Brilio.net - Kelahiran sang buah hati tentu menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu orang tua. Setelah melewati masa kehamilan 9 bulan, akhirnya seorang wanita dapat bertemu dengan sang anak yang selama ini ada dalam kandungannya.

Setiap orang tua tentu mengharapkan anaknya lahir dengan sehat dan tanpa kekurangan apapun. Namun sayangnya, seringkali bayi baru lahir mengalami masalah kesehatan, misalnya bilirubin tidak normal yang membuat kulit bayi berwarna kuning.

Dilansir brilio.net dari Liputan6.com, penyakit kuning atau juga dikenal juga dengan jaundis disebabkan oleh adanya perubahan pada warna kulit, sclera (bagian putih pada mata), dan kelenjar ludah yang dipicu peningkatan bilirubin pada tubuh.

Hal ini tentu membuat orang tua cemas karena sang buah hati harus mendapatkan perawatan untuk menormalkan bilirubin.

Seperti halnya yang dialami sejumlah selebriti yang harus bolak balik ke rumah sakit untuk perawatan bayinya.

Loading...

Bagaimana kisahnya? Berikut ulasan brilio.net dilansir dari berbagai sumber pada Selasa (8/9).

1. Ussy Sulistiawaty.

Anak bilirubin © 2020 brilio.net

foto: YouTube/@Ussy Andhika Official

Pasangan selebriti Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama baru saja dikaruniai anak kelima pada Selasa (1/9). Bayi itu dinamai Sakalingga Ibra Pratama atau disapa baby Saka.

Setelah Saka lahir, tentu Ussy kembali menjalankan perannya sebagai ibu untuk menyusui anaknya yang baru lahir.

Sayangnya Ussy menemui beberapa kendala saat merawat baby Saka. Baby Saka mengalami bilirubin yang tinggi, sehingga sang anak lebih banyak tertidur dan harus menjalani beberapa perawatan khusus.

Karena banyak tertidur, Saka menjadi sedikit menyusu pada Ussy. Sehingga, ASI Ussy pun menjadi tidak lancar dan mengalami pembengkakan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Ussy rela meminum ramuan-ramuan herbal jus pare, jus daun katuk, dan meminum ramuan China.

2. Citra Kirana.

Anak bilirubin © 2020 brilio.net

foto: YouTube/@Ciky Citra Rezky

Citra Kirana baru saja melahirkan anak pertama, Keene Atharrazka Adithya, pada Jumat (28/8) lalu. Belum dua minggu setelah dilahirkan, baby Athar harus mendapat perawatan di rumah sakit karena bilirubin tinggi.

Dilansir dari YouTube Ciky Citra Rezky, Ciki dan Rezky menceritakan, mulanya bilirubin Athar terlihat normal saat usia 3 hari. Namun setelah beberapa hari pulang ke rumah, bilirubin Athar mengalami kenaikan. Hingga akhirnya, mereka memutuskan mengikuti saran dokter agar baby Athar diopname.

Di rumah sakit, Athar mendapatkan perawatan khusus dari tim medis. Athar dimasukan ke dalam inkubator.

Di hari pertama, Athar merasa gelisah dan terus menangis di inkubator. Ciki kemudian memilih untuk semalaman menggendong putranya.

Setelah tiga hari di inkubator, Athar pun akhirnya diperbolehkan pulang ke rumah. Ciki dan Rezky pun kembali tenang.

3. Mona Ratuliu.

Anak bilirubin © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@monaratuliu

Mona Ratuliu melahirkan anak keempat pada 21 Mei 2020. Bayi perempuan yang diberi nama Numa itu mengalami bilirubin tinggi, sehingga kulitnya menguning.

"Musti bolak balik ke RS krn numa bilirubinnya agak tinggi, makanya keliatan kuning tuh. Kadar hormon trigliserin dlm darahnya jg tinggi. Deg2an tiap bawa numa ke RS, Krn numa nggak bisa pake masker, jadi dibeliin face shield buat baby deh. Untung sekarang face shield buat baby, buat anak, dengan berbagai bentuk udh bertebaran di marketplace, jadi gampang carinya," tulis Mona dalam Instagram.

4. Kartika Putri.

Anak bilirubin © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@kartikaputriworld

Pada 18 Oktober 2019 pasangan Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya mendapat kebahagiaan dikaruniai anak perempuan. Namun, bayi yang diberi nama Khalisa Aghnia Bahira itu mengalami masalah bilirubin, sehingga harus dirawat intensif.

5. Tasya Kamila.

Anak bilirubin © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@tasyakamila

Arrasya, anak pertama Tasya yang lahir pada 13 Mei 2019, pernah mengalami kenaikan bilirubin. Alhasil, Arrasya harus menjalani perawatan tiga hari di rumah sakit. Tasya juga mengalami pembengkakan pada payudaranya, sehingga sulit memberi ASI untuk Arrasya.

6. Tantri Kotak.

Anak bilirubin © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@tantrisyalindri

Lewat unggahan di Instagram Storiesnya, pemilik nama lengkap Tantri Syalindri Ichlasari ini juga pernah membagikan seputar pengalamannya kala sang bayi mengalami bilirubin tinggi. Istri Arda Naff ini kemudian melakukan terapi sinar lampu untuk bayinya di rumah, sesuai saran dokter.

Seminggu kemudian, bilirubin Arka turun menjadi 11 dari sebelumnya 14.

7. Ryana Dea.

Anak bilirubin © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@ryana_dea

Aktris cantik Ryana Dea melahirkan anak kedua dari pernikahannya dengan Puadin Redi pada Rabu (10/7/2019) di RS Pondok Indah, Bintaro, Tangerang. Anak keduanya tersebut diberi nama Qiandra Rynayra Redi.

Empat hari setelah lahir, anak keduanya tersebut mengalami kenaikan bilirubin sehingga harus disinar di ruangan lain untuk menurunkan kadar bilirubin sang anak. Ryana pun merasakan pengalaman pertama payudaranya membengkak karena tak bisa menyusui bayinya yang sedang disinar.