Brilio.net - Dangdut merupakan musik yang begitu dekat dengan masyarakat Indonesia. Tak hanya orang tua saja, anak muda juga menggandrungi musik dangdut. Menurut beberapa sumber, dangdut merupakan paduan musik lokal khas Indonesia dengan musik film India dan Malaysia, serta musik rock Barat. Keren banget kan?

Paduan musik ini pertama kali diperkenalkan di Jakarta sekitar akhir 1960-an. Kemudian musik dangdut mencapai puncak popularitasnya pada 1970-an serta 1980-an. Hingga kini musik dangdut memiliki popularitas tinggi di kalangan orang tua maupun anak muda.

Berbicara mengenai musik dangdut, tentu tak lepas dari pelantunnya. Yap, di Indonesia banyak penyanyi dangdut senior yang sudah dikenal sejak lama, mereka berhasil membawakan selera musik yang menarik untuk kalangan pecinta musik Indonesia, sebut saja Rhoma Irama, Elvy Sukaesih, Meggy Z, dan masih banyak lainnya lagi.

Menariknya, pedangdut senior Tanah Air ini tidak hanya memiliki suara merdu, namun mereka juga sukses dalam dunia akting. Jika kamu pernah menyaksikan film-film lawas era 70 hingga 80-an, maka kamu sudah tidak asing dengan para pedangdut Tanah Air ini.

Penampilan lawas penyanyi dangdut saat akting ini jelas bikin pangling jika dibandingkan dengan penampilannya yang sekarang. Penasaran siapa saja? Berikut brilio.net lansir dari berbagai sumber, Senin (20/3).

1. Rhoma Irama.

penyanyi dangdut saat main film Berbagai sumber

foto: Instagram/@trengginas.antik

Penyanyi yang dijuluki Raja Dangdut ini sudah berkarya sejak usia 11 tahun. Untuk mencapai puncaknya sekarang, Rhoma Irama melewati banyak rintangan. Mulai dari band Gayhand pada 1963, pindah ke Orkes Chandra Leka, hingga akhirnya membentuk band sendiri, Soneta pada 13 Oktober 1973, saat itulah namanya mulai bergema di penjuru negeri.

Sukses di dunia musik, pria berusia 75 tahun ini terjun ke dunia sinematografi. Tak sedikit film yang diperankannya saat sedang berada di puncak karier. Dari data yang diluncurkan PT Perfin, hampir semua film yang dibintanginya selalu laku dipasaran. Salah satu yang cukup terkenal adalah Satria Bergitar yang dirilis pada 1984.

2. Elvy Sukaesih.

penyanyi dangdut saat main film Berbagai sumber

foto: Istimewa

Tak kalah populer dari Rhoma Irama, Elvy Sukaesih juga dikenal sebagai Ratu Dangdut, sepanjang kariernya dia telah memberikan penampilan luar biasa termasuk ketika duet bareng Rhoma Irama.

Putri dari pasangan Muhammad Ali dan Rohayah Asisah ini sudah memulai karier bermusiknya sejak masih duduk di kelas 3 sekolah dasar. Memasuki usia 14 tahun, Elvy menikah dengan dengan pria keturunan Arab, Zaidun Zeth. Pasangan ini pun dikaruniai enam orang anak, Haedar, Fitria, Ali Zaenal Abidin, Syechsans, Wirdha Sylvina, dan Dhawiya Zaida.

Pada 1977, ELvy mengepakkan sayapnya ke dunia akting. Beberapa film yang dibintanginya, Asoy, Penasaran, Jalal Kojak Palsu, Tiada Seindah Cintamu, Cinta Rojali dan Zuleha, Cubit-Cubitan, Senggol-Senggolan, Mandi Madu, Gaya Merayu, dan masih banyak lainnya.

Karier musik dan aktingnya imbang. Setidaknya sudah lebih dari 1500 lagu yang tersebar di berbagai album milik perempuan kelahiran 1951 itu.

3. Rita Sugiarto.

penyanyi dangdut saat main film Berbagai sumber

foto: YouTube/Armin Ishak

Rita Sugiarto sukses menjadi penyanyi yang kerap disandingkan dengan Rhoma Irama, keduanya menjadi pasangan duet paling populer di Indonesia. Seperti yang diketahui, Rita berkarier bersama Soneta pada 1976.

Tak hanya sukses menjadi teman duet Rhoma, dia juga berhasil memperlihatkan kemampuan akting bersama Rhoma Irama, seperti dalam film Gitar Tua, Berkelana dan Darah Muda.

4. Mansyur S.

penyanyi dangdut saat main film Berbagai sumber

foto: YouTube/Luki Purwanto

Mansyur Subhawannur yang lebih dikenal dengan Mansyur S merupakan penyanyi dangdut paling terkenal pada masa. Pada 1969 Mansyur S merilis album perdananya Pesan Perpisahan. Saat itulah namanya mulai melejit dan lagu-lagu yang dibawakan sukses di pasaran.

Penyanyi yang kini berusia 73 tahun ini juga sempat menjajal dunia seni peran. Dia bermain di film Khanna pada 1980. Dalam film itu dia beradu akting dengan mendiang Muni Cader dan penyanyi cantik, Diana Yusuf.

5. Ikke Nurjanah.

penyanyi dangdut saat main film Berbagai sumber

foto: Instagram/@diky.rahmayadi

Ikke Nurjanah menjadi pedangdut yang sangat dikagumi hingga sekarang ini. Pemilik nama Hartini Erfi Nurjanah ini sudah mencintai dunia tarik suara sejak dini. Tak heran memang, ayahnya Abdul Pihar Tanjung merupakan seorang seniman pemain biola lagu-lagu Melayu Deli. Sehingga Ikke terbiasa mendengarkan musik Melayu.

Selain bernyanyi, Ikke juga sempat memperlihatkan kemampuan aktingnya dalam beberapa judul film, Berbagi Suami (2006), Berlian Si Etty (2013), dan beberapa lainnya.

6. Dewi Perssik.

penyanyi dangdut saat main film Berbagai sumber

foto: YouTube/Rely_pebri 22

Pemilik nama lengkap Dewi Murya Agung ini terkenal di jagad permusikan dangdut Indonesia berkat Goyang Gergaji. Kariernya di dunia musik terbilang cukup bagus. Bahkan tidak hanya bernyanyi saja, perempuan yang akrab disapa Depe ini juga sukses menjadi bintang film dan presenter.

Beberapa film yang dibintanginya bergenre horor, Tali Pocong Perawan, Tiren: Mati Kemaren, Ku Tunggu Jandamu, Setan Budeg, hingga Pantai Selatan. Sejak saat itu kariernya terus memuncak, dan bertahan hingga hari ini.

(brl/guf)

(brl/guf)