Brilio.net - Penipuan memang sebuah musibah yang tak bisa diperkirakan. Korbannya pun tak pandang bulu untuk menimpa siapa saja, termasuk para selebriti. Seperti halnya dialami oleh para selebriti Korea ini.

Seperti yang baru-baru ini menimpa kepada Taeyeon SNSD. Memiliki kekayaan fantastis ia bahkan terkena tipu hingga Rp 13 miliar dari agen real estate. Namun, ternyata bukan hanya Taeyeon selebriti Korea yang pernah mengalami hal ini. Banyak deretan artis Korea yang menagalami pengalaman pahit terkena penipuan.

Lalu siapa saja artis Korea yang pernah mengalami penipuan? Dan bagaimana kisahnya? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (1/11), berikut kisah 9 seleb Korea kena penipuan.

1. Lisa BLACKPINK

seleb Korea kena penipuan Berbagai sumber

foto: Instagram/@lalalalisa_m

Lisa BLACKPINK baru saja terkena penipuan hingga Rp11,8 miliar dari mantan manajernya. Sang mantan manajer telah memanfaatkan koneksinya untuk mendapatkan uang dari Lisa dengan janji akan mencarikan real estate untuk sang idol.

Namun, uang sebesar KRW1 miliar atau sekitar Rp 11,8 miliar tersebut malah dihabiskan sang mantan manajer untuk berjudi. Status Lisa sebagai warga negara asing dan juga usianya yang masih muda membuat gadis asal Thailand ini dianggap rentan mengalami penipuan.

2. Shin So-yul

seleb Korea kena penipuan Berbagai sumber

foto: Instagram/@shinsoyeolsoo

Aktris yang dikenal lewat perannya di drama Reply 1997 (2012) mengungkapkan kisah pilunya di acara Full House. Ia menceritakan bahwa ia pernah ditipu oleh dua agensi saat usianya 20-an. "Aku suka bertemu dengan orang-orang baru ketika baru debut di usia 20. Namun, dua agensi menipuku sampai aku tidak bisa bekerja di usiaku yang masih muda itu," ucapnya sambil menangis.

3. Sojin Girl's Day

seleb Korea kena penipuan Berbagai sumber

foto: Instagram/@ssozi_sojin

Sojin merupakan aktris sekaligus leader Girl's Day ternyata punya pengalaman serupa. Ia mengungkapkannya dalam acara Happy Together 3.

Kala itu Sojin ingin cepat-cepat debut hingga rela menyerahkan uang sebesar KRW 2 juta atau sekitar Rp 23,6 juta di awal karier. Namun, baru beberapa bulan berlatih, manajer utama agensi tersebut kabur membawa uang para trainee dan membuatnya merasa putus asa.

4. Seungri eks BIGBANG

seleb Korea kena penipuan Berbagai sumber

foto: Twitter/@bgbgri

Seungri eks BIGBANG pernah menuntut seorang penyanyi karena kasus penipuan investasi hingga Rp 23 miliar. Hal itu terjadi pada tahun 2015, Seungri menuntut penyanyi Shin Eun-sung karena tuduhan penipuan. Seungri pernah diajak menginvestasikan uangnya pada bisnis real estate Shin Eun Sung sebesar KRW2 miliar atau sekitar Rp 23,6 miliar pada Juni 2014.

Di tahun 2014, Eun-sung kembali meminta dana sebesar KRW 50 juta atau sekitar Rp 866 juta. Namun Seungri melihat bisnisnya tak ada perkembangannya, hingga di tahun 2015 Seungri memutuskan untuk menuntut rekan bisnisnya pada Desember 2015.

5. IU

seleb Korea kena penipuan Berbagai sumber

foto: Instagram/@dlwlrma

Diva Korea Selatan yaitu IU juga pernah ditipu saat awal kariernya. Iu mengalami penipuan oleh agensinya sendiri, ia mengungkapkan saat dalam acara Happy Together 3.

"Setelah beberapa kali gagal audisi, aku mendatangi sebuah agensi musik. Mereka berjanji kalau aku memberi uang, mereka akan melatihku dan menayangkanku di televisi," kisahnya.

Namun, nasib buruk menimpa IU. Pasalnya, agensi tersebut langsung menghilang keesokan harinya dengan membawa lari uang IU.

Penyanyi satu ini juga pernah mengalami penipuan oleh orang yang mengaku kesulitan ekonomi di sosial media. Dalam acara KBS2 The Joy of Conversation ia menceritakan pengalaman pahit ini.

“Banyak orang yang mengalami kesulitan memintaku membantu membayar tagihan rumah sakit, uang kuliah, atau hutang mereka. Aku pernah mengirim uang kepada seseorang yang tampak putus asa. Kupikir ia akan menghargainya, tapi nyatanya dia malah menuntutku untuk mengirimkan lebih banyak lagi," tuturnya.

6. Jung Joon-ho

seleb Korea kena penipuan Berbagai sumber

foto: soompi.com

Jung Joon Ho pernah menjadi korban pencurian oleh manajernya dan tidak hanya terjadi sekali. Pada tahun 2012 dan 2013, saat Jung Joon Ho syuting untuk Return of the Mafia dan Your Neighbor's Wife, dia meninggalkan kartu banknya dengan manajernya selama syuting berlangsung sehingga manajernya dapat menjalankan tugas untuknya.

Tetapi sang manajer yang diketahui bernama Hwang, menyalahgunakan kesempatan ini. Antara bulan Agustus 2012 dan 2013, Hwang mencuri uang dari rekening bank Jung Joon Ho tidak hanya sekali, tetapi 29 kali. Pada saat dia tertangkap, transaksi tercatat mencapai KRW 80 juta. Jung Joon-ho dilaporkan langsung memecat manajernya begitu kebenaran diketahui.

7. Song Hye-kyo

seleb Korea kena penipuan Berbagai sumber

foto: Instagram/@kyo1122

Saat nama Song Hye-kyo baru mulai dikenal berkat drama Autumn in My Heart, dia malah mengalami kerugian besar karena menjadi korban penipuan di 2005.

Penipuan ini bermula saat ibunya menerima email yang berisi pemerasan uang sebesar 250 juta won. Jika tidak dibayar, tubuh Hye-kyo akan disiram dengan tong asam karbohidrat. Setelah diselidiki, pemerasan tersebut ternyata dilakukan mantan manajer Song Hye-kyo, yang telah dipercayainya.

8. V BTS

seleb Korea kena penipuan Berbagai sumber

foto: Twitter/@kpopcafe

Kim Taehyung alias V BTS mengaku dirinya dan sang ayah pernah ditipu saat akan menjadi trainee. Kisah tersebut diceritakan V saat BTS menggelar 5th Muster Magic Shop di Seoul pada tahun 2019.

Penipuan yang dialami V BTS terjadi saat ia lolos audisi Big Hit Entertainment dan resmi menjadi seorang trainee. Ia pun memutuskan segera pergi ke Seoul untuk menandatangani kontrak sebagai trainee Big Hit.

Berasal dari Daegu, V dan sang ayah pergi menuju Seoul menggunakan bus. Tiba di Terminal Bus Ekspres di Seoul, pria kelahiran 1995 ini mengendarai taksi menuju Big Hit Entertainment yang terletak di Gangnam.

Saat itu merupakan kali pertama V BTS mengendarai taksi di Seoul. Jarak antara terminal bus dengan kantor Big Hit Entertainment sendiri tak terlalu jauh, namun V BTS harus membayar mahal sebesar Rp 400 ribu.

9. Taeyeon SNSD

seleb Korea kena penipuan Berbagai sumber

foto: Instagram/@taeyeon_ss

Yang paling baru adalah leader dari grup SNSD, Taeyeon. Taeyeon dikenal sebagai penyanyi asal Korea yang kaya raya. Member SNSD sekaligus solois ini punya banyak aset properti. Tapi baru saja Taeyeon disebut jadi korban penipuan real estate senilai 1,1 miliar won atau setara dengan Rp 13 miliar.

Dilaporkan Taeyeon membeli tanah di kawasan Hanam. Tapi ternyata tanah tersebut tak bisa dibangun dan hanya digunakan untuk fasilitas militer dikarenakan berada di kawasan pegunungan konservasi di bawah Undang-Undang Konservasi Hutan.

Kabarnya tanah itu dibeli oleh ayah Taeyeon menggunakan namanya. Sang ayah tertarik karena iklan dari real estate itu sangat meyakinkan bahkan menggaet komedian ternama.

*

INFOGRAFIS SELEB KOREA KENA KASUS PENIPUAN © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS SELEB KOREA KENA KASUS PENIPUAN-© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan

(brl/lea)