Brilio.net - Prestasi gemilang baru saja ditorehkan Claudia Emmanuela Santoso di ajang internasional. Tampil memukau sejak babak blind auditions, Claudia Emmanuela akhirnya keluar sebagai juara dalam ajang The Voice of Germany 2019 pada Minggu (10/11). Pencapaian Claudia tersebut pun disambut hangat oleh masyarakat Indonesia.

Di media sosial, nama Claudia Emmanuela menjadi perbincangan hangat warganet yang turut bahagia sekaligus bangga dengan keberhasilan cewek asal Cirebon, Jawa Barat ini. Perjalanan Claudia untuk meraih kesuksesan tidaklah mudah. Sebelum bersinar di ajang The Voice of Germany, Claudia sempat mengikuti beberapa ajang pencarian bakat di Indonesia.

Keberhasilan Claudia dalam meraih gelar juara The Voice of Germany membuat publik kembali teringat komentar dari Saipul Jamil. Pasalnya, Claudia sempat menerima komentar pedas dari Saipul Jamil saat dirinya mengikuti ajang Mamamia 2014. Membawakan lagu dari Utopia berjudul 'Mecintaimu Sampai Mati', Saipul menyebut jika suara Claudia kaku bak es batu.

"Kalau kamu merasakan makan es batu yang keras, yang kaku, yang dingin, yang dingin dan linu itu sama kayak perasaan saya waktu nge-denger suara kamu seperti itu. Kaku, linu, keras, eeeh..." ungkap Saipul Jamil seperti dikutip brilio.net dari akun Facebook Guntoro Tedjosuganda, Rabu (13/11).

Loading...

Tak cukup sampai di situ, mantan suami Dewi Perssik ini juga menambahkan komentar pedas lainnya. Pedangdut yang akrab disapa Bang Ipul ini juga menyebut jika penampilan Claudia di atas panggung sama kakunya dengan suaranya.

"Walaupun kamu berusaha untuk mencairkan dengan gaya kamu, apalagi gaya kamu juga terlalu kaku, aduuh," tambah Saipul Jamil.

Pada ajang Mamamia tersebut langkah Audi harus terhenti di babak 11 besar. Pencapaian Audy yang baru saja keluar sebagai juara The Voice of Germany membuat komentar pedas Saipul Jamil jadi sorotan publik. Banyak yang warganet yang mengatakan jika suara Claudia lebih matang saat tampil di ajang The Voice.

Tak sedikit juga warganet yang melontarkan kritikan bagi Saipul Jamil lantaran dianggap kurang pantas sebagai juri. Claudia Emmanuela juga menjadi contoh kalau kritik dan kegagalan yang pernah ia terima tak cukup untuk menghentikan langkahnya. Kegagalan tersebutlah yang kemudian menjadi bekalnya saat mengikuti ajang The Voice of Germany.