Brilio.net - Generasi 1970-an tentu akrab dengan berbagai lagu anak yang hingga saat ini masih sangat populer. Sebut saja lagu berjudul Anjing Kecil Helly yang sangat populer dan paling melekat di hati generasi 1970-an yang dipopulerkan oleh Chicha Koeswoyo.

Tak hanya Chicha Koeswoyo saja penyanyi cilik yang terkenal dan menjadi idola saat itu. Sederet nama penyanyi cilik yang populer pada era 1970-an ini juga membuktikan bahwa lagu anak pada masa tersebut sangat dicintai.

Setelah puluhan tahun berlalu, ada yang masih eksis di dunia hiburan dan ada pula yang terjun ke dunia politik serta bisnis. Pesona para penyanyi cilik era 70-an juga tetap awet.

Nggak percaya? Yuk, intip potret dulu dan kini tujuh penyanyi cilik era 70-an, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (26/7).

1. Adi Bing Slamet.

Potret dulu dan kini penyanyi cilik era 70-an dari berbagai sumber

foto: Facebook/Indonesia Tempo Doeloe ; Instagram/janahabs

Bukan hanya dikenal sebagai penyanyi cilik, Adi Bing Slamet juga sempat tampil dalam film Generasi Kocak: 90an vs Komika hingga sinetron Jagoan Wushu di MNC TV. Selama berkarier di dunia tarik suara, mertua dari Rizky Alatas ini sempat merilis 20 album termasuk duetnya bersama Iyut Bing Slamet dan Chicha Koeswoyo.

Sekarang ini, Adi tampaknya memilih untuk tak lagi menjajal dunia hiburan. Dia justru memilih untuk mendedikasikan masa tuanya pada keluarga.

2. Chicha Koeswoyo.

Potret dulu dan kini penyanyi cilik era 70-an dari berbagai sumber

foto: Facebook/Indonesia Tempo Doeloe ; Instagram/@chichakoeswoyo

Chicha Koeswoyo dinobatkan sebagai pencetus kehadiran album anak-anak, sekaligus pencetus kemunculan penyanyi cilik di Indonesia. Keberhasilannya tersebut memunculkan cukup banyak talenta berbakat dari anak-anak seusianya pada 1970-an silam.

Saat ini Chicha diketahui sudah tak lagi terlibat di industri musik tanah air. Dia justru terlihat sangat bahagia dan menikmati perannya sebagai seorang ibu, setelah menikah dengan Andi Indra Kesuma dan memiliki buah hati yang bernama Andi Rahmat Aqil Kesuma dan Andi Kinaya Putri.

3. Ira Maya Sopha.

Potret dulu dan kini penyanyi cilik era 70-an dari berbagai sumber

foto: Facebook/Indonesia Tempo Doeloe ; Instagram/@irams2168

Dikenal sebagai tokoh Cinderella pada operet Cinderella yang dipentaskan pada 1978, sosok Ira Maya Sopha perlahan mulai dikenal masyarakat. Sempat vakum beberapa tahun, dia diketahui kembali eksis usai membintangi film Berbagi Suami, Quickie Express, hingga yang terakhir Insya Allah Sah.

Bukan hanya itu, wanita 53 tahun itu bahkan sempat menjadi juri di ajang pencarian bakat bernyanyi anak-anak Idola Cilik. Dan kini, ibu empat anak tersebut tengah sibuk menekuni beberapa bisnis miliknya mulai dari fashion hingga kuliner.

4. Diana Papilaya.

Potret dulu dan kini penyanyi cilik era 70-an dari berbagai sumber

foto: Facebook/Indonesia Tempo Doeloe ; Twitter/@diana_papilaya

Nama Diana Papilaya mulai melejit saat album perdananya di tahun 1976 mendulang kesuksesan. Tak hanya bernyanyi, Diana ini juga sempat menjajal dunia akting seperti sinetron Liontin dan bahkan menjadi presenter di beberapa stasiun televisi. Hingga kini dirinya lebih banyak tampil di acara off air.

5. Puput Novel.

Potret dulu dan kini penyanyi cilik era 70-an dari berbagai sumber

foto: Facebook/Indonesia Tempo Doeloe ; Instagram/@puputnovel_

Darah seni yang mengalir dari orang tuanya, membuat Puput Novel dikenal sebagai penyanyi sejak usianya masih anak-anak dan diketahui memiliki 28 album cilik. Tak hanya bernyanyi, wanita 46 tahun ini juga sempat menjajal dunia akting bahkan menjadi presenter di beberapa stasiun televisi.

Kecintaan Puput Novel terhadap industri hiburan membuatnya masih saja terus berkarya. Dia sempat terjun ke politik dengan mencalonkan diri sebagai Calon Anggota DPR RI Dapil DKI II dari Partai Golkar.

6. Astri Ivo.

Potret dulu dan kini penyanyi cilik era 70-an dari berbagai sumber

foto: Facebook/Indonesia Tempo Doeloe ; Instagram/@astrie_ivo

Artis peran sekaligus penyanyi Astri Ivo sejak kecil telah terjun di dunia hiburan Tanah Air. Sempat menghilang dari dunia hiburan lantaran berkuliah di Jerman, pemilik nama lengkap Astrie Feizaty Ivo tersebut kini tampil sebagai seorang pendakwah.

Tak hanya itu, wanita 56 tahun ini juga sempat membintangi film Surga Menanti dan Iqro: My Universe. Dia bahkan menyebut bahwa dirinya sengaja menerima tawaran film tersebut lantaran dirinya bisa berakting sekaligus berdakwah.

7. Nourma Yunita.

Potret dulu dan kini penyanyi cilik era 70-an dari berbagai sumber

foto: Instagram/@Jadoel_81 ; Instagram/@nourmayunitanew

Nourma Yunita terkenal ketika membawakan lagu Kakek yang Sakti pada era 1970-an. Nourma juga pernah tampil di film Pokoknya Beres (1983) bersama Warkop DKI.

Pada masa kariernya, wanita kelahiran 6 Juni 1965 ini pernah membuka usaha di bidang konstruksi. Ia juga pernah menjadi pembawa acara Country Road di TVRI, bergantian dengan Tantowi Yahya.

Nourma menikah dengan Adilwan Emran Astrawinata dan mempunyai dua anak, masing-masing Airlangga dan Aurandi.

(brl/gib)

(brl/gib)