Brilio.net - Pernikahan menjadi momen penting bagi semua orang. Menjelang pernikahan, ada beragam hal yang harus dipersiapkan sepasang calon pengantin. Mulai dari hal-hal yang bersifat opsional seperti foto prewedding, hingga hal-hal primer, seperti persyaratan administrasi dan berbagai upacara adat termasuk siraman.

Mengulik lebih jauh, tradisi siraman yang berarti memandikan ini biasanya dilakukan oleh suku Jawa dan Sunda. Calon pengantin menjalani ritual tersebut beberapa hari menjelang hari pernikahan. Memandikan calon pengantin sebelum hari pernikahan dipercaya sebagai simbol membersihkan diri secara lahir dan batin sebelum menjalani hidup rumah tangga.

Beberapa selebriti pun melangsungkan tradisi siraman dalam rangkaian prosesi pernikahan mereka. Momen ini dilakukan setelah menggelar pengajian.

Penampilan para seleb ini pun begitu memesona. Mengenakan busana kemben batik berbalut bunga melati yang menutupi dada, membuat aura mereka semakin terpancar.

Biar nggak makin penasaran, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/10), penampilan seleb saat acara siraman jelang nikah.

1. Tradisi siraman juga dilakukan oleh artis cantik, Cut Meyriska yang berasal dari Aceh. Tradisi jelang pernikahan ini disebut Semanoe Pucok. Mengenakan busana warna kuning dan berbalut bunga melati, paras ayu Cut Meyriska kian terpancar.

foto: Instagram/@dierabachir

2. Tania Nadira memesona dengan kemben batik warna pink dan bunga melati saat melakoni siraman jelang menikah.

foto: Instagram/@tanianadiraa

3. Mengenakan kemben kuning dengan bunga melati yang menutupi dadanya, membuat aura Anissa Aziza begitu terpancar kala menjalani proses siraman.

foto: Instagram/@anissaaziza

4. Citra Kirana juga menggelar rangkaian acara sakral sebelum prosesi pernikahan. Ia tampak cantik mengenakan kebaya dengan hiasan bunga melati serta hijab berwarna krem.

foto: Instagram/@imagenic

5. Menjelang pernikahan dengan Baim Wong pada November 2018 lalu, Paula juga tampak menjalani prosesi adat siraman. Penampilannya kala itu begitu memesona.

foto: Instagram/@paula_verhoeven

6. Kemben hijau dengan bunga melati membuat penampilan Mytha Lestari makin anggun. Ia pun begitu bahagia melangsungkan prosesi adat tersebut.

foto: Instagram/@mythalestari

7. Ardina Rasti yang memiliki darah Jawa juga nggak melewatkan prosesi siraman. Ia menggunakan sembilan sumber mata air, seperti air zam-zam, air dari sumur masjid Sunan Kudus, air dari sumur RA Kartini, hingga air sumur Keraton Surakarta.

foto: Instagram/@younand

8. Mengenakan dari kain batik hijau dan dihiasi bunga melati, penampilan Momo Geisha saat prosesi siraman begitu memesona. Sang bunda pun tampak telaten memandikan putrinya.

foto: Instagram/@therealmomogeisha

2 dari 2 halaman

9. Penampilan Sheza Idris kala siraman juga tak kalah memesona. Sang ayah dan ibunya terlihat mendampingi Sheza dengan membilas kepalanya sembari membacakan doa.

foto: Instagram/@shezaidris

10. Saat melakukan prosesi siraman jelang pernikahannya dengan Dude Harlino, Alyssa Soebandono tampil cantik menggunakan hijab.

foto: Twitter/@thecustom

11. Adik kandung Zaskia Adya Mecca, Rifqa Malsyita juga nggak kalah memesona saat menjalani prosesi siraman jelang menikah.

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

12. Mengikuti tradisi jawa, Raisa juga menggelar prosesi siraman. Momen tersebut pun sukses membuat aura cantik dari paras Raisa begitu terpancar.

foto: Instagram/@thebridestory

13. Suasana mengharukan tampak terlihat di momen siraman Nia Ramadhani. Pemeran Bawang Merah Bawang Putih hingga meneteskan air mata.

foto: Kapanlagi.com

14. Aura cantik begitu terpancar pada paras Gya Sadiqah. Pada momen siraman tersebut, Gya mengenakan kemben berhias mawar.

foto: Instagram/@gyaps

15. Terbaru, Atries Angel yang melangsungkan momen siraman dengan mengusung adat Sunda. Atries tampak cantik dengan bunga melati yang menutupi tubuhnya.

foto: Instagram/@bridemarket_id