Brilio.net - Dikaruniai seorang anak adalah anugerah terindah bagi semua wanita di dunia. Apalagi bila ini merupakan pengalaman pertamanya menyandang status sebagai ibu setelah menikah.

Meski begitu, menjadi seorang ibu bukanlah hal mudah lho. Setelah berjuang panjang saat hamil sampai melahirkan, wanita mengerahkan hampir semua tenaganya untuk mengurus buah hati. Malam menjadi terasa panjang karena kesibukan menyusui, mengganti popok, hingga menidurkan anak.

Nggak heran, sejak zaman dahulu ada perawatan tradisional khusus untuk para ibu yang baru melahirkan. Salah satunya adalah pilis. Umumnya, pilis dibuat dari campuran rempah seperti kunyit, kenanga, kencur, dan daun ganti.

Pilis dipercaya mampu meringankan pusing dan membuat penglihatan menjadi jernih usai melahirkan. Rupanya sampai saat ini, cara tradisional tersebut masih banyak digunakan oleh para wanita, termasuk pula selebriti Tanah Air. Usai melahirkan, mereka rutin menggunakan ramuan pilis di dahinya.

Kira-kira siapa aja sih, deretan seleb tersebut? Berikut 6 seleb Tanah Air yang pakai pilis usai melahirkan, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (15/9).


1. Setelah melahirkan putri keduanya, Thania, Sarwendah terlihat beberapa kali mengenakan pilis di dahinya. Ia memilih menjaga tubuh dengan resep yang sudah turun temurun ini.

foto: Instagram/@sarwendah29



2. Ayu Dewi merasakan manfaat mengenakan pilis setelah melahirkan. "Dingin-dingin semriwing rasa kepala," tutur Ayu.

foto: Instagram/@mrsayudewi



3. Pengalaman pertama menjadi ibu, Paula Verhoeven juga tak sungkan memakai pilis usai melahirkan putranya, Kiano.

foto: Instagram/@paula_verhoeven



2 dari 2 halaman


4. Melahirkan anak kembar tentu bukan hal yang mudah bagi Syahnaz. Namun ia masih bisa merawat diri dengan menggunakan pilis meski sedang menyusui buah hatinya.

foto: Instagram/@syahnazs



5. Sensasi dingin pilis yang ditempel ke dahi bisa membuat ibu merasa lebih rileks. Cara tradisional ini sudah diterapkan Vicky Shu sejak lama.

foto: Instagram/@vickyshu



6. Ussy Sulistyawati baru saja melahirkan anak keempat. Ia menggunakan pilis sebagai ramuan tradisional untuk ibu usai melahirkan. Kegiatan ini juga sudah dilakukannya sejak melahirkan anak ketiga.

foto: Instagram/@ussypratama