Brilio.net - Penggemar film mandarin pasti sudah tak asing dengan nama besar aktor laga seperti Jackie Chan, Andy Lau, Jet Li hingga Chow Yun Fat. Mereka dikenal sebagai spesialis film-film laga yang dan telah membintangi banyak sekali judul film. Tak hanya film mandarin tapi juga film internasional di luar negara mereka.

Tak tanggung-tanggung, mereka melakukan berbagai adegan ekstrem tanpa menggunakan bantuan stuntman. Memanjat gedung, berkelahi, dan adegan ekstrem lainnya, mereka lakoni dengan sangat maksimal.

Hal inilah yang membuat para penonton benar-benar terbawa suasana tegang saat menyaksikan aksi mereka. Tak hanya aktingnya saja yang memukau, pesona mereka pun tak kalah membuat penggemar tergila-gila.

Para aktor yang dulu terkenal dengan aksi laganya di film Mandarin saat ini sudah menua. Namun penampilan dan kharisma dari para aktor laga Mandarin era 90-an ini tak pernah luntur sejak muda.

Nah, buat yang penasaran bagaimana potret dulu dan kini aktor laga Mandarin 90-an, berikut brilio.net rangkum 7 potretnya dilansir dari berbagai sumber pada Minggu (21/11).

1. Tentu semuanya sudah nggak asing lagi dengan nama aktor legendaris Jackie Chan ini. Jackie Chan kerap wira-wiri membintangi film-film laga Mandarin. Saat ini Jackie Chan sudah berusia 67 tahun dan masih aktif membintangi sejumlah film Mandarin, seperti Vanguard yang rilis pada 2020.

potret dulu dan kini aktor laga Mandarin 90-an © Instagram

foto: Instagram/@jackie_chan_arm dan @jackiechan

2. Andy Lau terkenal sebagai bintang film laga sejak tahun 80-an. Film laga yang dibintangi Andy Lau juga kerap menjadi film populer. Saat ini Andy Lau sudah berusia 60 tahun. Aktor laga ini juga masih selalu aktif membintangi sejumlah film laga hingga saat ini, salah satunya film Endgame yang rilis tahun 2021.

potret dulu dan kini aktor laga Mandarin 90-an © Instagram

foto: Instagram/@mr.andylau

3. Jet Li yang ikonik memerankan karakter legendaris China ini memang tak pernah mengikuti kursus akting, namun ia sudah berlatih bela diri sejak umur 8 tahun. Kini Jet Li mengurangi kegiatannya di dunia hiburan dan lebih fokus melakukan meditasi serta membaca tulisan suci ajaran Buddha untuk menstabilkan kondisi dari penyakit tiroid yang dialaminya.

potret dulu dan kini aktor laga Mandarin 90-an © Instagram

foto: Instagram/@jetlimovie dan @jetli

4. Stephen Chow merupakan aktor laga yang kocak. Di setiap filmnya selalu terdapat adegan komedi yang bikin penontonnya nggak bisa nahan tawa. Aktor berusia 59 tahun yang sempat dikabarkan terlilit hutang ini mulai menghidupkan kembali kariernya dengan berkolaborasi dengan Tencent Video dalam memproduksi film online.

potret dulu dan kini aktor laga Mandarin 90-an © Instagram

foto: Instagram/@stephenchow622

5. Donnie Yen merupakan aktor Mandarin yang sering membintangi film action. Keahliannya dalam seni bela diri selalu membuat penonton terpukau. Makin tua makin hits, aktor berusia 58 tahun ini akan beradu akting bersama Keanu Reeves dalam film John Wick 4 yang dijadwalkan rilis pada tahun 2022 mendatang.

potret dulu dan kini aktor laga Mandarin 90-an © Instagram

foto: Instagram/@donnieyenofficial

6. Nama Chow Yun Fat dikenal publik sebagai seorang aktor film laga. Aktor 66 tahun ini pun masih cukup aktif di dunia hiburan. Terakhir kali, Chow Yun Fat bermain di film Project Gutenberg yang dirilis tahun 2018 bersama Aaron Kwok.

potret dulu dan kini aktor laga Mandarin 90-an © Instagram

foto: Instagram/@chowyunfat_fanpage

7. Sammo Hung merupakan salah satu aktor laga yang populer sejak tahun 80-an. Setelah menghasilkan karya-karya terkenal, Sammo Hung memilih untuk istirahat dari dunia hiburan di usia senja. Terbaru, media China mengabarkan bahwa Sammo Hung kini menggunakan kursi roda saat beraktivitas.

potret dulu dan kini aktor laga Mandarin 90-an © Instagram

foto: Instagram/@sammo_hung_fanpage

(brl/guf)

(brl/guf)