Brilio.net - Saat ini banyak konsep rumah yang bisa dijadikan inspirasi sebelum membangun rumah. Dengan konsep yang unik dan sesuai dengan diri si pemilik, rumah akan lebih terasa nyaman dihuni. Beberapa konsep ini misalnya etnik, modern, hingga yang ramah lingkungan.

Rumah dengan konsep ramah lingkungan biasanya menggunakan material-material yang aman bagi lingkungan seperti kayu, listrik hemat energi, atau rumah yang dipenuhi banyak tanaman untuk menghasilkan udara segar. Konsep ini bisa juga disebut green living atau eco living.

Karena kecintaan pada tanaman dan ingin membuat rumah ramah lingkungan, beberapa artis memiliki hunian dengan konsep green living. Dengan konsep ini, rumah yang mereka tinggali nampak lebih asri.

Nah, berikut penampakan rumah deretan seleb dengan konsep green living yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (31/12).

1. Mark Sungkar.

seleb dengan rumah ramah lingkungan © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@marksungkar

Mark Sungkar memiliki sebuah hunian di kawasan Bogor, Jawa Barat. Rumah ini memiliki empat lantai yang didominasi bahan kayu. Tak hanya dinding dan lantai, hampir seluruh perabotannya juga terbuat dari kayu. Mark memilih kayu sebagai bahan bangunan rumahnya karena menganggap rumah kayu lebih sehat dibandingkan rumah beton.

Meski terbuat dari kayu, rumah Mark Sungkar tetap terlihat mewah dan elegan. Di sekitarnya banyak pepohonan dan tanaman-tanaman yang dirawat oleh Mark. Sehingga, rumah yang ia huni tersebut terlihat asri, sehat, dan lebih ramah lingkungan.

2. Agus Kuncoro.

seleb dengan rumah ramah lingkungan © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@aguskuncoroadi

Agus kuncoro mengambil konsep eco living untuk rumahnya. Selain itu, Agus juga memadukan gaya industrial pada beberapa ruangan dalam rumahnya. Perpaduan dua konsep ini memberikan kesan sejuk dan nyaman di dalam rumah.

Dengan lantai kayu dan perabotan berwarna cokelat serta putih, membuat halaman rumah Agus Kuncoro yang dihiasi dengan beberapa tanaman hias menimbulkan kesan sejuk dan asri.

3. Ghaida Tsurrayya.

seleb dengan rumah ramah lingkungan © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@gdaghaida

Ghaida Tsurrayya adalah anak sulung dari pendakwah Aa Gym. Ghaida merupakan seorang influencer berhijab yang kerap membagikan pengalaman pribadinya melalui media sosial.

Ghaida juga kerap memperlihatkan beberapa sudut rumah miliknya. Rumah yang saat ini dihuninya, memiliki konsep eco living. Dengan konsep ini, rumah Ghaida nampak sejuk dan asri karena ada beberapa tanaman di setiap sudut rumah.

4. Widi Mulia dan Dwi Sasono.

seleb dengan rumah ramah lingkungan © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@thesasonosfam

Pasangan Widi Mulia dan Dwi Sasono memiliki sebuah hunian yang ramah lingkungan. Melalui Instagram keluarga mereka, Widi dan Dwi kerap memperlihatkan beberapa momen kebersamaan dengan anak-anak di dalam rumah yang terlihat teduh dan nyaman.

Mengambil konsep ramah lingkungan, membuat Widi dan Dwi memasukkan banyak material kayu dan barang bekas yang bisa digunakan lagi sebagai perabotan rumah. Banyaknya unsur tanaman dan ruang terbuka membuat rumah tersebut juga memberikan kenyamanan yang lebih bagi penghuninya.

5. Dewi Lestari.

seleb dengan rumah ramah lingkungan © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@deelestari

Sebagai tempat tinggal sekaligus spot menemukan inspirasi, Dewi Lestari membangun sebuah hunian nyaman dengan konsep eco living. Ternyata, rumah ramah lingkungan ini adalah desain karya Ridwan Kamil.

Dengan mengusung konsep eco friendly, Dewi Lestari memiliki sebuah taman di halaman rumahnya dilengkapi vertikal garden, atau sejumlah tanaman yang menempel pada salah satu sudut dinding rumah.

Selain itu, Dewi juga memilih lampu LED untuk penerangan rumahnya karena dianggap lebih hemat energi dan minim toksin karena lampu LED tidak mengandung merkuri seperti bola lampu pada umumnya, sehingga lebih ramah lingkungan.

6. Ustaz Yusuf Mansur.

seleb dengan rumah ramah lingkungan © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@yusufmansurnew

Ustaz Yusuf Mansur memiliki sebuah rumah yang luas dan nyaman. Pendakwah kondang ini memiliki rumah dengan konsep green living yang memiliki halaman luas, serta ditumbuhi pepohonan. Tak heran bila nampak asri untuk ditempati.

Di bagian depan, terdapat sebuah taman bernuansa hijau karena dihiasi banyak tumbuhan. Di sini, ada pula kolam ikan. Tak hanya depan rumah saja yang dipenuhi tumbuhan, rooftop rumah Ustaz Yusuf bahkan digunakan sebagai kebun untuk menanam tanaman.

7. Andien.

seleb dengan rumah ramah lingkungan © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@andienaisyah

Penyanyi Andien Aisyah juga memiliki hunian yang ramah lingkungan. Dengan memadukan tema etnik tropis, membuat rumah Andien nampak nyaman dihuni. Beberapa perabotan kayu dan tanaman hias menghiasi sudut rumah Andien sehingga terlihat asri dan cozy.