Brilio.net - Perayaan Idul Adha selalu dinantikan oleh setiap umat muslim. Momen ini jadi satu kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama keluarga dan menimba pahala dengan ikut berkurban sapi maupun kambing.

Selain mempersiapkan hewan kurban, Idul Adha juga identik dengan ibadah haji ke Tanah Suci. Namun, ditengah pandemi yang masih berlangsung, ibadah haji urung dilaksanakan demi mencegah penularan semakin meluas.

Tak bisa ke Tanah Suci, beberapa seleb pun mengungkapkan kerinduannya saat berada di Makkah dan melihat langsung Ka'bah. Mengunggah momen tersebut lewat Instagram, para seleb berharap agar pandemi lekas berakhir, agar umat Muslim bisa kembali ke Tanah Suci.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, berikut seleb yang mengenang momen saat ke Tanah Suci pada Senin (19/7).

1. Paula Verhoeven.

seleb kenang pergi ke tanah suci © instagram

foto: Instagram/@paula_verhoeven

Baru-baru ini, Paula Verhoeven membagikan kenangan saat ia pergi ke Tanah Suci bersama sang suami, Baim Wong. Tengah mengandung Kiano, Paula berharap agar suatu saat bisa kembali diberi kesempatan untuk berangkat ibadah Haji.

"MasyaAllah Tabarakallah #tbt Kangen bgt kesana, ini waktu Kiano 7bulan di perut mama, semoga kita diberi kesempatan dan kesehatan utk bs berkunjung lg menjadi tamu Allah," tulis Paula.

2. Zaskia Adya Mecca.

seleb kenang pergi ke tanah suci © instagram

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

Hal serupa juga diungkapkan oleh Zaskia Adya Mecca. Istri Hanung Bramantyo ini mengungkapkan kerinduannya bisa menyusuri Tanah Suci dan menatap Ka'bah secara langsung.

"Rindu berada disana… dekat dan bisa menatap ka’bah.. menyusuri kota dimana Rasulullah pernah berada… Kesibukan setiap saat hanyalah menunggu waktu shalat selanjutnya atau berziarah ke tempat penuh sejarah islam," terangnya.

3. Tantri Kotak.

seleb kenang pergi ke tanah suci © instagram

foto: Instagram/@tantrisyalindri

Menjalankan ibadah ke Tanah Suci bersama sang suami, Arda Naff, Tantri juga merindukan momen tersebut dan berharap agar bisa kembali ke tempat yang paling indah di Arab.

"Masha Allah Rindu.. Semoga kita semua bisa dipertemukan di tempat yang paling indah dan mustajab ini, aamiin YRA," ungkapnya.

4. Irwansyah.

seleb kenang pergi ke tanah suci © instagram

 

foto: Instagram/@irwansyah_15


Irwansyah turut mengenang saat ia mendapat kesempatan menjalankan ibadah di depan Ka'bah. Suami Zaskia Sungkar ini juga berdoa semoga pandemi Covid-19 segera berakhir, agar bisa kembali ke Tanah Suci.

"MasyaAllah rindu banget ,pingin banget kesana ya Allah , tlg jgn Engkau beri penghalang antara kami dgn baitullah , pingin sujud disana dan udah banyak banget yg pingin di curhatin ya Rabb... Hilangkan wabah ini... Panggilah kami kesana lagi ya Allah," doa dan harapan Irwansyah.

5. Puput Melati.

seleb kenang pergi ke tanah suci © instagram

foto: Instagram/@puputmelati

Mengunggah foto hitam putih, istri Ustaz Guntur Bumi, Puput Melati begitu merindukan momen menunaikan ibadah ke Tanah Suci. Ia mengenang momen tersebut saat ia bisa memegang Ka'bah.

"Meski Raga tak Hadir.. Namun hati ini hadir. Ya Allah...ampuni kami.. Masih saja hamba datang kepadaMU dengan membawa dosa. Masih saja hamba datang kepadaMU dengan membawa keluh kesah," ucapnya.

6. Dimas Seto.

seleb kenang pergi ke tanah suci © instagram

foto: Instagram/@dimasseto_1

Begitupun dengan Dimas Seto yang bersyukur mendapatkan kesempatan beribadah ke Tanah Suci. Ia berharap agar pandemi Civid-19 segera berakhir dan para sahabat, kerabat, serta semua yang sakit lekas diberi kesembuhan.

"Ya Allah izinkan hamba untuk berkunjung ke rumahMu lagi Ya Allah. Kami rindu untuk bersujud disana, angkatlah wabah ini ya Allah, sehatkan lah saudara2 kami yg sedang sakit," doa Dimas Seto.

7. Armand Maulana.

seleb kenang pergi ke tanah suci © instagram

foto: Instagram/@armandmaulana04

Armand Maulana mengenang momen empat tahun lalu saat berada di Padang Arafah. Selfie bareng sang istri, Dewi Gita, penampilan Dewi Gita kala itu curi perhatian tanpa pulasan makeup.

"4 tahun yang lalu di Arafah..Ya Allah Ya Rabb rindu sangat Ya Allah..In Syaa Allah Engkau panggil kembali kami ke tanah suci Mu Ya Rabb," kenang Armand.

8. Kristina.

seleb kenang pergi ke tanah suci © instagram

foto: Instagram/@kristinadangdut

Pedangdut Kristina juga mengunggah beberapa foto kenangan dirinya saat berkunjung ke Tanah Suci. Menunaikan ibadah bersama keluarga besar, Kristina berharap agar bisa singgah kembali ke Makkah dan Madinah.

"Selamat Menjalankan Puasa Arafah Bagi Umat Muslim dimanapun berada. Rindu Sangat beribadah umroh/haji bersama lagi...insyaAllah kita semua diberangkatkan kembali beribadah ke tanah suci Mekah dan Madinah, aamiinn," tulis Kristina.

9. Ryana Dea.

seleb kenang pergi ke tanah suci © instagram



foto: Instagram/@ryana_dea

Hampir membatalkan ibadah ke Tanah Suci, Ryana Dea bersyukur pada saat itu ia dapat mencium Ka'bah. Meski menurutnya, ibadah yang dilakukan kurang maksimal akibat kondisi Ryana Dea yang tengah hamil.

"Masih inget banget. Seminggu sebelum berangkat umroh ini ketauan hamil. Ngerasain bgt ibadah yg ga bs maksimal pdahal udah disana," ujarnya.

10. Krisdayanti.

seleb kenang pergi ke tanah suci © instagram

foto: Instagram/@krisdayantilemos

Dengan mengunggah foto bersama Raul Lemos saat di Tanah Suci Makkah, Krisdayanti mengingatkan untuk semua orang agar merayakan Idul Adha dengan hati-hati, sesuai protokol kesehatan.

"Ketika pandemi COVID-19 berlanjut ke tahun kedua, sangat penting untuk mengamati liburan dengan hati-hati dan kewaspadaan. Tetaplah dirumah dan beribadah dengan protokol kesehatan," terangnya.

11. Shireen Sungkar.

seleb kenang pergi ke tanah suci © instagram

foto: Instagram/@shireensungkar

Aktris Shireen Sungkar juga mengungkapkan kerinduan beribadah haji dengan mengunggah foto berduanya bersama Teuku Wisnu saat di Tanah Suci. Tak banyak kata yang ia hanya menuliskan, "Rindu" untuk keterangan foto itu.