Brilio.net - Penyanyi legendaris Bollywood, Lata Mangeshkar meninggal dunia pada Minggu (6/2), dalam usia 92 tahun. Kabar meninggalnya sang ratu soundtrack film India ini mengejutkan penggemar Bollywood dari seluruh dunia. Pemerintah India pun menetapkan hari kematian Lata Mangeshkar sebagai hari berkabung nasional.

Dikutip dari Liputan6, Lata Mangeshkar mulai bernyanyi saat usia 5 tahun. Ayahnya seorang aktor panggung dan penyanyi klasik mengantarkan dirinya ke dunia hiburan India. Ia mulai berlatih musik bersama ayahnya dan tampil pertama kali saat berusia 9 tahun.

Kesuksesan pertama Lata lewat lagu 'Aayega Aanewala' dar film Mahal yang dirilis pada 1945. Sejak itu, karier bernyanyinya terus meroket

Puluhan tahun bernyanyi, ia mendapatkan gelar "Queen of Melody". Original soundtrack yang dinyanyikannya tidak pernah gagal. Dua lagu yang sangat dikenal di seluruh dunia di antaranya "Humko Humise Chura Lo" dan "Kabhi Khushi Kabhie Gham". Penampilannya selalu dinantikan saat konser.

Seperti apa aksi menyanyi Lata Mangeshkar? Berikut 7 aksi ikonik Lata Mangeshkar yang akan dirindukan penggemar, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (9/2).

1. Saat usia 13 tahun, Lata Mangeshkar memulai rekaman lagu pertamanya. Ini momen penyanyi kelahiran 28 September 1929 menyanyikan Raag Malkauns secara live pada 1950.

Mengenang Lata Mangeshkar © berbagai sumber

foto: Youtube/LM Music

2. Momen Lata Mangeshkar bernyanyi bersama menyanyikan 'Sagara Pran Talmalala', bersama Arun Date dan saudaranya, Hridyanath Mangeshkar.

Mengenang Lata Mangeshkar © berbagai sumber

foto: Instagram/@lata_mangeshkar; YouTube: Legends

3. Lata Mangeshkar menyanyikan lagu 'Kabhi Kushi Kabhi Gham' secara live di Hyderabad 2003. Suaranya disebut jauh lebih baik daripada versi studionya. 'Kabhi Kushi Kabhi Gham' merupakan soundtrack film dengan judul yang sama. Rilis pada 14 Desember 2001, film ini dimainkan oleh Shah Rukh Khan dan Kajol.

Mengenang Lata Mangeshkar © berbagai sumber

foto: YouTube/Bhargava Yalala

4. Performa Lata Mangeshkar pada konser "Lata an Era in an Evening", 9 Maret 1997, disebut salah satu yang ikonik. Di sini ia menyanyikan 'Mere Watan Ke Logo', lagu kepahlawanan India. Para penonton yang hadir di konser tersebut berdiri untuk menunjukkan rasa hormat.

Mengenang Lata Mangeshkar © berbagai sumber

foto: YouTube/guessi5555

5. Duet Lata Mangeshkar dan Udit Narayan di konser Hyderabad tahun 2002 ini menjadi salah satu duet legendarisnya. Mereka menyanyikan lagu 'Humko Humise Chura Lo', soundtrack film 'Mohabbatein' yang dirilis pada 2002.

Mengenang Lata Mangeshkar © berbagai sumber

foto: YouTube/Anandghan

6. Meski usianya tak lagi muda, Lata Mangeshkar masih tetap bernyanyi. Pada 25 September 2014 lalu, penyanyi yang dianugerahi Bharat Ratna ini merilis single 'Shurodhwani'.

Mengenang Lata Mangeshkar © berbagai sumber

foto: Youtube/LM Music

7. Lata Mangeshkar membuka akun Instagram pada 30 September 2019. Ini potret foto pertamanya di Instagram. Perempuan yang dijuluki Nightingale of India ini sedang memegang 'Hindi Didi Aur Main', buku biografi mengenai dirinya.

Mengenang Lata Mangeshkar © berbagai sumber

foto: Instagram/@lata_mangeshkar

(brl/pep)

(brl/pep)