Brilio.net - Nama besar yang dimiliki para selebriti tentu nggak lahir dengan cara instan. Selain karena memiliki bakat, kerja keras juga dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan. Kini menyandang nama besar sebagai musisi, deretan penyanyi ini tahu betul rasanya berjuang dari bawah.

Untuk bisa berada pada titik ini, perjuangan yang dilalui para penyanyi ini nggak gampang lho. Nggak langsung muncul di layar kaca, deretan penyanyi ini dulunya menunjukkan bakatnya di jalanan. Ya, para penyanyi Tanah Air yang kini populer ini mengawali kariernya sebagai pengamen.

Meski harus berjibaku di jalanan, namun hal tersebut lah yang kini mengantarkan para penyanyi ini hingga puncak karier. Meski kini sudah terkenal, mereka tak segan membagikan kisah masa lalunya sebagai bumbu yang mewarnai perjalanan kariernya mereka sebagai musisi.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (6/5), simak kisah tujuh penyanyi yang awali kariernya sebagai pengamen.

1. Charlie Van Houten.

Loading...

Penyanyi awali karier sebagai pengamen  Instagram

foto: Instagram/@setiaband_id

Sebelum dikenal sebagai vokalis ST12, Charlie Van Houten memulai kariernya sebagai penyanyi jalanan. Sebelum hijrah ke Jakarta, Charlie pernah merasakan mengamen keliling Bandung. Tak sendirian, Charlie juga kerap ditemani sang istri. Nasibnya pun kini berubah seiring kesuksesan ST12. Meski sudah berubah nama menjadi Setia Band, namun karier Charlie di dunia musik tetap eksis.

2. Rian D'Masiv.

Penyanyi awali karier sebagai pengamen  Instagram

foto: Instagram/@rianekkypradipta

Tak jauh berbeda dari Charlie, Rian vokalis D'Masiv juga pernah merasakan berkarier sebagai pengamen. Tak sendirian, Rian dan personel D'Masiv lainnya rela mengamen dari satu bus ke bus yang lain demi mendapat dana untuk biaya latihan mereka. Berkat kerja keras mereka tersebut, kini nama D'Masiv menjadi salah satu band besar di Tanah Air yang masih eksis hingga kini.

3. Iwan Fals.

Penyanyi awali karier sebagai pengamen  Instagram

foto: Instagram/@iwanfals

Puluhan tahun berkecimpung di dunia musik, perjalanan karier yang dilalui Iwan Fals bisa dikatakan penuh lika-liku. Kini dikenal sebagai musisi legendaris dengan nama besarnya, Iwan Fals dulu memulai kariernya sebagai pengamen. Saat itu, nama Iwan Fals sudah menjadi salah satu pengamen ternama di jalanan Bandung karena suara unik dan musik-musiknya.

4. Aris Idol.

Penyanyi awali karier sebagai pengamen  Instagram

foto: Instagram/@aris_officiall

Nama Aris Idol mulai dikenal publik setelah mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2008. Lewat ajang tersebut, Aris juga berhasil menyabet gelar juara pertama mengalahkan Gisella Anastasia di final. Sebelum sukses lewat Indonesian Idol, Aris juga pernah merasakan kerasnya hidup sebagai pengamen. Namun sayang, kariernya setelah dari Indonesian Idol justru diwarnai berbagai kontroversi.

Terbaru, Aris harus menjalani hukuman di penjara karena kasus narkoba. Kini, ia sudah dibebaskan dan siap menata kembali kariernya.

5. Tegar Septian.

Penyanyi awali karier sebagai pengamen  Instagram

foto: Instagram/@tegar_official

Kemunculan Tegar sebagai penyanyi cilik di tahun 2013 tentu masih segar di ingatan publik. Muncul dengan lagu Aku Yang Dulu Bukanlah Yang Sekarang, karier Tegar langsung moncer hingga sekarang. Sebelum dikenal luas seperti sekarang, cowok berusia 18 tahun ini juga mengawali kariernya sebagai pengamen cilik.

6. Via Vallen.

Penyanyi awali karier sebagai pengamen  Instagram

foto: Instagram/@viavallen

Kini dikenal sebagai salah satu penyanyi dangdut yang sukses, Via Vallen juga memulai kariernya sebagai pengamen. Sebelum menjadi penyanyi dangdut yang mengisi acara di kampung-kampung, pelantun lagu Selingkuh ini mengaku pernah merasakan mengamen di lampu merah lho. Siapa sangka kini kariernya sebagai penyanyi dangdut kian bersinar.

7. Didi Kempot.

Penyanyi awali karier sebagai pengamen  Instagram

foto: Instagram/@didikempot_official

Dikenal sebagai musisi campursari ternama hingga dijuluki The Godfather of Broken Heart, perjalanan karier yang dilalui Didi Kempot tidaklah mudah. Pelantun Pamer Bojo ini mengawali kariernya dari bawah sebagai seorang pengamen. Perjuangan tersebut bahkan sudah dirasakan Didi Kempot sejak kelas 3 SMP. Perjuangan tersebut pun akhirnya tak sia-sia, namanya sebagai penyanyi campursari kini dikenal di seluruh Indonesia dan berbagai usia.

Di tengah kariernya yang kembali meroket, Didi Kempot justru harus berpisah dengan para penggemarnya untuk selama-lamanya. Didi Kempot meninggal dunia pada Selasa (5/5) karena serangan jantung. Kini, karya-karyanya yang akan terus dikenang.