Brilio.net - Kelahiran seorang bayi dalam ajaran Islam harus dirayakan dengan cara akikah. Proses ini dilaksanakan sebagai bentuk kebahagiaan atas karunia Allah SWT yang telah memberikan keturunan pada pasangan suami istri. Upacara akikah biasanya dilakukan dengan prosesi penyembelihan hewan ternak seperti kambing, yang lalu dibagi-bagikan kepada keluarga dan tetangga.

Akikah bisa dilakukan sederhana, tapi banyak pula yang menggelarnya secara meriah. Seperti halnya para selebriti Tanah Air, mereka terkadang memiliki tema tersendiri saat melaksanakan akikah anaknya. Baru-baru ini pedangdut Lesty Kejora baru saja melaksanakan akikah buah hatinya, Muhammad Leslar Al-Fatih Billar atau lebih akrab disapa Baby L. Momen tersebut disiarkan langsung oleh stasiun televisi swasta, sehingga mengundang perhatian banyak orang.

Tak hanya Lesty yang mengundang perhatian publik saat menggelar acara akikah putranya, namun juga sederet penyanyi lainnya. Berikut brilio.net lansir dari berbagai sumber, Rabu (19/1).

1. Lesty Kejora.

Momen akikah 9 anak penyanyi Instagram

foto: Instagram/@lestykejora

Lesty Kejora dan Rizky Billar menggelar acar akikah putranya di kediamannya. Disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi swasta, acara akikah baby L berlangsung khidmat.

Diketahui Rizky Billar memotong dua ekor kambing untuk momen tersebut. Menariknya, sederet selebriti papan atas hadir untuk ikut mendoakan putra pertama Lesty dan Billar.

2. Rizki D'Academy.

Momen akikah 9 anak penyanyi Instagram

foto: Instagram/nadyamustikarahayu

Pernikahan Rizki D'Academy dengan Nadya Mustika Rahayu, dikaruniai seorang anak laki-laki, Baihaqqi Syaki Ramadhan pada April 2021. Memasuki usia 2 bulan sang anak, Nadya pun tampak menggelar acara akikah. Meski terkesan sederhana, namun perayaan itu begitu khidmat, dihadiri orang-orang terdekat.

Momen akikah 9 anak penyanyi Instagram

foto: Instagram/twcatering

Nadya mengusung tema sederhana dengan paduan putih dan biru. Bingkisan makanan akikah baby Syaki, penuh pernak pernik dengan warna biru dan putih.

3. Zaskia Gotik.

Momen akikah 9 anak penyanyi Instagram

foto: Instagram/@drgdevya

Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud dikaruniai seorang putri pada 7 November 2020, bernama Arsila Bungalia Sirkiani. Momen akikah itu berlangsung pada 20 November 2020. Meski tak mengundang banyak tamu, namun momen akikah tersebut tetap terkesan meriah dengan dekorasi elegan serba pink.

Tak hanya dekorasinya saja yang jadi sorotan, paras cantik nan menggemaskan Arsila juga jadi perhatian. Pasalnya Arsila disebut sangat mirip dengan ayahnya.

4. Ashanty.

Momen akikah 9 anak penyanyi Instagram

foto: Instagram/@azriel_hermansyah ; @ashanty_ash

Pada 2017, Ashanty dan Anang Hermansyah menggelar acara akikah putra keduanya Arsya Akbar Pemuda Hermansyah. Menariknya, perayaan akikah itu diadakan dua kali di hari yang sama, yakni pukul 10.00-11.00 WIB untuk keluarga, sedangkan di pukul 12.00 WIB digelar untuk tamu-tamu yang diundang.

Anang dan Ashanty melakukan hal itu bukan tanpa alasan, mereka tidak ingin suasana terasa sesak karena dipenuhi banyak orang. Sehingga, membagi dua menjadi dua acara pilihan yang bijak.

Momen akikah Arsya memang begitu meriah kala itu, bahkan bisa dikatakan akikah anak seleb meriah pada 2017. Sederet artis ternama Tanah Air pun hadir di pada kesempatan itu.

5. Audy Item.

Momen akikah 9 anak penyanyi Instagram

foto: Instagram/@audyitem

Pada 2018, Audy Item dan Iko Uwais menggelar acara akikah putri keduanya, Aneska Layla Putri Uwais. Momen tersebut diselenggarakan di sebuah hotel di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Menariknya, tidak hanya momen akikah putrinya yang menarik perhatian, namun penampilan Audy Item tuai pujian lantaran penampilannya yang sangat cantik.

6. Ussy Sulistiawaty.

Momen akikah 9 anak penyanyi Instagram

foto: YouTube/Ussy Andhika Official

Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama dikaruniai anak laki-laki, Sakalingga Ibra Pratama. Momen akikah yang digelar pada 2020 ini terbilang sederhana, Ussy hanya mengundang orang terdekat untuk makan siang bersama. Acara itu pun diunggah Ussy ke YouTube Ussy Andhika Official. Tidak ada dekorasi khusus, seperti selebriti lainnya.

Meski begitu, suasana akikah terasa begitu menyenangkan. Ada banyak makanan lezat yang disuguhkan mulai dari sate dan gulai kambing hingga bakso tersedia di meja untuk makan.

7. Dinda Hauw.

Momen akikah 9 anak penyanyi Instagram

foto: Instagram/@irawati1318

Pasangan muda Dinda Hauw dan Rey Mbayang, mengadakan momen akikah putranya, Arshakalif Muhammad Mbayang pada 11 Juli 2021. Momen tersebut digelar ketika usia sang buah hati belum genap satu bulan.

Dinda dan Rey Mbayang memilih desain bernuansa abu-abu, cokelat dan biru. Ada pula beberapa pernak-pernik, seperti balon dan lainnya. Momen tersebut dihadiri beberapa teman keduanya.

8. Zaskia Sungkar.

Momen akikah 9 anak penyanyi Instagram

foto: Instagram/@zaskiasungkar15

Setelah sekian lama, akhirnya Zaskia Sungkar dan Irwansyah dikaruniai seorang bayi laki-laki yang diberi nama Ukkasya Muhammad Syahki. Acara akikah Ukkasya bertepatan dengan perayaan ulang tahun pernikahan ke-11 ayah dan ibunya.

Momen tersebut terasa begitu menyenangkan, karena Zaskia dan Irwansyah membuat dekorasi khas anak-anak, dan pilihan beragam warna cerah. Ada pula permainan anak-anak, sehingga terasa menyenangkan.

9. Shireen Sungkar.

Momen akikah 9 anak penyanyi Instagram

foto: Instagram/@shireensungkar

Pada 2018, Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu melangsungkan acara akikah bagi buah hati ketiga mereka, Cut Shafiyyah Mecca Al Fatih. Anak perempuannya tersebut lahir pada 17 April 2018.

Meski usianya belum genap sebulan, pasangan memutuskan untuk menggelar acara akikah buah hati ketiganya, yang kerap dipanggil dek Cut Sya. Acara yang digelar di kediamannya ini belangsung khidmat dam dihadiri keluarga terdekat.

Akikah anak ketiganya, Shireen dan Teuku Wisnu menggunakan konsep warna putih dan emas yang elegan sebagai dekorasi momen akikah.