Brilio.net - Di masa pandemi seperti ini menjaga kesehatan menjadi hal yang paling utama. Tidak hanya agar terhindar dari virus Covid-19, akan tetapi juga terserang dari penyakit-penyakit lainnya.

Tidak hanya kesehatan jasmani saja, akan tetapi kesehatan mental juga harus diperhatikan. Apabila terlalu banyak beban pikiran, maka bisa saja kesehatan jasmani dan mental seseorang dapat terserang.

Seperti baru-baru ini yang dialami oleh artis Kesha Ratuliu. Artis cantik tersebut diketahui kini tengah mengandung anak pertamanya. Namun, karena hamil di masa pandemi membuat Kesha jadi mudah panik. Keponakan Mona Ratuliu itu panik karena sering mendengar kabar ibu hamil meninggal dunia. Terlebih ibu tirinya meninggal saat melahirkan usai dinyatakan Covid-19.

Dilansir brilio.net dari akun Instagram @kesharatuliu05, Selasa (24/8) ternyata kepanikan Kesha itu berimbas pada kesehatan mentalnya yang membuatnya terserang GERD. Penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease), merupakan penyakit asam lambung yang disebabkan melemahnya katup atau sfingter yang terletak di kerongkongan bagian bawah.

Biasanya, gejala yang dialami penderitanya adalah mual, sakit tenggorokan, sesak nafas, dan lain sebagainya. Jadi, agar bisa ditangani dengan baik oleh dokter dan psikolog, dia bahkan sampai dirawat di rumah sakit.

"Hello akhirnya aku dirawat, karena GERDku gak karuan udah lebih dari semingguan. Sebenernya gak ada apa-apa, cuma karena aku panik berlebih aku minta dirawat aja, karena secara psikologis kalau dirawat kan akan lebih cepet sehat dan kalau ada apa-apa cepet disini ditanganinya," tulis Kesha lewat Instagram Story.

Kisah Kesha Ratuliu dirawat di rumah sakit karena gerd © Instagram/@kesharatutiu05

foto: Instagram/@kesharatuliu05

Dalam unggahannya tersebut Kesha menceritakan kisah dirinya terserang GERD. Ia menceritakan karena banyak pikiran sehingga terkena GERD. Selain karena banyaknya pikiran membuat Kesha Ratuliu sering begadang yang memperparah kondisinya.

"Lambung kan juga salah satunya karena pikiran, ini tuh muncul pas aku tau banyak ibu hamil yang meninggal karena Covid," imbuhnya.

"Makanya aku paniknya berlebihan, banyak takut sampai insom dll makanya gerdnya makin gak nyaman," kata Kesha.

Kesha dirawat di rumah sakit dan kamarnya dekat dengan ruang persalinan. Ia senang sering mendengar tangisan bayi yang baru saja lahir ke dunia.

"Tapi disini aku dirawat di kamar yang deket sama ibu-ibu yang baru bersalin, jadi denger suara baby yang lagi nangis, bikin aku lebih tenang dan nyaman dengernya," lanjut Kesha.

"Aku juga lagi pengen ngobrol sama ahlinya atau psikolog supaya lebih tenang ngejalanin kehamilan di tengah pandemi gini. Minta bantuan doanya ya temen-temen supaya aku sehat segalanya..sampai melahirkan dan membesarkan anakku. Gak sabar ketemu baby Q hehe," papar istri Adhi Permana itu.

Kisah Kesha Ratuliu dirawat di rumah sakit karena gerd © Instagram/@kesharatutiu05

foto: Instagram/@kesharatuliu05

Tidak lupa Kesha Ratuliu membagikan kondisi janinnya saat ini. Ia menyebut calon anaknya itu dalam keadaan sehat dan sering nendang.

"Kalo babynya sehat banget, jantungnya sehat. Nendang terus juga, kasih sinyal ke micanya kalo dia sehat. Alhamdulillah pinternya...gak sabar ketemuu," ucapnya.