Brilio.net - Pulau Dewata memang memiliki daya pikat di mata dunia. Tak hanya nyaman untuk berlibur, tapi manjur untuk melepas penat dari segala rutinitas pekerjaan. Selain keindahan alam yang masih terjaga, budaya dan ramah tamah yang masih dipegang teguh oleh masyarakatnya juga menjadi salah satu alasan seseorang ingin menetap di Bali.

Daya tarik Bali tersebut, ternyata juga menarik perhatian seseorang untuk bertempat tinggal di sana. Seperti halnya Jessica Iskandar yang baru saja mengumumkan bahwa dirinya akan menetap di Bali, setelah sebelumnya ia menghabiskan beberapa hari untuk berlibur di Bali bersama anaknya.

Beberapa waktu lalu Jessica Iskandar memberikan pengumuman mengejutkan melalui unggahan foto di Instagramnya, bahwa ia akan pindah dan menetap tinggal di Pulau Dewata Bali bersama anak semata wayangnya, El Barack.

Jedar lakukan melukat © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@inijedar

Loading...

"Dear followers,

Aku dan EL Barack memutuskan untuk pindah ke Bali dan menetap disini. Semoga ini menjadi awal yang baru untuk kita, Amin," tulis Jessica.

Setelah keputusannya itu, Jessica melakukan sebuah ritual adat bali untuk memohon izin dan berkat dari Tuhan untuk tinggal di Bali. Ritual ini dinamakan 'Melukat'. Melukat yaitu sebuah upacara membersihkan dan menyucikan malapetaka seseorang yang diakibatkan oleh pengaruh hari kelahiran dan Tri Guna (Satwam, Rajas, Tamas) yang tidak seimbang dalam dirinya. Secara keseluruhan, upacara ini adalah upacara untuk membersihkan diri agar suci dari hal-hal negatif.

Jedar lakukan melukat © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@inijedar

"Melukat saat purnama, memohon ijin dan berkat dari Tuhan untuk tinggal di Bali. Semoga berkah dan berkat bagi kita semua, di bersihkan dari segala yang kurang baik dan di dekatkan dengan kebaikan dan kasih sayang. Amin," tulis Jessica.

Dilansir brilio.net dari Kapanlagi.com, tradisi Melukat tersebut dilakukan Jessica di Pura Tirta Empul. Dalam ritual itu, Jessica mandi di bawah pancuran yang ada di Pura tersebut dan menjalankan serangkaian ritual dipandu oleh seorang Pemangku di Bali.

Pesona jedar usai pindah ke Bali © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@inijedar 

Sebelum melakukan ritual ini, sebagaimana unggahan di Instagram pribadinya, Jedar tampak menyempatkan diri untuk melakukan perawatan seperti mewarnai kuku dan memakai masker dari emas di salah satu rumah spa di di Bali.

Jedar lakukan melukat © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@inijedar