Brilio.net - Memiliki taman yang asri di rumah sendiri adalah idaman banyak pemilik rumah. Selain dapat mendatangkan suasana sejuk dan hijau, taman di rumah juga dapat memberi nilai estetik bagi siapa saja yang memandangnya.

Mengoleksi dan memelihara tanaman merupakan hobi yang cukup umum. Kegiatannya cukup menghibur dan mampu mengusir rasa penat yang mengganggu kepala.

Hobi ini tidak hanya dinikmati masyarakat biasa. Aktivitasnya kini menjamur sampai ke kalangan selebritas. Seringkali mereka membagikan kesehariannya berkebun dan merawat tanaman di rumah.

Meski memiliki lahan yang sempit, para seleb ini tetap bisa membuat taman yang asri. Hanya saja memang diperlukan sedikit kreativitas dan kemauan untuk menatanya.

Nah, dari unggahan yang mereka bagikan, kamu bisa mengambil beberapa tips termasuk cara menata tanaman di rumah. Tak hanya rapi, tetapi juga berestetika.

Penasaran seperti apa cara para seleb ini dalam menata tanaman? Simak ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (12/10).

1. Ayu Ting Ting.

cara seleb menata tanaman dari berbagai sumber

foto: Instagram/@ayutingting92

Penyanyi dangdut sukses ini memilih untuk menggunakan beberapa alat untuk membantunya merapikan koleksi tanaman di halaman rumahnya. Pertama, ia menggunakan pagar kawat yang ia pasang dekat tanaman merambat, tangkai tanaman tidak merambat ke mana-mana.

Kedua, Ayu menggunakan rak tanaman besi 1 susun berwarna hitam sebagai media pajang tanaman hias. Terakhir, tidak lupa beberapa kayu penyangga yang juga ia pakai sebagai tempat tumbuh tangkai tanaman merambat. Alat-alat ini bisa kamu coba pakai di rumah, terutama jika kamu akan memelihara beragam jenis tanaman.

2. Artika Sari Devi.

cara seleb menata tanaman dari berbagai sumber

foto: Instagram/@artikasaridevi

Metode yang terkenal untuk berkebun di lahan sempit adalah metode vertikultur. Vertikultur adalah cara menanam secara vertikal atau ke atas. Sehingga, kamu harus membuat rak-rak bertingkat keatas menyerupai sebuah menara atau tangga.

Artika menyusun koleksi tanamannya menggunakan rak tangga. Ukuran dan jenis tanamannya ia bagi-bagi per anak rak. Pada bagian atas, terdapat pot-pot besar dengan tanaman berbatang tinggi. Lalu, semakin ke bawah, potnya semakin kecil dan tinggi tanamannya semakin pendek.

Ini merupakan trik yang pintar karena bisa membuat tumpukan pot terlihat lebih rapi. Tanaman berbatang pendek pun tidak akan tertutup keindahannya oleh pot yang lebih besar dan tinggi.

3. Atiqah Hasiholan

cara seleb menata tanaman dari berbagai sumber

foto: Instagram/@atiqahahasiholan

Atiqah Hasiholan mulai mengoleksi tanaman semenjak pandemi dimulai. Aktris sekaligus presenter itu membuat sudut khusus di belakang rumahnya untuk tanaman yang ia rawat. Tanamannya ditanam menggunakan pipa paralon yang dirancang khusus.

Cara ini disebut dengan metode hidroponik. Hidroponik adalah cara budidaya tanaman menggunakan media air, bukan menggunakan tanah seperti menanam cara konvensional. Nutrisi yang diperlukan tanaman akan dilarutkan bersama media tanam air.

Tepat dipilih bagi kamu yang ingin bercocok tanam di lahan sempit. Pasalnya, tumbuhan dan tanaman yang kamu pilih bisa langsung ditanam pada pipa tanpa menggunakan pot besar.

4. Giring Nidji

cara seleb menata tanaman dari berbagai sumber

foto: Instagram/@giring

Memiliki tanaman hias tidak harus punya lahan yang luas. Coba saja tiru inspirasi kebun kecil yang dimiliki vokalis Nidji, Giring. Ia menanam tanaman di halaman belakangnya menggunakan metode cup farmig.

Metode ini menggunakan cangkir atau mangkuk plastik kecil dan tanah gembur sebagai media tanam. Tumbuhan yang dipilih bisa beragam, mulai dari tanaman hias sampai sayur-sayuran. Cup farming bisa ditanam pada pipa seperti Atiqah atau disusun menggunakan kotak seperti Giring Nidji.

5. Ayudia Bing Slamet

cara seleb menata tanaman dari berbagai sumber

foto: Instagram/@dittopercussion

Inspirasi cara menata tanaman juga bisa kamu ambil dari Ayudia Bing Slamet dan Ditto Pradana. Mereka menata koleksi tanaman di satu sudut saja.

Tanamannya disimpan pada rak satu susun sehingga terlihat tebal dan rindang, membuat halaman rumah tampil lebih asri. Beberapa tanaman tidak menggunakan pot. Ini merupakan keputusan yang bijak jika kamu tidak mau rak tanaman terlihat berjarak atau memakan terlalu banyak tempat.

6. Meira Anastasia

cara seleb menata tanaman dari berbagai sumber

foto: Instagram/@meiranastasia

Tak punya lahan luas untuk berkebun, Meira pun memanfaatkan balkon di tempat tinggalnya. Bahkan, saat ini rumahnya sudah dipenuhi dengan berbagai macam tanaman hias. Ia menyusun semua tanamannya tersebut dalam pot.

7. Soimah

cara seleb menata tanaman dari berbagai sumber

foto: Youtube/deHakims

Untuk menghemat lahan, kamu bisa menanam menggunakan pot gantung yang ditempatkan pada langit-langit teras maupun halaman rumah seperti yang dilakukan oleh Soimah. Penempatan tanaman hias ini semakin mempercantik rumah, apalagi dipadukan dengan pot-pot mungil berwarna putih yang mampu membuat rumah Soimah terlihat semakin bersih dan rapi.

Upayakan agar tanaman tetap mendapat sinar matahari yang cukup. Selain itu letakkan pada ketinggian yang terjangkau agar tidak kesulitan ketika hendak menyiramnya.

*

INFOGRAFIS CARA SELEB MERAWAT TANAMAN DI PEKARANGAN SEMPIT © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS CARA SELEB MERAWAT TANAMAN DI PEKARANGAN SEMPIT
© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan