Brilio.net - Bukan hal mudah bertahan di industri hiburan dalam waktu lama. Apalagi jika harus memerankan karakter yang sama, seperti sosok nenek-nenek dalam drama Korea. Bahkan terkadang karakter nenek ini jarang disorot karena penonton lebih fokus pada pemeran utama.

Namun, di sinilah hebatnya para aktris veteran pemeran nenek dalam setiap drama Korea. Puluhan tahun menggeluti karakter yang sama, membuat mereka justru dilabeli sosok ikonik oleh para penggemar drama Korea.

Di setiap drama Korea, kamu pasti bakal menemukan salah satu dari delapan aktris veteran ini. Saking kerennya, bahkan sampai ada yang menang Oscar lho. Siapa saja mereka? Brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber, Senin (10/5).

1. Kim Mi-kyung.

Potret 8 pemeran nenek ikonik di Drama Korea dari berbagai sumber

foto: Instagram/@tvndrama.official

Kim Mi-kyung merupakan aktris veteran yang mendapatkan julukan 'Motherly Queen'. Beragam drama Korea hits pun pernah dibintanginya sejak tahun 80-an. Selain memerankan karakter nenek-nenek bagi cucunya, ia juga masih sering mendapatkan peran sebagai seorang ibu.

Beberapa drama Korea hits yang pernah dibintanginya, seperti It's Okay to Not Be Okay, Hi Bye, Mama, Her Private Life, Go Back Couple, 20th Century Boy and Girl, Another Miss Oh, dan The Heirs.

2. Kim Hae-sook.

Potret 8 pemeran nenek ikonik di Drama Korea dari berbagai sumber

foto: Instagram/@tvndrama.official

Kim Hae-sook sangat dikagumi perannya sebagai ibu maupun nenek dalam setiap drama Korea. Ia bahkan sering memerankan karakter ibu dari pemeran utama.

Di Korea, Kim Hae-sook dijuluki sebagai 'National Mother' berkat peran ibu yang sering diterimanya dalam drama Korea. Beberapa drama Korea hits yang pernah dibintanginya, antara lain Winter Sonata, Pinocchio, I Can Hear Your Voice, Autumn in My Heart, Mother, Hospital Playlist dan yang terbaru ada Start Up.

3. Kim Sun-young.

Potret 8 pemeran nenek ikonik di Drama Korea dari berbagai sumber

foto: thefangirlverdict.com

Sebenarnya Kim Sun-young bisa memegang peran apapun termasuk menjadi nenek. Tetapi, akting yang paling terkenal adalah ketika menjadi sosok ibu dalam drama Crash Landing On You dan Reply 1998.

Beberapa drama Korea hits yang pernah dibintangi Kim Sun-young, antara lain Crash Landing On You, Reply 1988, Because This Is My First Life, Backstreet Rookie, Moment at Eighteen, dan Her Private Life.

4. Kim Young-ok.

Potret 8 pemeran nenek ikonik di Drama Korea dari berbagai sumber

foto: Twitter/@thekingkdrama

Di Korea Kim Young-ok dijuluki sebagai 'Nation's Grandma'. Bukan tanpa alasan, ia sudah menggeluti dunia akting sejak 1957. Dia bahkan sangat jago membuat karakter yang diembannya menjadi sangat ikonik.

Boleh dibilang hampir sebagian besar para pencinta drama Korea mengetahui perannya. Beberapa drama populer yang pernah dibintangi Kim Young-ok adalah Coffee Prince, Birth of a Beauty, Shopaholic Louis, Welcome to Waikiki, Her Private Life, Love Alarm dan The King: Eternal Monarch.

5. Lee Il-hwa.

Potret 8 pemeran nenek ikonik di Drama Korea dari berbagai sumber

foto: Instagram.com/leeilhwa_22la

Lee Il-hwa kerap disebut sebagai salah satu contoh bagaimana figur ibu seharusnya diperankan seorang aktris. Dari karakter ibu yang ambisius, ibu kandung yang telah lama hilang, sampai ibu yang tinggal di pedesaan, semua karakter tersebut bisa diperankan Lee Il-hwa dengan sukses.

Beberapa drama Korea terkenal yang pernah dibintangi oleh Lee Il-hwa adalah Reply 1988, You Who Came From The Stars, Doctor Stranger, Her Private Life, A Man in A Veil, Choco Bank, dan She Was Pretty.

6. Youn Yuh-jung.

Potret 8 pemeran nenek ikonik di Drama Korea dari berbagai sumber

foto: Instagram/@minarimovie

Youn Yuh-jung mendapatkan popularitas global berkat perannya sebagai nenek dalam film AS berjudul Minari. Ia bahkan sukses memenangkan Piala Oscar. Aktris senior kelahiran 19 Juni 1947 ini selalu sukses memerankan karakter keibuan penuh emosi dengan keunikannya.

Selain Minari, Youn Yuh-jung telah membintangi sejumlah drama Korea, seperti A Good Lawyer's Wife, Be Strong, Geum Soon!, The King 2 Hearts, Canola, Boomerang Family, dan The Old Garden.

7. Lee Jung-eun.

Potret 8 pemeran nenek ikonik di Drama Korea dari berbagai sumber

foto: dramabeans.com

Nama Lee Jung-eun melambung berkat perannya sebagai pembantu rumah tangga di film pemenang Oscar, Parasite. Ia bukanlah aktris baru di industri film maupun drama Korea.

Aktingnya tak hanya sekadar jadi ibu-ibu yang mengerikan, tetapi ia juga jago banget memerankan sosok ibu yang penyayang. Beberapa drama Korea yang pernah dibintangi Lee Jung-eun, antara lain Weightlifting Fairy Kim Bok Joo, Fight For My Way, My Holo Love, While You Were Sleeping, The Light In Your Eyes, dan Hi Bye, Mama!

8. Lee Hyo-choon.

Potret 8 pemeran nenek ikonik di Drama Korea dari berbagai sumber

foto: YouTube/MBCdrama

Lee Hyo-choon dikenal berkat perannya yang begitu ikonik. Peran Lee Hyo-choon sebagai ibu atau nenek pun kini sudah tak terhitung. Beberapa drama Korea terkenal yang sukses dibintanginya adalah Everybody, Kimchi!, Three Brothers, You Are The Only One, My Lovely Family, dan Winter Sonata.