Brilio.net - Industri film Bollywood menjadi salah satu yang paling sukses di dunia, dan memiliki penggemar hingga ke mancanegara, termasuk Indonesia. Hal tersebut tidak lepas dari pesona dan bakat para artisnya yang memikat hati penggemar. Jika kini ada nama-nama besar seperti Ranbir Kapoor dan Ranveer Singh yang menjadi idola masa kini, maka berbeda dengan era 80-an.

Pada era 80-an, industri Bollywood telah melahirkan aktor-aktor yang jadi idola kaum hawa pada masanya. Meski kini sudah nggak muda lagi, beberapa dari mereka masih aktif di industri perfilman Bollywood. Mereka juga telah beradu akting dengan banyak aktor top India lintas generasi.

Nggak cuma kariernya yang jadi perhatian, perubahan para aktor 80-an pun tak luput jadi sorotan. Banyak penggemar yang menilai bahwa mereka masih memancarkan aura yang tak kalah dengan aktor muda.

Nah, kali ini brilio.net merangkum potret dulu dan kini para aktor Bollywood era 80-an dari berbagai sumber, Sabtu (22/1).

1. Amitabh Bachchan.

potret dulu dan kini aktor Bollywood 80-an © berbagai sumber

foto: Instagram/@amitabhbachchan

Siapa yang nggak kenal dengan aktor legendaris satu ini? Hampir setiap film Bollywood yang ia bintangi selalu hits, seperti contohnya Mohabbatein (2000) dan Kabhi Khushi Kabhi Gham (2001).

Memulai karier sejak 1969 di film Saat Hindustani dan Bhuvan Shome, Amitabh Bachchan nggak hanya terkenal di era 80-an, tapi hingga kini. Bahkan pada 2022 ini, suami dari Jaya Bachchan ini akan bermain di film terbarunya berjudul Runway 34 dan Brahmastra.

2. Mithun Chakraborty.

potret dulu dan kini aktor Bollywood 80-an © berbagai sumber

foto: theindianexpress.com; Instagram/@mithunchakrabortyofficial

Mithun Chakraborty adalah seorang aktor yang juga mantan Anggota Parlemen Rajya Sabha. Ia memulai debut aktingnya di film drama Mrigayaa (1976), yang membuatnya memenangkan penghargaan Film Nasional untuk Aktor Terbaik pertamanya. Baru-baru ini sang aktor akan kembali bermain di film The Kashmir Files, yang rencananya akan dirilis pada 26 Januari 2022.

3. Sanjay Dutt.

potret dulu dan kini aktor Bollywood 80-an © berbagai sumber

foto: Instagram/@duttsanjay

Aktor Sanjay Dutt memulai debutnya pada 1981 dalam film Rocky, di mana ia berperan sebagai Rakesh. Hingga kini pun ia masih eksis main film. Diberitakan jika sang aktor kelahiran 29 Juli 1959 ini akan bermain di film K.G.F: Chapter 2, yang rencananya akan dirilis pada 14 April 2022.

4. Anupam Kher.

potret dulu dan kini aktor Bollywood 80-an © berbagai sumber

foto: indiatoday.in; Instagram/@anupampkher

Anupham Kher telah tampil di sekitar 400 judul film. Aktor kelahiran 7 Maret 1955 ini memulai debutnya sejak tahun 1982 dalam film Aagman. Di usianya yang sudah genap 66 tahun, ia masih aktif main film. Film terakhir yang ia bintangi, yakni Sooryavanshi (2021) bersama Salman Khan.

5. Jackie Shroff.

potret dulu dan kini aktor Bollywood 80-an © berbagai sumber

foto: Instagram/@apnabhidu

Jai Kishan Kakubhai atau Jackie Shroff sudah berkecimpung di industri perfilman India selama empat dekade. Shroff mengawali debut aktingnya dalam film Swami Dada pada tahun 1982.

Terhitung dalam sepanjang kariernya, ia telah muncul di lebih dari 200 film dalam 13 bahasa. Film terakhir yang ia bintangi berjudul Annaatthe yang tayang tahun 2021.

6. Anil Kapoor.

potret dulu dan kini aktor Bollywood 80-an © berbagai sumber

foto: filmibeat.com; Instagram/@anilskapoor

Anil Kapoor memulai debutnya di film Hamare Tumhare pada tahun 1978. Memiliki kemampuan akting yang mumpuni, aktor kelahiran 24 Desember 1956 ini kemudian bermain sebagai pemeran utama dalam film India berjudul Vruksham pada tahun 1980. Film yang terakhir ia bintangi yaitu AK vs AK tahun 2020.

7. Sunny Deol.

potret dulu dan kini aktor Bollywood 80-an © berbagai sumber

foto: Instagram/@iamsunnydeol

Ajay Singh Deol atau lebih dikenal dengan nama panggung Sunny Deol memulai kariernya di film Betaab tahun 1983. Peran Sunny di film tersebut membuatnya dinominasikan untuk Penghargaan Aktor Terbaik Filmfare.

Sepanjang kariernya, ia memenangkan 2 penghargaan Filmfare, serta 2 penghargaan Film Nasional. Film terakhir yang ia mainkan berjudul Pal Pal Dil Ke Paas (2019).