Brilio.net - Kabar mengejutkan datang dari Farhat Abbas. Usai menjenguk Ahmad Dhani yang mendekam di Rutan Cipinang, ia mengaku ditunjuk sebagai kuasa hukum keluarga Ahmad Dhani bersama dengan Lieus Sungkharisma. Mereka diangkat menjadi kuasa hukum dengan alasan untuk melakukan penangguhan penahanan dan juga agar Dhani menjadi tahanan kota.

Hal ini sebenarnya cukup mengejutkan. Sebab selama ini diketahui Farhat dan keyboardist Dewa 19 ini sering berseteru, baik di media sosial hingga ke ranah hukum. Namun meski dulu pernah berkonflik, Farhat mengaku kini dirinya akan membantu Ahmad Dhani sebagai pengacara.

"Tadi Mas Ahmad Dhani menunjuk Bang Lieus sebagai juru bicara keluarga dan dia minta saya bergabung khususnya di pengurusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Oleh karena itu kita menyarankan kepada keluarga Ahmad Dhani untuk mengajukan permohonan penangguhan penahanan," ujar Farhat di Rutan Cipinang Kelas I, Jakarta Timur, seperti dilansir brilio.net dari laman merdeka pada Kamis (7/2).

Meski demikian kabar tersebut dibantah langsung oleh kuasa hukum Ahmad Dhani, Ali Lubis. Ia membantah bahwa Farhat Abbas dan Lieus Sungkharisma menjadi kuasa hukum keluarga. Ia menyebut yang menjadi kuasa hukum resmi dalam kasus yang menimpa Dhani adalah dirinya, Hendarsam Maratoko dan Tim Advokasi Cinta Tanah Air (ACTA).

Pernyataan Farhat soal menjadi kuasa hukum keluarga pentolan Dewa 19 ini memang agak mengejutkan. Selain dulunya sering berkonflik, untuk urusan politik keduanya juga berseberangan. Seperti diketahui, saat ini Farhat merupakan anggota Tim Kampanye Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Sedangkan Dhani ada di kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Loading...

Nah, sebenarnya hubungan Dhani dan Abbas sejak dulu memang selalu jadi sorotan masyarakat. Mereka pernah punya konflik yang cukup memanas kala itu, hingga dikabarkan sudah saling memaafkan.

Berikut kilas balik perjalanan pasang surut hubungan antara Ahmad Dhani dan Farhat Abbas, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (7/2).

1. Awal perseteruan tahun 2013.

pasang surut hubungan dhani abbas © berbagai sumber

foto: merdeka.com

Perseteruan memanas pada tahun 2013. Keduanya yang dikenal sangat vokal di Twitter, saling serang cuitan. Permasalahan semakin meruncing ketika anak bungsu Ahmad Dhani terkena kasus kecelakaan di Tol Jagorawi. Melalui akun Twitter miliknya, Farhat menyebut jika kesalahan ada pada Dhani yang dianggap tak bisa mendidik anak.

2. Farhat ditantang adu tinju oleh El.

pasang surut hubungan dhani abbas © berbagai sumber

foto: merdeka.com

Twitwar saling sindir ini bahkan dampaknya sampai ke anak-anak. Pada November 2013, El Jalaludin Rumi, anak kedua Ahmad Dhani, bahkan sampai menantang Farhat Abbas untuk adu tinju di ring.

Rencana pertandingan ini bahkan sudah sempat didaftarkan ke Persatuan Tinju Amatir (Pertina) DKI Jakarta. Namun tidak dapat terlaksana karena tidak mendapat restu dari Pertina DKI Jakarta.

3. Dari cuitan menuju ke meja hijau.

pasang surut hubungan dhani abbas © berbagai sumber

foto: Instagram/@farhatabbastv

Penghujung tahun 2013, Dhani akhirnya melaporkan Farhat ke pihak kepolisian atas tuduhan pencemaran nama baik. Suami dari Mulan Jameela ini membawa bukti 140 tweet dari akun Farhat yang dikumpulkan sejak September hingga Oktober 2013.

Tak tinggal diam, Farhat juga ikut melaporkan balik Ahmad Dhani. Mantan suami Nia Daniati itu menggugat tim pengacara Ahmad Dhani yang ternyata belum disumpah oleh perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi). Meski demikian kasusnya sebagai terlapor lebih dulu diproses.

4. Farhat Abbas tersangka, cek-cok di Twitter masih terus berlanjut.

pasang surut hubungan dhani abbas © berbagai sumber

foto: Instagram/@ahmaddhaniprast

Sejak Februari 2014, Farhat secara resmi ditetapkan sebagai tersangka pencemaran nama baik. Ia akhirnya menjalani tahanan kota selama 20 hari. Meski demikian, perseteruan mereka masih tetap berlanjut di Twitter. Bahkan pengacara tersebut sempat membuat tagar #pengacarapalsu. Ini tentu sindiran untuk kuasa hukum Dhani yang menurutnya belum disumpah Peradi.

Pada sidang praperadilan perdana pada 10 Agustus 2015, pengacara ini sempat memberi alasan kalau tweet yang disampaikannya untuk Dhani merupakan bentuk dari kritik. Ia beralasan kalau Dhani memberikan kunci dan membelikan mobil. Maka dari itu ia pantas disalahkan.

5. Sempat saling memaafkan.

pasang surut hubungan dhani abbas © berbagai sumber

foto: Instagram/@farhatabbastv

Akhirnya pada Februari 2016, Farhat Abbas secara terbuka menyampaikan maaf kepada Dhani. Meski saat itu proses hukum masih terus berlanjut. Mereka yang sama-sama sempat terseret kasus dugaan penghinaan presiden ini sempat mengaku sudah tak menaruh dendam terkait perseteruannya itu.

6. Farhat mengaku menjadi kuasa hukum keluarga Ahmad Dhani.

pasang surut hubungan dhani abbas © berbagai sumber

foto: merdeka.com

Ahmad Dhani yang sedang menjalani hukuman atas kasus ujaran kebencian dijenguk oleh Farhat Abbas pada Rabu (7/2). Usai menjenguk sosok yang sempat membuatnya menjadi tersangka, Farhat mengaku kalau telah ditunjuk Dhani untuk menjadi pengacara keluarganya. Namun pernyataannya ini sudah dibantah oleh kuasa hukum Ahmad Dhani, Ali Lubis.