasil menarik perhatian, dia terlihat begitu polos dan sangat manis.


5. Denny Cagur.

Potret lawas pelawak OVJ Instagram

foto: Instagram/@dennycagur

 

Pria bernama asli Denny Wahyudi ini memulai kariernya sebagai pelawak lewat ajang pencarian bakat. Sebelum terkenal dan bersolo karier seperti saat ini, dia kerap manggung bertiga dengan Cagur. Lawakannya yang kocak selalu berhasil membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal.

Denny menjadi salah satu pelawak yang memiliki popularitas tinggi hingga kini. Bahkan kehidupannya pun terbilang mewah. Potret lawas Denny Cagur terlihat memang cukup berbeda dari sekarang, dulu Denny terlihat lebih kurus.


6. Rina Nose.

Potret lawas pelawak OVJ Instagram

foto: KapanLagi.com

 

Pelawak cantik, Rina Nose mengawali karier dengan mengikuti audisi pelawak di salah satu program televisi swasta. Berkat bakat serba bisanya seperti bernyanyi, presenter, melawak hingga akting, membuat Rina Nose menjadi sosok yang diperhitungkan di dunia entertainment.

Hingga kini Rina masih aktif di dunia hiburan. Rina memiliki penampilan anggun sejak dulu, hanya saja kelakuannya yang kocak abis.


7. Wendy Cagur.

Potret lawas pelawak OVJ Instagram

foto: Instagram/@wendicagur

 

Sama dengan Denny Cagur, Wendy Cagur juga mendapatkan popularitas tinggi di dunia lawak. Hingga kini dia masih menjadi salah satu satu pelawak yang diperhitungkan.

Jika diperhatikan, Wendy kini sudah tidak memiliki rambut alias botak. Dulu Wendy memiliki penampilan sangat stylish, dia terlihat sangat tampan.


8. Gilang Dirga.

Potret lawas pelawak OVJ Instagram

foto: Instagram/@komeng.fc

 

Gilang Dirga merupakan seleb multitalenta yang begitu diidolakan. Dia bisa berakting seperti apa saja. Sebagai seorang pembawa acara, aktor, dan pelawak sekaligus, eksistensi Gilang di dunia hiburan kian bersinar dari hari ke hari.

Gilang juga menjadi salah satu pelawak OVJ yang masih aktif hingga saat ini sebagai presenter. Dia terbilang sangat sukses. Potret lawas Gilang terlihat sangat tampan bukan? Postur tubuhnya yang tinggi dan wajah yang manis, membuat Gilang Dirga terlihat menawan.


9. Komeng.

Potret lawas pelawak OVJ Instagram

foto: Instagram/@komeng.fc

 

Pemilik nama asli Alfiansyah merupakan pelawak legend. Sebelum menyelami dunia lawak, Komeng lebih dulu menjadi penyiar radio SK Jakarta dari 1993 sampai 1996. Berbagai macam acara lawak pernah dibintanginya, dari Spontan, Asep Show, sampai Meng Dot Kom.

Memiliki selera humor yang tinggi membuat Komeng masih menjadi salah satu pelawak yang diperhitungkan.